Presiden Jokowi dan Prabowo Bakal Bangun Pertahanan Negara di Indonesia Timur

Presiden Jokowi dan Prabowo Bakal Bangun Pertahanan Negara di Indonesia Timur

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers di Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, Kamis (15/09/2022). (BPMI Setpres/Rusman)

Teraskabar.com - Pemerintah Indonesia sedang mendesain pertahanan dan keamanan negara di Indonesia timur. Hal itu Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo sampaikan, usai kunjungan di Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, tempo hari (15/9/2022).

Presiden Jokowi pada 2,5 tahun lalu telah meminta untuk membuat desain pertahanan dan keamanan negara Indonesia di beberapa titik.

Terutama wilayah berbatasan dengan negara tetangga. Indonesia timur perlu jadi perhatian dan titik pertahanan dan keamanan negara.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengakui tentang permintaan desain pertahanan dan keamanan negara di Indonesia timur. Termasuk pengamanan jalur-jalur laut kepulauan di Indonesia, yang menjadi jalur bagi 60 persen perdagangan laut dunia.

Beberapa calon titik pertahanan dan keamanan negara Indonesia timur telah presiden bidik. Setelah melihat langsung beberapa pulau terluar di bagian timur, timur selatan di Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku Tenggara. Kemudian di Kepulauan Aru dan Kota Tual termasuk Saumlaki.

"Kita melihat perlunya sebuah desain untuk pertahanan dan keamanan negara," tegas Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut kepala negara Indonesia itu, tentu dengan melihat titik-titik mana kira-kira paling tepat. Pertahanan dan keamanan negara sambung Presiden Jokowi, paling penting sekali.

"Maka potensi di Indonesia timur perlu secara detail melihatnya," kata Presiden Jokowi di daerah Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kamis lalu.

Joko Widodo menerangkan, desain dan pertahanan keamanan negara di titik terluar Indonesia sangat penting. Salah satunya di Pulau Leti yang berbatasan dengan Timor Leste.

Presiden Jokowi sekali lagi menekankan desain pembangunan di daerah pulau terluar NKRI untuk menjaga kedaulatan Republik Indonesia dari sistem keamanan dan pertahanan.

Menhan Segera Desain dan Teliti Pertahanan Negara

Pada hari yang sama, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan, kalau masa depan kekayaan Indonesia sebagian besar berada di Indonesia timur.

"Pulau-pulau terluar di kawasan tersebut harus dan perlu dirancang menjadi bagian dari pertahanan negara," ungkap Prabowo Subianto.

Sebab menurut Prabowo Subianto, Indonesia bagian Timur sarat akan kekayaan alam, mulai dari hasil laut. "Kekayaan kita sangat besar di sini tidak hanya ikan, melainkan mineral, gas dan minyak bumi yang bersumber di bawah laut," papar Menhan Prabowo.

Baca Juga: Presiden Komitmen Bangun Demokrasi di Indonesia

Usai meninjau beberapa lokasi pulau sebagai calon pertahanan dan keamanan negara, pemerintah Indonesia bakal bangun titik pertahanan negara Indonesia di bagian timur.

Salah satu upaya tersebut dengan melakukan penelitian dan mengikutsertakan lembaga bersama Kementerian Pertahanan Negara Indonesia. [*]

Sumber Artikel : Setpres

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Korban kebakaran di Padang, Jalan Sutan Syahrir mencapai Rp 300 juta, setelah petugas pemadam kebakaran Kota Padang melakukan pemadaman
Kerugian Korban Kebakaran di Padang Tertaksir Rp 300 Juta
Pasca video viral penganiayaan terhadap salah seorang kepala sekolah di Padang tempo hari. Polisi di Padang memburu empat terduga pelaku lainnya, kata Kanit Reskrim Polresta Padang, Ipda Adrian Afandi, Sabtu (5/11/2022) di Mapolresta Padang.
Polisi Buru 4 Penganiaya Kepala Sekolah di Padang, Ipda Adrian: Baru 3 Tertangkap
Presiden Jokowi Minta Pemda Redam Kenaikan Harga, Ganjar Pranowo: Pakai Skenario
Prabowo Subianto Terima Restu Jokowi, Presiden: Sejak Awal Saya Dukung Beliau
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan kalau dirinya selalu memberikan restu kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.
Pengamat Ini Bedah Soal Isu Jokowi Ketum PDI Perjuangan, Tony: Disharmonisasi
Katanya: Doakan Jokowi Ketum PDIP 2024, Ganjar Pranowo Bilang Ini
Jokowi Ketum PDI Perjuangan, Gibran Menjawab
Jokowi Ketum PDIP 2024 tren jelang Pilpres 2024. Walau hits itu dinilai ngawur. Koordinator Relawan untuk Ganjar Pranowo KAMI-Ganjar
Katanya: Doakan Jokowi Ketum PDIP 2024, Ganjar Pranowo Bilang Ini