Warga Berhamburan, Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Aceh dan Pesisir Barat Sumut

Warga Berhamburan, Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Aceh dan Pesisir Barat Sumut

Pusat gempa berada di laut 45 km barat daya Meulaboh. [Foto: BMKG]

Teraskabar.com - Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6.4 terjadi di daerah pesisir pantai barat Sumatera Utara (Sumut) dekat dengan kabupaten Nagan Raya, Sabtu (24/9/2022) dini hari.

Gempa terjadi pada kedalaman dangkal 22 kilometer pada bagian interior lempeng oseanik Indo-Australia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terjadi pukul 03:52 WIB.

Titik pusat gempa berada di 45 Km arah Barat Daya kota Meulaboh, Nagan Raya. Titik koordinat gempa berada di 3.77 derajat Lintang Utara (LU) dan 95.97 derajat Bujur Timur (BT). Atau pada Koordinat: 3.77° LU - 95.97° BT.

BMKG melaporkan gempa ini tidak berpotensi memicu terjadinya Tsunami dan kategori sebagai gempa signifikan. Menurut data BMKG belum ada info terkait kerusakan dari dampak gempa ini, tetapi getaran gempa bumi terasa kuat dan membuat perabotan hampir jatuh.

Baca Juga: Gempa Bumi Magnitudo 6,4 Guncang Pantai Barat Sumatera Utara, Terasa di Meulaboh

Beberapa masyarakat merasakan getaran sekitar III - IV MMI atau goncangan cukup kuat dan dirasakan hampir seluruh pesisir pantai barat Aceh. Seperti III MMI di Aceh Besar dan Banda Aceh, kemudian IV MMI di Meulaboh, II MMI di Pidie.

Selanjutnya IV MMI di Aceh Selatan, IV MMI di Nagan Raya, III MMI di Takengon dan Bener Meriah, III MMI di Simeulue.

Adapun II MMI di Idi, Bireun, dan Aceh Tamiang. Kemungkinan, gempa ini berpotensi juga terasa di beberapa wilayah di Sumatra Utara.

Baca Juga: Warga Trauma, Gempa Bumi Magnitudo 5,1 Kembali Guncang Mentawai

Informasi yang masuk ke teraskabar.com merupakan laporan dari BPBD setempat. Beberapa warga sempat keluar rumah karena panik terhadap guncangan gempa yang terjadi, dengan durasi sekitar 3 - 5 detik. [Fahzian Aldevan]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Sumbar Bukan Provinsi Intoleran, Ketum PGI: ABS SBK Buka Ruang Bagi Berbeda Suku-Agama. Pdt. Gomar Gultom, M.Th terpukau falsafah Minangkabau
Sumbar Bukan Provinsi Intoleran, Ketum PGI: ABS SBK Buka Ruang Bagi Berbeda Suku-Agama
DPW Partai NasDem Sumbar (Sumatera Barat) bersama pengurus DPD, sayap maupun badan bersiap sambut capres Anies Baswedan di Sumbar
DPW Partai NasDem Sumbar Siap Sambut Capres Anies Baswedan
Jenazah seorang NBO 105 yang diduga merupakan awak helikopter Polri ditemukan di dekat Pantai Bird Mandi di Bangka Belitung.
Jenazah Diduga ABK Helikopter Polri Ditemukan di Pantai Bangka Belitung Timur
Prabowo Subianto rencananya akan membuka warung kedai kopi bila sudah pensiun. Pasalnya, Menteri Pertahanan atau Menhan RI era Presiden Jokowi saat ini memasuki usia masa pensiun.
Prabowo Subianto Jadi Tukang Kopi Hambalang Kalau Pensiun, Rasa Bintang Empat
Gempa magnitudo 4,6 guncang Muko-Muko Bengkulu, bahkan getarannya terasa di Pesisir Selatan dan Padang, Sumatera Barat, Minggu (27/11/2022).
Gempa Guncang Muko-Muko Magnitudo 4,6: Terasa di Pesisir Selatan dan Padang
Puluhan anggota tim kemanusiaan Badan Intelijen Negara (BIN) jalan kaki, tebar bantuan logistik di Gunung Lanjung Cianjur, daerah terisolir
Puluhan Agen Intelijen Indonesia Jalan Kaki, Tebar Bantuan di Gunung Lanjung Cianjur