Sumbar Bukan Provinsi Intoleran, Ketum PGI: ABS SBK Buka Ruang Bagi Berbeda Suku-Agama

Sumbar Bukan Provinsi Intoleran, Ketum PGI: ABS SBK Buka Ruang Bagi Berbeda Suku-Agama. Pdt. Gomar Gultom, M.Th terpukau falsafah Minangkabau

Foto bersama usai dialog dan jamuan makan malam bersama rombongan PGI dan Pemprov Sumbar. [Foto: Biro Adpim Setda Prov Sumbar]

Teraskabar.com - Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) periode 2019-2024, Pdt. Gomar Gultom, M.Th terpukau dengan falsafah hidup masyarakat Minangkabau. Menurutnya, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah terus memberikan ruang bagi masyarakat dari berbagai latar belakang suku dan agama untuk bertemu dan berdialog.

Ketum PGI mengatakan, sejak ia mengunjungi beberapa gereja di Sumatera Barat, dukungan dari pemerintah daerah sangat jelas, artinya stigma negatif terkait Sumbar merupakan provinsi intoleran ternyata tidak benar.

"Itu menandakan stigma dari luar terhadap Sumatera Barat intoleran merupakan orang yang belum datang maupun merasakan kehidupan di Sumbar," kata Ketum PGI Gomar Gultom.

"Saya melihat pengayoman dari pemerintah daerah itu juga sangat jelas terlihat, ini harus terus dipertahankan ke depan," ujar Pdt. Gomar Gultom, usai jamuan makan malam di Padang, Senin malam.

Pdt. Gomar Gultom menilai UU Nomor 17 tahun 2022 tentang Provinsi Sumbar yang menyebutkan secara eksplisit falsafah hidup berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

"ABS-SBK itu tidak menjadikan Sumbar tertutup bagi suku dan agama lain karena tetap ada ruang perjumpaan dan dialog," menambahkan.

Baca Juga: Moderasi Beragama Solusi Menangkal Ekstremisme di Indonesia

Turut dalam dialog dan jamuan tersebut Kasat Pol PP Sumbar, Irwan, Kadinsos Arry Yuswandi, Kepala Dinas Kebudayaan Syafullah dan ikut mendampingi Kepala Biro Kesra dan Perwakilan Kesbangpol. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Muhammad David Mawardi terpilih sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Padang Pariaman
Muhammad David Mawardi Nakhodai KNPI Padang Pariaman
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Teraskabar.com - Aksi heroik sopir pick up dan polisi Satlantas Polres Padang Pariman gagalkan aksi jambret di Ampang, Kota Padang mendapat apresiasi dari netizen.
Aksi Heroik Sopir Pick Up Gagalkan Aksi Jambret di Ampang Padang Bareng Polisi Satlantas Padang Pariaman
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota. Teraskabar.com - 14 pemotor trabas yang tersesat atau hilang saat ekspedisi di Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota.
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota
Viral! kronologi tewasnya tiga pemotor di Padang, yang merupakan remaja. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat viral, lantaran rekaman cctv beredar.
Tuai Pro Kontra Netizen, Polisi Urai Kronologi Tewasnya Tiga Pemotor di Padang