Rida Ananda Resmi Jadi Pj Walikota Payakumbuh, Mahyeldi Masih Banyak Terbengkalai

Gubernur Sumbar mengangkat Rida Ananda sebagai pejabat Walikota Payakumbuh, Sumatera Barat

Gubernur Provinsi Sumatra Barat Mahyeldi menyalami Pj Walikota Payakumbuh, Rida Ananda (2022-2024) dan Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakil Walikota Erwin Yunaz periode 2017-2022. [Foto: Humas/PemprovSumbar]

Teraskabar.com - Gubernur Sumatera Barat melantik Rida Ananda sebagai Pj. Walikota Payakumbuh, tempo hari (23/9/2022). Pengangkatan Rida untuk mengantisipasi kevakuman kepemimpinan di Kota Payakumbuh.

Hal tersebut ungkap Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat memberi sambutan. Sekadar mengetahui Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakil Walikota Erwin Yunaz purna tugas, setelah menjabat periode 2017-2022.

Penunjukan Rida Ananda sebagai pejabat Walikota Payakumbuh menurut Gubernur Mahyeldi, karena paham dan mengenal peta sosio-kultural kemasyarakatan Payakumbuh.

Gubernur Mahyeldi menuturkan, bahwa tidak cukup waktu membangun 10 tahun. Untuk mewujudkan kondisi ideal, dinamis serta bergerak dan berkembang seiring zaman.

"Kita semua merasakan, banyak yang dibangun dan tentu lebih banyak lagi yang terbengkalai dan tertinggal," kata Mahyeldi, Jumat (23/9/2022).

Baca Juga: 8602 Atlet Siap Tempur di Sumatera Barat dan Rebut Medali POMNAS XVII 2022

Saat proses pelantikan Rida Ananda sebagai Pj Walikota Payakumbuh, Gubernur Sumbar Mahyeldi turut menyampaikan rasa terima kasih kepada Riza Falepi dan Erwin Yunaz, telah memimpin dan membangun Kota Payakumbuh selama menjabat.

"Tak ada gading yang tak retak, semua itu tidak ada yang sempurna. Kita banyak saksikan Kota Payakumbuh merupakan satu kota di Sumatera Barat berprestasi," terang Mahyeldi.

Sederet prestasi era Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wawako Erwin Yunaz salah satunya, Pelayanan Perizinan Prima, program itu mendapat pengakuan dari Kementerian Investasi dan BKPM.

"Terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasa selama selama memimpin kota Payakumbuh," ucap Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi saat itu.

Ini Tugas dan Fungsi Pj. Walikota Payakumbuh

Rida Ananda resmi menjabat Pj. Walikota Payakumbuh, Jumat, 23 September 2022. Lalu apa saja tugas dan tanggungjawab dari Pj Wali Kota?

Berikut uraian tugas dan fungsi sebagai Pj. Walikota:

  • Memimpin pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
  • Memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat.
  • Meminta persetujuan Mendagri terkait Rancangan Peraturan Daerah (Perda) dan Rancangan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) untuk melakukan pembahasan rancangan Perda.
  • Pembahasan rancangan perkada, dan menandatangani perda serta perkada inisiasi baru, kecuali untuk pembahasan rancangan perda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan perkada penjabaran APBD sampai dengan proses penandatanganan.
  • Melakukan pengisian jabatan dan mutasi pegawai.
  • Membatalkan perijinan yang dikeluarkan pejabat sebelum dan/atau mengeluarkan perijinan yang berbeda dengan yang dikeluarkan pejabat sebelumnya.
  • Membuat kebijakan pemekaran daerah dan membuat kebijakan yang berbeda dengan program pembangunan pejabat sebelumnya.
  • Memfasilitasi persiapan pelaksanaan Pemilu Umum Tahun 2024 dan Pilkada Kepala Daerah Tahun 2024 di Kota Payakumbuh.

Sekadar mengetahui Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakil Walikota Erwin Yunaz purna tugas, setelah menjabat periode 2017-2022. [*TK]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Momentum HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem 2022 di Sumatera Barat. Ketua Liga Mahasiswa NasDem (LMN) Sumbar, Budi Ramadhon mengatakan, selalu berbenah dan melancarkan program kerja.
HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem di Sumbar, Budi Ramadhon: Menguatkan Perjuangan
Korban kebakaran di Padang, Jalan Sutan Syahrir mencapai Rp 300 juta, setelah petugas pemadam kebakaran Kota Padang melakukan pemadaman
Kerugian Korban Kebakaran di Padang Tertaksir Rp 300 Juta
Milad ke-99 Diniyyah Puteri di Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar). Gubernur Mahyeldi menilai selama ini Diniyyah Puteri sudah berkontribusi banyak terhadap bangsa.
Milad ke-99 Diniyyah Puteri Padang Panjang, Mahyeldi: Mengukir Sejarah
Pasca video viral penganiayaan terhadap salah seorang kepala sekolah di Padang tempo hari. Polisi di Padang memburu empat terduga pelaku lainnya, kata Kanit Reskrim Polresta Padang, Ipda Adrian Afandi, Sabtu (5/11/2022) di Mapolresta Padang.
Polisi Buru 4 Penganiaya Kepala Sekolah di Padang, Ipda Adrian: Baru 3 Tertangkap
Lembaga Bantuan Hukum (LBH) GP Ansor Sumbar layangkan pengaduan ke Komnas HAM Perwakilan Sumatera Barat, Jumat (4/11/2022).
Mahasiswa Ini Kadukan Kasus Kekerasan Bareng LBH GP Ansor Sumbar ke Komnas HAM
Pengacara Hotman Paris terus mengontrol kasus Irjen Teddy Minahasa Putra, mantan Kapolda Sumatera Barat (Sumbar). Penasihat hukum jenderal bintang dua di pundak itu mengaku, kalau Teddy adalah korban.
Hotman Paris Jamin Teddy Minahasa Putra Tidak Kabur, Ia Adalah Korban