Warga Negara Asing Mencuri, 16 WNA Dideportasi Petugas Imigrasi Termasuk Iran

Petugas Imigrasi Kelas I TPI Padang mendeportasi 16 warga negara asing ke negaranya, termasuk tiga WNA asal Iran lantaran melakukan pencurian ringan. Selain itu deportasi yang petugas Imigrasi Kelas I TPI Padang lakukan, karena berbagai perkara yang warga negara asing lakukan Sumatera Barat.

Imigrasi Kelas I TPI Padang Sumbar deportasi 16 warga negara asing (WNA). [Foto: Ilustrasi]

Teraskabar.com - Petugas Imigrasi Kelas I TPI Padang mendeportasi 16 warga negara asing ke negaranya, termasuk tiga WNA asal Iran lantaran melakukan pencurian ringan.

Selain itu deportasi yang petugas Imigrasi Kelas I TPI Padang lakukan, karena berbagai perkara yang warga negara asing lakukan Sumatera Barat.

Beberapa di antaranya karena overstay atau melebihi batas izin tinggal, sehingga melanggar ketentuan dari pemerintah Indonesia. Terutama izin tinggal keimigrasian, yang termaktub dalam Undang-undang Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Kemudian Peraturan Pemerintah RI Nomor 48 tahun 2021, tentang perubahan ketiga atas PP Nomor 31 tahun 2013 tentang peraturan pelaksanaan UU Nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian.

Pelaksana tugas Kepala Imigrasi Padang Ezardy Samsoe menyampaikan, bahwa WNA yang melakukan pelanggaran berdasarkan catatan sepanjang 2022, yakni warga asing dari Malaysia sebanyak 11 orang.

Baca Juga: Ultimatum! Bupati Agam Larang Pesta Kembang Api dan Konvoi Pergantian Tahun di Daerahnya

Selanjutnya satu WNA asal Singapura, satu dari Bangladesh dan tiga warga asing Iran, yang mereka deportasi (Deportation-red).

"Total jumlah ada 16 WNA, mereka kami deportasi karena melanggar dan atau menganggu ketertiban masyarakat," kata Ezardy Samsoe.

Imigrasi Kelas I TPI Padang sebelumnya di tahun 2021 telah mendeportasi 4 WNA asal Malaysia dan satu warga Amerika Serikat.

Ezardy Samsoe melanjutkan lagi, bahwa petugas Imigrasi Kelas I TPI Padang selalu bekerja dan melakukan pengawasan terhadap WNA di wilayah kerja Imigrasi TPI Padang.

Adapun wilayah kerja Imigrasi Kelas I TPI Padang meliputi Kota Padang, Padang Pariaman, Solok, Sawahlunto, Pariaman.

Selanjutnya Pesisir Selatan, Kepulauan Mentawai, Sijunjung, Dharmasraya dan Kabupaten Solok Selatan.

Baca Juga: Gegara Ini, 8 Partai Politik Padang Bakal Laporkan Wali Kota ke Presiden Jokowi

Diketahui wilayah kerja Imigrasi Padang mencakup sebelas kabupaten atau kota mulai dari Kota Padang, Solok, Pariaman, dan Sawahlunto.

"Kerja pengawasan terhadap orang asing tidak hanya dilaksanakan petugsas Imigrasi Kelas I TPI Padang, bersama Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) dari lembaga lainnya, seperti intelijen, kepolisian, termasuk Kesbangpol dan lainnya," tutup Ezardy Samsoe di Padang, saat konferensi pers, Rabu (28/12/2022).

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Teraskabar.com - Aksi heroik sopir pick up dan polisi Satlantas Polres Padang Pariman gagalkan aksi jambret di Ampang, Kota Padang mendapat apresiasi dari netizen.
Aksi Heroik Sopir Pick Up Gagalkan Aksi Jambret di Ampang Padang Bareng Polisi Satlantas Padang Pariaman
Desak Tarif Angkot Naik, Mastilizal Aye: Pemilik Gabung Saja Sama Trans Padang Teraskabar.com - Ketua Organda Padang Mastilizal Aye memastikan harga tarif angkutan kota naik
Desak Tarif Angkot Naik, Mastilizal Aye: Pemilik Gabung Saja Sama Trans Padang
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Viral! kronologi tewasnya tiga pemotor di Padang, yang merupakan remaja. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat viral, lantaran rekaman cctv beredar.
Tuai Pro Kontra Netizen, Polisi Urai Kronologi Tewasnya Tiga Pemotor di Padang
Tiga Pemotor di Padang Tewas: Polisi Sebut Kecelakaan, Satpol PP Tawuran. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat memicu ragam asumsi netizen. Peristiwa tewasnya tiga pemotor terjadi Minggu (22/1/2023) malam viral
Tiga Pemotor di Padang Tewas: Polisi Sebut Kecelakaan, Satpol PP Amankan Tawuran