Polisi Ungkap Kasus Ledakan Tambang Batu Bara Sawahlunto, Ini Namanya

Polisi Sawahlunto maupun Polda Sumatera Barat tengah menyelidiki tambang batu bara Sawahlunto yang meledak, Jumat (9/12/2022) pagi kemarin.

Proses evakuasi korban ledakan tambang di Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat 9 Desember 2022. [Foto: HO/Kariadil Harefa]

Teraskabar.com - Polisi Sawahlunto maupun Polda Sumatera Barat tengah menyelidiki tambang batu bara Sawahlunto yang meledak, Jumat (9/12/2022) pagi kemarin.

Bencana di area pertambangan milik kelolaan PT NAL (Nusa Alam Lestari), Desa Salak, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto menelan korban jiwa sebanyak 14 pekerja tambang.

"10 pekerja meninggal dunia, dan empat korban lainnya selamat. Kondisi saat ini berada di rumah sakit daerah untuk perawatan medis karena luka bakar serius," ungkap Kasiops SAR Padang, Oktavianto, Jumat malam kepada Teraskabar.com.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Sawahlunto, Iptu Ferlyanto mengungkapkan, penyidik sedang melakukan penyelidikan terhadap insiden ledakan batu bara di PT NAL.

"Kami sedang mengidentifikasi para korban terdampak ledakan dalam lubang tambang kemarin. Para pekerja tambang atau korban sudah terevakuasi semuanya, dan saat ini kami melakukan pendalaman," terang Iptu Ferlyanto.

Inilah Daftar 14 Korban Lubang Tambang Meledak di Sawahlunto

Baca Juga: BREAKING NEWS: Tambang Meledak di Sawahlunto, 7 Meninggal Dunia

Sebelumnya terindentifikasi di area pertambangan kelolaan PT. NAL mengeluarkan asap tebal menyerupai gas metana dari dalam lubang tambang dan letupan kecil mengikutinya.

Gas metan (metana) yang keluar memicu ledakan saat belasan pekerja tambang melakukan aktivitas penambangan, Jumat (10/12/2022). Aktivitas penambangan batu bara tersebut terhenti saat kejadian sekira pukul 08.45 WIB.

Para pekerja dan mandor PT. NAL mencari bala bantuan untuk mengevakuasi para korban dari lubang tambang yang berlangsung sampai sore Jumat kemarin.

Berdasar keterangan SAR Padang, 10 pekerja meninggal dunia akibat insiden tersebut, dan empat pekerja tambang lainnya dalam perawatan rumah sakit daerah (RSUD) Sawahlunto.

Berikut daftar nama dari para korban ledakan tambang atau pekerja galian lubang tambang sedalam 200 meter di Desa Salak, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Baca Juga: SAR Padang Evakuasi Korban Terakhir Ledakan Tambang Batu Bara Sawahlunto, 10 Meninggal Dunia

NamaJenis KelaminUmurAlamat
BudimanPria40Desa Lumindai
KaspionPria50Batu Pipik
Nori IndraPria35Bukit Bual
AsmidiPria43Sijantang
GunturPria37Sijantang
SamidiPria-Sijantang
Robi ZaldiPria-Bukit Bual
Eri MarioPria-Sijantang
M. AljinaPria52Bukit Bual
BudimanPria43Bukit Bual
Aris MunandarPria19Bukit Bual
BaasyirPria50-
TurismanPria--
PronoPria50-

Berdasar keterangan SAR Padang, 10 pekerja meninggal dunia akibat insiden tersebut, dan empat pekerja tambang lainnya dalam perawatan rumah sakit daerah (RSUD) Sawahlunto.

Polisi Sawahlunto maupun Polda Sumatera Barat tengah menyelidiki tambang batu bara Sawahlunto yang meledak, Jumat (9/12/2022) pagi kemarin.
Tim SAR masuk ke dalam lubang tambang untuk mengevakuasi korban tambang di Kecamatan Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat. [Foto: HO/Kariadil Harefa]

"Total ada 14 korban dari insiden yang terjadi di lubang tambang batu bara Sawahlunto, Sumatera Barat," tutup Kasiops Basarnas Padang Octavianto. [*]

Baca Juga: Bertambah Jadi 9 Orang! Korban Meninggal Ledakan Tambang Sawahlunto, SAR Padang: 4 Selamat 1 Dalam Pencarian

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Muhammad David Mawardi terpilih sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Padang Pariaman
Muhammad David Mawardi Nakhodai KNPI Padang Pariaman
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Teraskabar.com - Aksi heroik sopir pick up dan polisi Satlantas Polres Padang Pariman gagalkan aksi jambret di Ampang, Kota Padang mendapat apresiasi dari netizen.
Aksi Heroik Sopir Pick Up Gagalkan Aksi Jambret di Ampang Padang Bareng Polisi Satlantas Padang Pariaman
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota. Teraskabar.com - 14 pemotor trabas yang tersesat atau hilang saat ekspedisi di Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota.
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota
Viral! kronologi tewasnya tiga pemotor di Padang, yang merupakan remaja. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat viral, lantaran rekaman cctv beredar.
Tuai Pro Kontra Netizen, Polisi Urai Kronologi Tewasnya Tiga Pemotor di Padang