Tekan Inflasi di Sumatera Barat, Gubernur Tanam Cabai

Kendalikan laju ekonomi Sumatera Barat, tanam cabai di pekarangan rumah-

Tekan inflasi di Sumatera Barat, Gubernur Sumbar Mahyeldi tanam cabai di rumah dinas sebagai simbol peluncuran GNPIP, Senin (19/9/2022).

Teraskabar.com - Menekan angka inflasi di Sumatera Barat, Gubernur Sumbar menanam bibit cabai di halaman rumah dinas (rumdis) gubernur, Jl. Sudirman, Padang, Senin (19/9/2022). Sebagai langkah mengendalikan laju ekonomi yang signifikan menurut Presiden Jokowi di Istana negara, 12 September 2022.

Sebelum menanam cabai, pemprov setempat meluncurkan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), bersama Bank Indonesia Perwakilan Sumbar.

Meluncurkan GNPIP Sumbar menurut Gubernur Mahyeldi, salah satu langkah menekan angka inflasi di Sumatera Barat. Dalam menjaga laju kestabilan komoditas pangan dan menjaga daya beli masyarakat.

Upaya pengendalian inflasi lanjut gubernur, meliputi pencanangan gerakan menanam cabai di pekarangan serta Pembukaan Pasar Murah serentak di kabupaten dan kota.

“Semoga sinergi pengendalian laju ekonomi melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan ini dapat menjadi komitmen bersama. Kabupaten dan kota tentunya merealisasikan, tetap berkoordinasi dengan pemerintah pusat,” kata Gubernur Mahyeldi.

Kepala Perwakilan BI Sumbar, Wahyu Purnama menyebut, pencanangan GNPIP sebagai upaya mitigasi kenaikan pangan, agar lebih stabil. Yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mewujudkan masyarakat Sumbar yang madani

“Terjadinya Inflasi karena dorongan kenaikan harga pangan. Sebagai dampak keterbatasan pasokan akibat curah hujan tinggi dan kenaikan harga pakan unggas dan pupuk. Plus kenaikan tarif angkutan udara yang tinggi. Tantangan terbaru adalah adanya penyesuaian bbm bersubsidi,” ungkap Wahyu.

“Oleh sebab itu perlu kolaborasi intensif TPID terutama komitmen penguatan ketahanan pangan. GNPIP adalah bagian dari upaya mendorong produktivitas pangan supaya harga terkendali,” sambungnya.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, PDIP Sumatera Barat Buka Pendaftaran Bakal Calon Pileg

Identifikasi Kebutuhan Pangan

Asisten Gubernur BI, Dwi Pranoto mengatakan, ada tiga poin penting dalam menekan inflasi di Sumatera Barat. Pertama inisiasi kerjasama antar daerah berupa G2G; kedua, melakukan optimalisasi peran Toko Tani Indonesia Center (TTIC); ketiga, melakukan penguatan produksi dan hilirisasi.

Sementara, Deputi 1 Badan Ketahanan Pangan Nasional, I Gusti Ketut Astawa mengatakan GNPIP sangat penting dalam menekan inflasi.

Ia meminta kedepan pemerintah daerah melakukan identifikasi kebutuhan pangan, serta pendataan cadangan pangan agar mencukupi sebagai antisipasi dan intervensi ketika membutuhkan.

Baca Juga: UMKM Sumbar Malagak di Hari Jadi Sumatera Barat, 1 Oktober 2022

Selain meluncurkan GNIP dan menanam cabai di halaman rumah dinas gubernuran, juga ada bazar murah, yang berakhir 22 September 2022 di halaman Kantor Gubernur Sumbar.

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Teraskabar.com - Dampak perang Rusia-Ukraina membuat transisi energi di Indonesia tidak stabil. Hal itu kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. "Perlu langkah-langkah dari SKK Migas dengan menyikapi iklim investasi, serta pengaruh global," kata Airlangga Hartarto saat 3rd International Oil and Gas Conference (IOG 2022) yang berlangsung secara hybrid di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali.
Efek Perang Rusia-Ukraina: Indonesia Cari Akal Soal Investasi Hulu Migas
Momentum HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem 2022 di Sumatera Barat. Ketua Liga Mahasiswa NasDem (LMN) Sumbar, Budi Ramadhon mengatakan, selalu berbenah dan melancarkan program kerja.
HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem di Sumbar, Budi Ramadhon: Menguatkan Perjuangan
Marginal efficiency of capital sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan pendapatan suatu negara. Apabila suatu negara lebih aktif bergantung terhadap negara lain.
Pengaruh Marginal Efficiency of Capital terhadap Resesi Ekonomi
Baru-baru ini Izola Bank telah mengumumkan peluncuran aplikasi Izola Saver mobile di selular. Sehingga bisa investasi langsung buat pelanggan secara fleksibel untuk menabung dan menyimpan.
Izola Bank Luncurkan Aplikasi Izola Saver Mobile, Mudahkan Nasabah Berinvestasi Langsung
Milad ke-99 Diniyyah Puteri di Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar). Gubernur Mahyeldi menilai selama ini Diniyyah Puteri sudah berkontribusi banyak terhadap bangsa.
Milad ke-99 Diniyyah Puteri Padang Panjang, Mahyeldi: Mengukir Sejarah
DANA dan A+ Rewards mengajak nasabah atau masyarakat jelajah ‘Universeru 11.11’ yang berlangsung sejak 4 – 11 November 2022. Universeru 11.11 merupakan bagian dari Hari Belanja Nasional (Harbolnas) yang jatuh di bulan November tahun ini.
Harbolnas 2022, DANA A+ Rewards Hadirkan Hadiah 5 Gram Emas, Lengkap Keuntungan