Tujuh Maskapai Bermain Kartel Harga Tiket, Ini Kata Budi Karya

Sebanyak 7 maskapai telah bermain dalam kartel harga tiket, hal ini jadi perhatian pemerintah Indonesia. Menhub Budi Karya Sumadi mengurusnya

Ilustrasi perjalanan dan harga tiket [Canva Premium/Terasskabar]

Teraskabar.com - Tujuh maskapai telah 3 tahun bermain kartel harga tiket untuk calon penumpang. Menteri Perhubungan atau Menhub, Budi Karya Sumadi bersuara, Senin (26/12/2022).

Sebanyak 7 maskapai telah bermain dalam kartel harga tiket, hal ini jadi perhatian pemerintah Indonesia. Walau baru-baru ini Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi akan mengurusnya.

Menurut data info, kasus kartel harga tiket telah berlangsung di tahun 2019 lalu, yang mana kata Menhub Budi jika maskapai itu bersama-sama memainkan harga tiket mahal untuk calon penumpang.

Walau demikian, kembali Budi Karya Sumadi menerangkan, kasus kartel semacam ini tidak hanya terjadi dalam negeri, di luar negeri juga berlaku demikian.

Budi bahkan memberi contoh kasus kartel yang pernah ia alami kala melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Sebagai contoh saya melakukan perjalanan ke Eropa dan Timur tengah salah satu penerbangan tarifnya 3 kali lipat dari sebelumnya, tapi bukan berarti kita tidak memanage apa yang di dalam negeri lakukan," ujar Menhub dalam konferensi pers seusai rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/12/2022).

Sementara itu Mahkamah Agung (MA) telah mengabulkan permohonan kasasi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terhadap putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

Walau demikian Menhub Budi Karya Sumadi berjanji kasus kartel harga tiket pesawat tidak lagi terjadi kedepannya. Budi merencanakan akan mendorong maskapai buka penerbangan lain dengan jumlah pesawat yang tersedia.

Selain itu bakal ada law forcement syarat-syarat dari dirjen udara. "Fungsinya supaya tidak lagi ada tarif harga tiket melebihi ambang batas, ucapnya.

Menhub RI Budi Karya Sumadi dalam kesempatannya menekankan agar sejumlah maskapai melakukan kerjasama dengan pihak lain. Supaya mendapatkan pendapatan lain dari operasional penerbangan.

Baca Juga: Melihat dari Dekat Bumi Gwanabai Surganya Burung Cendrawasih dan Nasibnya Kini

Sekali lagi dengan penekanan tersebut, Kementerian Perhubungan bakal mempelajari tiap keputusan, serta melakukan koordinasi di tiap maskapai maupun pihak bandara.

"Ini agar penumpang beroleh layanan yang baik saat memakai transportasi udara di Indonesia," tukuknya. [*]

Sumber Artikel : Suara

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Surabaya menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kalau berharap dari biaya APBN tidak kuat. Sehingga membutuhkan dana alternatif agar proyek angkutan massal alias transportasi itu terwujud.
APBN Tak Kuat Bangun Kereta Cepat Jakarta Surabaya
Sumbar sambut penerbangan Kuala Lumpur-Padang sudah mulai buka, 1 Oktober 2022. Maskapai AirAsia menyusul rute Padang (PDG) ke Bali (DPS)
Penerbangan Kuala Lumpur-Padang Sudah Mulai, Menyusul Rute Padang (PDG) ke Bali (DPS)
Muhammad David Mawardi terpilih sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Padang Pariaman
Muhammad David Mawardi Nakhodai KNPI Padang Pariaman
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Teraskabar.com- Telkomsel umumkan pemenang Lucky Draw 2022. Poin Festival Lucky Draw 2022 berbagi 5 mobil mewah persembahan Telkomsel.
Menangkan 5 Mobil Mewah: Telkomsel Umumkan Pemenang Lucky Draw 2022
Sadis! Ponakan Sikat Paman Hingga Tewas, Bikin Satreskrim Polres Pesisir Selatan Berburu
Sadis! Ponakan Sikat Paman Hingga Tewas, Bikin Satreskrim Polres Pesisir Selatan Berburu