Terbongkar! Ini Rencana Besar Gubernur Mahyeldi Terkait Masjid Raya Sumbar

Ini ternyata rencana besar Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi terkait Masjid Raya Sumbar jadi pusat pendidikan Islam, adopsi gaya masjid Nabawi

Gubernur Sumbar Mahyeldi saat mengecek kawasan Masjid Raya Sumbar untuk rencana besar Sister Province dengan Masjid Nabawi Madinah, Arab Saudi, Rabu (28/12/2022). [Foto: Biro Adpim]

Teraskabar.com - Pemprov Sumatera Barat bakal menggaet Provinsi Madinah dalam pengelolaan Masjid Raya Sumbar di Padang. Hal itu kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Rabu 28 Desember 2022.

Menurut Gubernur Mahyeldi penerapan pola pengelolaan Masjid Raya Sumbar bakal mirip dengan Masjid Nabawi Madinah. Salah satu upaya tersebut dengan membentuk lembaga khusus berkolaborasi dengan pengurus masjid raya.

Sebagai ancan-ancang dari rencana tersebut, Pemprov Sumbar merancang kerja sama dengan Kerajaan Arab Saudi melalui grand desain yang dinamakan program 'Sister Province'.

Rencana besar Gubernur Mahyeldi seirama dengan program unggulan 2021-2026, yakni menjadikan Masjid Raya Sumbar sebagai pusat pendidikan Islam dan tradisi wirid, serta sentra tujuan wisata religi.

"Alhamdulillah, progul dapat secara bertahap terealisasi. Bukan sekadar wacana program semata, akan tetapi nyata di depan kita," ungkap Gubenur Sumatera Barat, Mahyeldi di Padang.

Baca Juga: Gegara Ini, 8 Partai Politik Padang Bakal Laporkan Wali Kota ke Presiden Jokowi

Sebagai tanda jadi skala realisasi Sister Province dengan Provinsi Madinah (Al Madinah Province), dengan meresmikan menetapkan Masjid Raya Sumbar sebagai pusat edukasi dan destinasi wisata religi di Padang, Rabu (28/12/2022).

Keberadaan Masjid Raya di Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara sebagai pusat pendidikan Islam dan tradisi wirid bagi pelajar dan masyarakat, tidak terlepas dari usaha dan kerja sama masyarakat bersama unsur lembaga lainnya.

Yang menurut Mahyeldi, tanpa kekuatan semua unsur yang ada, berkemungkinan program unggulan Pemprov Sumbar 2021-2026 tidak dapat berjalan dengan baik.

"Alhamdulillah, kita dapat merealisasikannya," ungkap Mahyeldi.

Ini ternyata rencana besar Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi terkait Masjid Raya Sumbar jadi pusat pendidikan Islam, adopsi gaya masjid Nabawi
Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono mendampingi Gubernur Sumbar Mahyeldi meresmikan kawasan Masjid Raya Sumbar sebagai pusat edukasi dan destinasi wisata religi di Padang, Rabu (28/12/2022). [Foto: Biro Adpim]

Salah satu faktor pendukung Sister Province kedepan, lantaran aura Masjid Raya Sumbar di dunia internasional memberi pengaruh, salah satunya sebagai masjid dengan desain terbaik dunia versi Abdullatif Al-Fozan Award 2021.

"Komitmen merupakan kunci besar mewujudkan kawasan Masjid Raya sebagai pusat edukasi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (Adat bersendi syarak)," terangnya.

Baca Juga: Masjid Raya Sumbar Jadi Pusat Pendidikan Islam dan Tradisional Wirid

"Tidak hanya sekadar pusat pendidikan Islam dan adat budaya, akan tetapi menjadi kawasan wisata religi di Sumatera Barat ikut mengikutinya," kata Gubernur Mahyeldi.

Wali Kota Padang dua periode itu berharap, keberadaan masjid sebagai pusat kegiatan maupun sentra bimbingan umat dapat memberi aura positif dan bermanfaat, disertai dengan pengelolaan yang rapi dan baik. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Teraskabar.com - Aksi heroik sopir pick up dan polisi Satlantas Polres Padang Pariman gagalkan aksi jambret di Ampang, Kota Padang mendapat apresiasi dari netizen.
Aksi Heroik Sopir Pick Up Gagalkan Aksi Jambret di Ampang Padang Bareng Polisi Satlantas Padang Pariaman
Desak Tarif Angkot Naik, Mastilizal Aye: Pemilik Gabung Saja Sama Trans Padang Teraskabar.com - Ketua Organda Padang Mastilizal Aye memastikan harga tarif angkutan kota naik
Desak Tarif Angkot Naik, Mastilizal Aye: Pemilik Gabung Saja Sama Trans Padang
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Viral! kronologi tewasnya tiga pemotor di Padang, yang merupakan remaja. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat viral, lantaran rekaman cctv beredar.
Tuai Pro Kontra Netizen, Polisi Urai Kronologi Tewasnya Tiga Pemotor di Padang
Tiga Pemotor di Padang Tewas: Polisi Sebut Kecelakaan, Satpol PP Tawuran. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat memicu ragam asumsi netizen. Peristiwa tewasnya tiga pemotor terjadi Minggu (22/1/2023) malam viral
Tiga Pemotor di Padang Tewas: Polisi Sebut Kecelakaan, Satpol PP Amankan Tawuran