Survei Capres: Prabowo dan Anies Baswedan Kena Salip Ganjar Pranowo

Survei capres 2024 terbaru saat ini Prabowo Subianto dan Anies Baswedan tersalip oleh Ganjar Pranowo, adapun Prabowo dan Anies saling bersaing di peringkat posisi kedua.

Kolase potret para tokoh capres 2024. [SS/Medsos]

Teraskabar.com - Survei capres 2024 terbaru saat ini Prabowo Subianto dan Anies Baswedan tersalip oleh Ganjar Pranowo, adapun Prabowo dan Anies saling bersaing di peringkat posisi kedua.

Survei tersebut berdasar data survei SMRC, saat Direktur Riset SMRC Deni Irvani melakukan memaparkan hasilnya di "Trend Dukungan Bakal Capres pasca Deklarasi" tayang Minggu (27/11/2022).

Teraskabar melansir hasil survei capres tersebut dari kanal YouTube SMRC TV, Senin (28/11/2022) memperlihatkan data penjelasan riset SMRC Deni Irvani.

"Ada tiga nama dari hasil survei kami, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Ketiganya paling sangat tinggi dukungan dari kandidat lainnya," terang Deni.

Tertangkap dalam visual itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lebih unggul atau menyalip dua tokoh lainnya yang ikut bursa bakal calon presiden di Pemilu 2024.

Baca Juga: Bawaslu Sumbar Pastikan Disabilitas Terlibat aktif Pemilu 2024

Hasil Survei Capres ala SMRC

Ganjar Pranowo mendapatkan dukungan 26,7 persen, adapun posisi kedua Prabowo 18,8 persen. Sedangkan Anies 17 persen.

SMRC menjabarkan ada empat nama yang bersaing dari hasil simulasi mereka, yakni Puan Maharani, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Sementara dari data survei mereka ada yang di bawah empat persen, dan ada pula yang berada di 13,1 persen dan itu belum memberikan pilihan.

Empat data simulasi nama calon presiden (capres) antara lain Ganjar mendapatkan dukungan 33,5 persen; Prabowo 26,9 persen; Anies 24 persen; dan Puan 3,4 persen.

Pada simulasi ketiga, Ganjar Pranowo memperoleh dukungan 33,3 persen dan Prabowo Subianto 30 persen dan adapun Anies 25,1 persen.

"Kalau tiga nama calon bersaing seperti Prabowo Subiato, Ganjar Pranowo kemudian Anies Baswedan. Ganjar Pranowo cenderung unggul dari keduanya," papar Deni.

Baca Juga: Anies Baswedan Masuk NasDem, Hermawi: Tak Ada Paksaan

Survei capres via SMRC itu berlangsung 5-13 November 2022 secara tatap muka. Penjaringan survei merupakan warga negara yang memiliki hak pilih, serta yang sudah berusia 17 tahun ke atas atau lebih.

"Jumlah populasi itu secara acak (stratified multistage random sampling) 1220 responden. Response rate sebesar 1012 atau 83 persen," ungkap Deni.

Sedangkan margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut lebih kurang 3,1 persen dari tingkat kepercayaan 95 persen. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

NasDem dan Parpol Lainnya Tolak Pemilu Porporsipnal Tertutup. Ketum Partai NasDem Surya Paloh melalui Waketum NasDem Ahmad Ali, (8/1/2023)
Sikap NasDem dan Parpol Lainnya Tolak Pemilu Proporsional Tertutup
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan kalau dirinya selalu memberikan restu kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.
Suara PDI Perjuangan Sumbar Buat Ganjar atau Puan? Ini Kata Asrinaldi
Elektabilitas Ganjar Pranowo Tinggi, PDI Perjuangan Padang Sumbar Ikut Megawati Puan Maharani bakal calon presiden Pilpres 2024. Sumbar lurus
Elektabilitas Ganjar Pranowo Tinggi, Albert: PDI Perjuangan Padang Ikut Megawati
Batang Hidung Sandiaga Tidak Kelihatan di Peresmian Badan Pemenangan Presiden Gerindra, Pindah Partai? Teraskabar - Rahasia Prabowo dan Jokowi
Batang Hidung Sandiaga Tidak Kelihatan, Prabowo Resmikan Kantor Badan Pemenangan Pemilu
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto cuma jawab hahaha, ketika elektabilitas bakal calon presiden statis.
Rahasia Prabowo Subianto dan Jokowi Hingga Resmikan Kantor Badan Pemenangan Presiden
Jumat (6/1/2023) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dadakan bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta jelang HUT PDI Perjuangan
Jelang HUT PDI Perjuangan, Prabowo Temui Presiden Jokowi, Ada Apa?