Polstra Institute Tanggapi Pilwako Padang dan Erman Safar

Polstra Institute Tanggapi Pilwako Padang dan Erman Safar

Yovaldri Rizki, Direktur Eksekutif Polstra Institute. [Foto: Polstra Institute]

Teraskabar.com - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Padang 2024 mendatang, politisi sudah mulai menunjukkan tanda keikutsertaannya. Terakhir, Erman Safar mengakui akan maju ke Pemilihan Walikota (Pilwako) Padang mewakili Partai Gerindra.

Yovaldri Rizki, Direktur Eksekutif Polstra Institute menilai gestur semacam itu lazim menjelang pemilihan umum (Pemilu) atau Pilkada. Menurutnya, politisi seharusnya lebih bisa memanfaatkan momentum seperti saat ini, ketimbang hanya meramaikan wacana Pilkada.

"Tidak ada salahnya memunculkan nama dari partai mereka. Hal biasa menampilkan tokoh partai mereka ke depan publik, hanya saja jangan sebatas meramaikan saja," ungkap Yovaldri, Senin (10/10/2022).

Lebih lanjut, menurutnya akan lebih efektif apabila para tokoh tersebut turut memunculkan gagasan mereka untuk wilayah yang hendak mereka pimpin.

"Ketika memunculkan tokoh-tokoh tersebut, sebaiknya bersamaan dengan gagasan yang mereka bawa dan apa bedanya dengan yang lain. Jangan sebatas setor nama dan wajah ke publik saja," ucap Yovaldri

Apabila gagasan para bakal calon pemimpin turut tersampaikan, menurutnya akan terjadi perdebatan ide yang dinamis soal Kota Padang.

Yovaldri menilai, kemunculan calon punggawa birokrasi Kota Padang hingga saat ini belum memancing perdebatan gagasan. Sebagai contoh, munculnya Walikota Bukittinggi Erman Safar sebagai salah satu figur yang tersorot untuk maju ke Pilkada Kota Padang.

"Contohnya Erman Safarm justru malah muncul dengan alasan menuruti permintaan Partai Gerindra dan ulama. Namun kita tidak menemukan adanya permintaan tersebut, apa lagi ulama," ungkapnya.

Sebagai informasi, Erman Safar menyatakan hal tersebut pada Senin (3/10/2022) ketika melawat ke Kota Padang.

Padahal, menurut Yovaldri penunjukkan Erman Safar untuk mengarungi Pilkada Kota Padang bisa berdasarkan kepada kinerjanya di Bukittinggi.

"Namun alasan demikian tidak muncul. Bisa saja Partai Gerindra juga tidak percaya diri bicara kinerjanya di Bukittinggi. Berbagai persoalan saat ini muncuk di bawah kepemimpinan Erman Safar," pungkas Yovaldri.

Kepemimpinan Erman "Belum Bagus"

Polstra Institute sendiri menilai, kinerja Wako Erman Safar di Bukittinggi belum terbilang bagus.

"Sebab berbagai persoalan saat ini terus bermunculan di Bukittinggi. Selain itu, Bukittinggi dinobatkan sebagai kota dengan inflasi tertinggi di Indonesia, berdasarkan data BPS September 2022," imbuhnya.

Menurut lembaga riset politik tersebut, masyarakat Bukittinggi masih menagih janji politik Erman-Marfendi. Belum lagi soal adanya proyek mangkrak, aspirasi pedagang yang tidak terakomodir, terutama polemik proyek awning Jalan Minangkabau.

Baca Juga: Kepada Milenial Anies Baswedan Ngomong Politik Identitas: Bukan Hanya Agama

"Erman-Marfendi menawarkan eskepktasi yang begitu tinggi pada Pilkada lalu, terutama soal pemerintahan yang mengedepankan musyawarah. Namun itu tidak tercermin dalam pemerintahan mereka. Terlihat dari pernyataan sikap Niniak Mamak dalam polemik awning yang menyatakan tidak pernah dibawa 'baiyo'," pungkasnya.[*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Antusiasme Rakyat Sumbar Sambut Anies Baswedan Tinggi
Antusiasme Rakyat Sumbar Sambut Anies Baswedan Tinggi
WALHI Sumbar menyorot daerah kawasan bencana di dua kelurahan Bungus Teluk Kabung, Padang. Yoni Candra: Wali Kota Padang tidak aspiratif %
Dua Kelurahan Bungus Teluk Kabung Terancam Bencana, Yoni Candra: Walikota Padang Tidak Aspiratif
Jelang safari politik Anies Baswedan ke Sumatera Barat. Wasekjen Bidang Pemenangan Pemilu Jakfar Sidik meninjau sejumlah titik kunjungan calon presiden 2024, Jumat (2/12/2022). "Anies datang untuk masyarakat Sumatera Barat. Ini semacam Salam Pasambahan dari Partai NasDem untuk seluruh penduduk di ranah tacinto ini," ujar Jakfar.
Anies Baswedan untuk Rakyat Sumbar, Jakfar Sidik: NasDem Pastikan Meriah
Fadli Zon pasca nyinyir, minta terima kasih kepada Presiden Jokowi terkait hubungan kedekatan dengan Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto
Sering Nyinyir Kerja Jokowi, Fadli Zon Malah Minta Terima Kasih
Motor Hilang Saat Tawuran, Tim Klewang Polresta Padang Ciduk IRT di Pesisir Selatan
Motor Hilang Saat Tawuran, Tim Klewang Polresta Padang Ciduk IRT di Pesisir Selatan
Seorang pria di Padang, Sumatera Barat jadi korban kecelakaan hingga motor hilang, Jumat 25 November 2022. Ia pun baru sadar motornya raib setelah warga menyelamatkan nyawanya ke rumah sakit.
Tawuran Padang: Cowok Ini Jadi Korban Sampai Motor Tercuri