Tilang Manual, Kapolda Sumbar Suharyono: Lihat Situasi dan Kondisi

Terkait larangan tilang manual bagi kendaraan di Sumatera Barat (Sumbar), Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Suharyono, lihat situasi, kondisi

Larangan tilang manual, Kapolda Sumbar Suharyono: lihat situasi dan kondisi. [Foto: Ilustrasi/Canva]

Teraskabar.com - Terkait larangan tilang manual bagi kendaraan di Sumatera Barat (Sumbar), Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Suharyono menegaskan, agar anggotanya patuhi kebijakan dari Mabes Polri.

Walau demikian, sambung Irjen Pol Suharyono, tetap melihat situasi dan kondisi. Artinya, walau mengedepankan sistem tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

Anggota juga diminta untuk memperhatikan hal yang berdampak pada tindak kriminal. "Sesuatu itu harus lihat situasi dan kondisi, kebijakan patuhi dan laksanakan," ungkap Suharyono, Rabu (26/10/2022).

Suharyono mengajak jajaran agar memetakan karakter dan fakta di lapangan di masing-masing wilayah hukum, lalu evaluasi.

"Cepat atau lambat pesan dan perintah dari Pak Kapolri akan segera terlaksana, maka kebijakan itu harus kita sukseskan," ajak Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melarang jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri untuk menggelar operasi penindakan tilang pengendara secara manual.

Perintah sekaligus kebijakan itu tertuang dalam surat telegram (ST) Nomor: ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022 tertanggal 18 Oktober 2022. Tertanda Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi atas nama Kapolri.

"Penindakan pelanggaran lalu lintas tidak menggunakan tilang manual. Namun hanya dengan menggunakan ETLE baik statis maupun mobile dan dengan melaksanakan teguran kepada pelanggar lalu lintas," tulis instruksi dalam poin nomor lima surat telegram tersebut, Jumat (21/10/2022).

Baca Juga: Dadakan, Kapolda Sumbar Irjen Suharyono Tinjau UPTD Samsat

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menegaskan anggota polisi lalu lintas (Polantas) dapat melaksanakan kegiatan Turjawali (Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli).

"Laksanakan Turjawali di lokasi Blackspot dan Troublespot," tegas Kapolri Listyo Sigit Prabowo. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Anies Baswedan bakal calon presiden Partai NasDem bagaikan pandeka minang, pakai deta spesial dari Partai NasDem Sumbar
Anies Baswedan Jadi "Pandeka Minang" Pakai Deta Spesial dari NasDem
Antusiasme Rakyat Sumbar Sambut Anies Baswedan Tinggi
Antusiasme Rakyat Sumbar Sambut Anies Baswedan Tinggi
WALHI Sumbar menyorot daerah kawasan bencana di dua kelurahan Bungus Teluk Kabung, Padang. Yoni Candra: Wali Kota Padang tidak aspiratif %
Dua Kelurahan Bungus Teluk Kabung Terancam Bencana, Yoni Candra: Walikota Padang Tidak Aspiratif
Jelang safari politik Anies Baswedan ke Sumatera Barat. Wasekjen Bidang Pemenangan Pemilu Jakfar Sidik meninjau sejumlah titik kunjungan calon presiden 2024, Jumat (2/12/2022). "Anies datang untuk masyarakat Sumatera Barat. Ini semacam Salam Pasambahan dari Partai NasDem untuk seluruh penduduk di ranah tacinto ini," ujar Jakfar.
Anies Baswedan untuk Rakyat Sumbar, Jakfar Sidik: NasDem Pastikan Meriah
Sambut kedatangan Anies Baswedan di Sumbar, sebanyak 35 ribu kupon untuk agenda seperti jalan sehat bersama Anies habis, kata Ka'bati selaku koordinator kehumasan acara penyambutan Anies Baswedan, Kamis (1/12/2022).
Puluhan Ribu Warga Siap Sambut Anies Baswedan di Sumbar, Ka'bati: 35 Ribu Kupon Habis
Teraskabar.com - Sebanyak 100 petani perempuan dari kabupaten maupun kota di Sumatera Barat (Sumbar) mengikuti Bimtek Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Padang, Rabu (30/11/2022) kemarin.
Jadi Petani Sukses, 100 Perempuan di Sumbar Ikut Bimtek KUR Kementerian Pertanian