Save Danau Maninjau, Pemerintah Hingga WALHI Turun Tangan

selamat danau maninjau dari pencemaran lingkungan Agam, Sumatera Barat

Pesona Danau Maninjau di atas ketinggian terlihat pula gonjong dan Kelok 44 yang merupakan satu kesatuan memperindah Ranah Minang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. [Foto: Anak-Anak Minang/Facebook]

Teraskabar.com - Danau Maninjau menghadapi berbagai permasalahan lingkungan, sehingga masyarakat dan pemerintah harus terlibat aktif dalam pengelolaannya.

Atas dasar itu, Pemkab Agam melaksanakan program Save Maninjau di Linggai Park Nagari Duo Koto yang mencakup pembersihan Danau Maninjau dari tanaman eceng gondok yang mencemari danau.

Langkah tersebut merupakan salah satu langkah dari 10 program Pemkab Agam, Sumatera Barat dalam upaya penyelamatan Danau Maninjau.

"Salah satu yang mencemari air danau adalah eceng gondok, karena tanaman itu menyebabkan turunnya kadar oksigen di danau sehingga metabolisme air memburuk dan berdampak kepada perikanan," jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Agam, Arif Restu pada Minggu (18/9/2022).

Selain berdampak kepada perikanan, pencemaran itu juga berdampak kepada kebersihan lingkungan di objek wisata Linggai Park.

Oleh karena itu, kegiatan tersebut nantinya akan dikembangkan sebagai wahana air

"Kegiatan ini sudah berjalan sekitar 5 tahun, dan pelaksana oleh tenaga satgas dari masing-masing nagari di Kecamatan Tanjung Raya dengan jumlah 10 orang," ungkap Koordinator gerakan Save Maninjau, Alroza.

Menanggapi program Save Maninjau, Kepala Departemen Advokasi dan Lingkungan Hidup Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sumbar, Tommy Adam menyebut kegiatan itu sudah seharusnya.

Baca Juga: Mungkinkah Ancaman Gempabumi di Sumatera Barat Bukan Hanya Megathrust

"Eceng gondok adalah salah satu persoalan di Danau Maninjau, selain keramba jaring apung (KJA). Kalau mau memulihkan Danau Maninjau, Pemkab Agam harus mau berupaya agar tidak lagi ada KJA di Danau Maninjau," ungkap Tommy.

Menurutnya, maraknya KJA berdampak pada penurunan kualitas air dan pendangkalan, sehingga merusak lingkungan.

Dengan demikian, ia menilai aktivitas budidaya KJA tidak berdampak efektif terhadap perekonomian masyarakat karena tidak mendukung pemanfaatan lingkungan secara berkelanjutan.

"Sebagian besar pemilik KJA adalah investor dari luar daerah, bukan masyarakat setempat," tambahnya.

Selain itu,menurutnya Danau Maninjau adalah salah satu danau terindah di Indonesia, sehingga berpotensi wisata.

"Di dekat danau juga ada rumah Buya Hamka, bisa jadi tujuan wisata sejarah," tambahnya.

Selain untuk wisata, kawasan di sekitar juga potensial untuk kegiatan pertanian, perkebunan, dan kehutanan

Baca Juga: Gawat! 4 Ribu Rakyat Papua Demo Save Lukas Enembe

"Terlebih di kawasan Danau Maninjau, terdapat hutan konservasi dan hutan lindung," ungkapnya.

Seharusnya, masyarakat bersama OPD bisa bekerja sama untuk mengembangkan perekonomian yang tidak merusak lingkungan di sekitar untuk Save Danau Maninjau.[Daffa Benny]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Momentum HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem 2022 di Sumatera Barat. Ketua Liga Mahasiswa NasDem (LMN) Sumbar, Budi Ramadhon mengatakan, selalu berbenah dan melancarkan program kerja.
HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem di Sumbar, Budi Ramadhon: Menguatkan Perjuangan
Milad ke-99 Diniyyah Puteri di Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar). Gubernur Mahyeldi menilai selama ini Diniyyah Puteri sudah berkontribusi banyak terhadap bangsa.
Milad ke-99 Diniyyah Puteri Padang Panjang, Mahyeldi: Mengukir Sejarah
Lembaga Bantuan Hukum (LBH) GP Ansor Sumbar layangkan pengaduan ke Komnas HAM Perwakilan Sumatera Barat, Jumat (4/11/2022).
Mahasiswa Ini Kadukan Kasus Kekerasan Bareng LBH GP Ansor Sumbar ke Komnas HAM
Pengacara Hotman Paris terus mengontrol kasus Irjen Teddy Minahasa Putra, mantan Kapolda Sumatera Barat (Sumbar). Penasihat hukum jenderal bintang dua di pundak itu mengaku, kalau Teddy adalah korban.
Hotman Paris Jamin Teddy Minahasa Putra Tidak Kabur, Ia Adalah Korban
Kasus yang menyeret mantan kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra terus bergulir. Penyidik Ditrenarkoba Polda Metro Jaya terus merampungkan berkas sang jenderal bintang dua Polri. Penyidik saat ini tengah melengkapi berkas perkara untuk segera ke tahap satu, dua terkait tersangka kasus peredaran narkoba.
Polda Metro: Berkas Kasus Irjen Teddy Minahasa Segera Rampung
Enam madrasah Sumatera Barat ikut kompetisi Kompetisi Robotik Madrasah atau Madrasah Robotic Competition (MRC), 22-23 November 2022.
6 Madrasah Siap Harumkan Sumatera Barat di Kompetisi Robotik Madrasah tingkat Nasional