Rocky Gerung: "Jika Anies-AHY Maju, Pilpres Selesai"

Rocky Gerung: "Jika Anies-AHY Maju, Pilpres Selesai"

Potret Rocky Gerung. [Foto: Instagram]

Teraskabar.com - Akademisi Rocky Gerung menilai Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpeluang besar meraup banyak dukungan untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Rocky menyampaikan hal itu menyusul kunjungan Anies ke DPP Partai Demokrat sembari bertemu dengan AHY, Jumat (7/10/2022).

Tidak tanggung-tanggung, ia bahkan menilai apabila Anies sepakat berpasangan dengan AHY sebagai calon wakil presiden, hasil pemilu mudah ditebak.

"Kalau Anies bilang, saya bersama AHY, itu Pemilu udah selesai. Pak SBY pasti turun gunung, PKS pasti akan dukung," ungkap Rocky di video kanal Youtube miliknya.

"Semua orang akan merasa, udah, kita aklamasi aja," selorohnya sembari tertawa.

Lebih lanjut, intelektual publik tersebut menyampaikan pandangannya terkait alasan Anies mengunjungi AHY.

"Tentu dia perlu menggandeng calon wakil presiden untuk menambah suaranya. Tidak mungkin dari kalangan Nasdem sendiri. Sama saja jeruk nanam jeruk," ujar Rocky.

Menurutnya Anies tidak menggandeng figur dari partai Islam karena ia telah memiliki basis pendukung muslim yang banyak.

"Kalau diambil dari kalangan (partai, red.) muslim, pertanyaannya apa tidak cukup pemilih muslim pada anies?" ungkapnya.

Sementara itu, ia meragukan PDIP selaku partai yang menaungi presiden saat ini rela memberikan calonnya untuk jadi cawapres Anies.

"Jadi itu yang kita sebut rational ecpectation di dalam teori-teori pembuatan keputusan. Tentu Anies berpikir bahwa figur AHY sudah diucapkan dari awal dan sama-sama muda," sambungnya.

Oleh karena itu, ia menyimpulkan Anies memerlukan unsur yang memiliki latar belakang militer. Pangkat terakhir AHY di TBI adalah Mayor. Namun ia mengundurkan diri dari TNI pada 2016 silam.

"Anies memerlukan wilayah dari masyarakat sipil yang masih ada unsur (dukungan terhadap, red.) militernya," sebut Rocky.

Baca Juga: Sekuat Apa Anies Baswedan hingga Mau NasDem Usung, Ini Tanggapan Ganjar

"Kalau dia mengambil AHY sebagai intelektual, itu juga redundant (berulang, red.). Anies sendiri sudah intelektual, itu tidak menambah apa-apa," tambahnya.[*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Survei capres 2024 terbaru saat ini Prabowo Subianto dan Anies Baswedan tersalip oleh Ganjar Pranowo, adapun Prabowo dan Anies saling bersaing di peringkat posisi kedua.
Survei Capres: Prabowo dan Anies Baswedan Kena Salip Ganjar Pranowo
Agus Harimurti Yudhoyono mendapat kritik dari loyalis pendukung Ganjar Pranowo. Bahkan menyebut AHY 'Miskin Literasi', rakyat hanya perlu makan.
Rakyat Hanya Butuh Makan: Loyalis Ganjar Sebut AHY Miskin Literasi
Absennya Jokowi di HUT NasDem dan tak ada ucapan, menurut analis politik: hubungan sedang tak baik-baik saja. HUT ke-11 NasDem 2022
HUT NasDem: Tak Ada Ucapan dan Jokowi Absen, Ini Kata Analis
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) punya risiko gagal masuk Parlemen 2024. Analis dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago
Ahli Strategi: PPP Punya Risiko Gagal Masuk Parlemen 2024
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan kalau dirinya selalu memberikan restu kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.
Pengamat Ini Bedah Soal Isu Jokowi Ketum PDI Perjuangan, Tony: Disharmonisasi
Teraskabar.com - Sebanyak 8 partai politik di Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara (Sumut) melakukan verifikasi faktual keanggotaan parpol calon peserta Pemilu 2024.
8 Partai Politik Padang Sidempuan Verifikasi Faktual Pemilu 2024, Termasuk PSI