Sepanjang Tahun, Banjir di Teluk Kabung Tengah Buat 974 KK Menderita

Banjir di Teluk Kabung Tengah Buat 974 KK Menderita

Kondisi Sungai Ibuang Bungus Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat (Sumbar). [Foto: Pardi]

Teraskabar.com - Sejak tahun 2017 hingga 2022, sejumlah kelurahan maupun kecamatan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) terdampak banjir. Bahkan membuat 974 KK (Kepala Keluarga) di Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung menderita.

Ketika kondisi cuaca hujan dengan intensitas lama dan deras, masyarakat di Teluk Kabung Tengah selalu mengungsi hingga terisolir. Dampak banjir selalu menghantui warga yang bermukim di wilayah itu.

"Sejak 2017 hingga sekarang kalau hujan lebih kurang satu jam, sudah bisa merendam permukiman warga," ujar Ketua RW 02 Teluk Kabung Tengah. Senin (3/10/2022).

Banjir merendam rumah warga di sini, katanya, akibat sedimentasi di daerah aliran sungai yang menyebabkan debit air Sungai Ibuang meluap.

"Bencana banjir selain merendam perumahan warga di dekat bantaran sungai. Banjir juga meluas ke semua titik pemukiman warga di Kelurahan Teluk Kabung Tengah, dan juga Kelurahan Teluk Kabung Utara," terang Pardi.

Dampak banjir di dua kelurahan di Bungus Teluk Kabung, sambungnya membuat 73 rumah dan 974 KK menderita. "Jika curah hujan berlangsung lama, merendam rumah warga dan ratusan jiwa di sini," ucap Pardi kepada teraskabar.com.

Desak Pemkot Padang Normalisasi Sungai Ibuang

"Sejak 2017 hingga sekarang kalau hujan lebih kurang satu jam, sudah bisa merendam permukiman warga," ujar Ketua RW 02 Teluk Kabung Tengah. Senin (3/10/2022).
Sungai Ibuang Bungus Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat (Sumbar). [Foto: Pardi]

Menanggapi hal tersebut, Dewan Daerah WALHI Sumbar, Yoni Candra mengatakan, Pemkot Padang perlu dan harus melakukan normalisasi Sungai Ibuang. Sungai ini katanya, miliki panjang ± 1.600 meter (1.6 Km). Lebar 3 meter dengan ketinggian sungai dengan permukaan 30 sentimeter (Cm) di Kelurahan Bungus Teluk Kabung Tengah.

"Beberapa titik terdapat badan sungai dengan permukaan sama rata ini. Karena sendimentasi di Sungai Ibuang akibat material sisa pecahan batuan serta tanah clay, dari aktivitas galian dan pertambangan yang berada di perbukitan yang berada di hulu sungai," terang Yoni Candra.

WALHI Sumbar menawarkan solusi kepada Pemerintah Kota Padang untuk melakukan normalisasi Sungai Ibuang, sekaligus menata hulu sungai.

Baca Juga: Padang Jadi Tuan Rumah KKIN VIII 2022, Wamenaker: Adaptasi Iklim Kerja

"Jika ini terus terbiar dapat mengancam ratusan jiwa warga di Teluk Kabung Tengah, dan mengancam lebih kurang 200 Ha sawah maupun ladang kelola masyarakat. Terminal BBM Teluk Kabung juga bisa ikut terdampak," jelas Yoni. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Antusiasme Rakyat Sumbar Sambut Anies Baswedan Tinggi
Antusiasme Rakyat Sumbar Sambut Anies Baswedan Tinggi
WALHI Sumbar menyorot daerah kawasan bencana di dua kelurahan Bungus Teluk Kabung, Padang. Yoni Candra: Wali Kota Padang tidak aspiratif %
Dua Kelurahan Bungus Teluk Kabung Terancam Bencana, Yoni Candra: Walikota Padang Tidak Aspiratif
Jelang safari politik Anies Baswedan ke Sumatera Barat. Wasekjen Bidang Pemenangan Pemilu Jakfar Sidik meninjau sejumlah titik kunjungan calon presiden 2024, Jumat (2/12/2022). "Anies datang untuk masyarakat Sumatera Barat. Ini semacam Salam Pasambahan dari Partai NasDem untuk seluruh penduduk di ranah tacinto ini," ujar Jakfar.
Anies Baswedan untuk Rakyat Sumbar, Jakfar Sidik: NasDem Pastikan Meriah
- Anak-anak di pengungsian terdampak gempa bumi M 5.6 Cianjur di Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, kembali bersekolah, Jumat (2/12/2022).
Anak Anak Pengungsian Gempa Bumi M 5.6 Cianjur Bersekolah
Teraskabar.com - Sebanyak 100 petani perempuan dari kabupaten maupun kota di Sumatera Barat (Sumbar) mengikuti Bimtek Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Padang, Rabu (30/11/2022) kemarin.
Jadi Petani Sukses, 100 Perempuan di Sumbar Ikut Bimtek KUR Kementerian Pertanian
Cristiano Ronaldo menambatkan hatinya ke klub Arab Saudi Al Nassr FC dengan nilai transfer Rp 3,2 triliun per tahun. Netizen mengejek/membully
Cristiano Ronaldo Pindah ke Al-Nassr FC, Netizen Mengejeknya