Presiden Jokowi Minta Pemda Redam Kenaikan Harga, Ganjar Pranowo: Pakai Skenario

Presiden Jokowi Minta Pemda Redam Kenaikan Harga, Ganjar Pranowo: Pakai Skenario

Presiden Jokowi (Foto: Humas Setkab/Teguh)

Teraskabar.com - Presiden Indonesia Joko Widodo minta pemerintah daerah meredam kenaikan harga. Serta tidak ragu merealisasikan anggaran dana transfer umum maupun dana tidak terduga, guna menekan inflasi daerah.

Hal itu kata Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan arahan kepada para menteri, pejabat setingkat provinsi, kepala lembaga serta pemangku jabatan perusahaan milik negara, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (29/09/2022).

"Jangan sampai ragu-ragu lagi mengenai penggunaan belanja tak terduga dan juga dana transfer umum," kata Presiden Jokowi.

Bahkan sebut Presiden Joko Widodo penggunaan anggaran itu telah ada Peraturan Menteri Keuangan maupun Surat Edaran Mendagri.

"Saya sudah sampaikan juga ke Kejaksaan Agung, ke KPK untuk hal-hal ini, karena sekarang kita sangat membutuhkan," terang Joko Widodo.

Adapun sumber dana untuk meredam inflasi atau kenaikan harga di daerah dengan mengalokasi dua persen Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH).

Pemanfaatan dana tersebut maupun dana tidak terduga, pemda dapat memperuntukannya untuk subsidi transportasi untuk pengiriman produk pangan, hingga bantuan sosial.

Upaya pemerintah menekan inflasi harus bersama-sama dan kompak,"Kita harus kompak, harus bersatu dari pusat, provinsi, kabupaten/kota, sampai ke bawah, dan semua kementerian/lembaga," kata Presiden Joko Widodo.

Ia menyontohkan terkait penanganan COVID-19. "Kalau COVID-19 kita bisa bersama-sama, urusan inflasi ini kita juga harus bersama-sama," jelas Jokowi.

Menurutnya, ketika di negara lain inflasi adalah urusan bank sentral, maka inflasi yang terjadi di Indonesia merupakan tanggung jawab bersama. Presiden Jokowi bangga dengan Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan karena otoritas fiskal dan moneter beriringan.

Walau demikian, Jokowi tetap mengingatkan lembaga dan kementerian tersebut bukan mengerem peredaran uang. "Tetapi kita menyelesaikan di ujungnya, yaitu kenaikan barang dan jasa yang itu menjadi tanggung jawab kita semuanya, tutupnya.

Sekaitan meredam harga-harga di daerah, Jawa Tengah miliki tiga skenario mengontrol inflasi. Mulai operasi pasar, subsidi transportasi dan subsidi harga.

Walau ketiga skenario tersebut jadi andalan, akan tetapi menurut Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, butuh kontrol bilamana melakukan subsidi transportasi.

"Memang perlu kontrol dan harga juga akan turun. Jangan sampai transportasi subsidi telah kita berikan, tapi sampai di pasar harga tetap saja," ungkap Ganjar Pranowo dalam kesempatannya.

Bahkan guna menekan inflasi di Jawa Tengah, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) maupun pelaku usaha.

"Terakhir itu kami mengajak CSR untuk membantu, BUMD untuk membantu," urai Ganjar Pranowo, calon presiden 2024. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Survei capres 2024 terbaru saat ini Prabowo Subianto dan Anies Baswedan tersalip oleh Ganjar Pranowo, adapun Prabowo dan Anies saling bersaing di peringkat posisi kedua.
Survei Capres: Prabowo dan Anies Baswedan Kena Salip Ganjar Pranowo
Teraskabar.com - Dampak perang Rusia-Ukraina membuat transisi energi di Indonesia tidak stabil. Hal itu kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. "Perlu langkah-langkah dari SKK Migas dengan menyikapi iklim investasi, serta pengaruh global," kata Airlangga Hartarto saat 3rd International Oil and Gas Conference (IOG 2022) yang berlangsung secara hybrid di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali.
Efek Perang Rusia-Ukraina: Indonesia Cari Akal Soal Investasi Hulu Migas
BLACKPINK bakal kembali ke Indonesia dan akan konser di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Para penggemar sudah dapat memesan tiket dengan harga tiket BLACKPINK berikut ini.
Berikut Harga Tiket BLACKPINK Konser di GBK
Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Surabaya menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kalau berharap dari biaya APBN tidak kuat. Sehingga membutuhkan dana alternatif agar proyek angkutan massal alias transportasi itu terwujud.
APBN Tak Kuat Bangun Kereta Cepat Jakarta Surabaya
Marginal efficiency of capital sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan pendapatan suatu negara. Apabila suatu negara lebih aktif bergantung terhadap negara lain.
Pengaruh Marginal Efficiency of Capital terhadap Resesi Ekonomi
Baru-baru ini Izola Bank telah mengumumkan peluncuran aplikasi Izola Saver mobile di selular. Sehingga bisa investasi langsung buat pelanggan secara fleksibel untuk menabung dan menyimpan.
Izola Bank Luncurkan Aplikasi Izola Saver Mobile, Mudahkan Nasabah Berinvestasi Langsung