Tragedi Kanjuruhan, Komnas HAM: PSSI Langgar Aturan Sendiri

Komnas HAM menyatakan bahwa PSSI melanggar aturan, setelah adanya temuan dari hasil penyelidikan Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 jiwa.

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara

Teraskabar.com – Komnas HAM menyatakan bahwa PSSI melanggar aturan, setelah adanya temuan dari hasil penyelidikan Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 jiwa.

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara, yang salah salah satu nya Komnas Ham Menyatakan PSSI melanggar aturan sendiri Rabu (2/11/2022).

Ia juga menyampaikan awalnya menjelaskan soal temuan jumlah tiket terjual di luar kapasitas untuk laga Arema vs Persebaya Pada 1 Oktober.

"Data Bapenda Kabupaten Malang,Hasil tiket terhitung pada saat pertandingan Arema FC Vs Persebaya pada 1 Oktober sebanyak 42.515 tiket terjual," ujar Komisioner Komnas Ham BekaHapsara.

Menurut Beka dalam data dispora Malang,stadion Kanjuruhan Cuma berkapasitas 38.054 orang .sedangkan manajemen arema dan penyelenggara pertandingan menyebutkan kapasitas stadion 45 ribu orang.

"Temuan dari komnas HAM berbeda-beda antara dokumen resmi dengan keterangan dari manajemen arema, panpel dan security Officer," cakapnya.

“PSSI melanggar regulasi sendiri pembuatan perjanjian kerja sama dan penandatanganannya secara subtansi bertentangan dengan regulasi FIFA dan PSSI," ujarnya.

Baca Juga: Penahanan Petani di Aia Gadang Dinilai Langgar HAM

Kedua, PSSI tidak menetapkan petandingan beresiko tinggi antara Laga Arema FC Vs Persebaya.

Ketiga, PSSI Tidak memerhatikan mekanisme pertandingan beresiko tinggi.

"Keempat, PSSI tidak mengetahui bahwa petugas keamanan dan keselamatan belum ada sertifikasi," tutup Beka. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Berikut ini jadwal babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 Qatar. Sejumlah tim nasional bertanding 20 November - 18 Desember 2022
Piala Dunia 2022: Jadwal Babak Penyisihan Lengkap dan Hasil Pertandingan
Teraskabar.com - Jadwal Piala Dunia 2022, lengkap dan hasil pertandingan langsung di bawah ini. Qatar merupakan lokasi Piala Dunia 2022
Jadwal Piala Dunia 2022: Lengkap dan Hasil Pertandingan Langsung
Tanda-tanda perhelatan Liga 1 2022/2023 belum ada, sebut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Rabu (9/11/2022).
Tanda Kompetisi Liga 1 2022/2023 Kembali Mulai? Menpora: Belum Ada
- Baru-baru ini Semen Padang FC mengumumkan telah menarik kiper Timnas Indonesia U-17, Ikram Algiffari untuk memperkuat tim berjuluk Kabau Sirah itu. Selain kiper Timnas U-17 Ikram Algiffari, Semen Padang FC (SPFC) juga bakal mengontrak rekannya Nabil Asyura, top skor Garuda Asia.
Semen Padang FC Tarik Kiper Timnas U-17 ke Kabau Sirah
Lembaga Bantuan Hukum (LBH) GP Ansor Sumbar layangkan pengaduan ke Komnas HAM Perwakilan Sumatera Barat, Jumat (4/11/2022).
Mahasiswa Ini Kadukan Kasus Kekerasan Bareng LBH GP Ansor Sumbar ke Komnas HAM
Secara resmi Borussia Dortmund batal melawan dua klub Indonesia, jeda Piala Dunia 2022. Pihak BVB 09 tidak akan pernah melupakan Indonesia
Borussia Dortmund Batal Main di Indonesia Bukan Berarti Melupakan Nusantara