Polda Metro: Berkas Kasus Irjen Teddy Minahasa Segera Rampung

Kasus yang menyeret mantan kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra terus bergulir. Penyidik Ditrenarkoba Polda Metro Jaya terus merampungkan berkas sang jenderal bintang dua Polri. Penyidik saat ini tengah melengkapi berkas perkara untuk segera ke tahap satu, dua terkait tersangka kasus peredaran narkoba.

Irjen Teddy Minahasa kenakan baju tahanan setelah ditahan di Rutan Polda Metro Jaya, Senin (24/10/2022) malam. [Antara/Fianda Sjofjan Rassat]

Teraskabar.com - Kasus yang menyeret mantan kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra terus bergulir. Penyidik Ditrenarkoba Polda Metro Jaya terus merampungkan berkas sang jenderal bintang dua Polri.

Penyidik saat ini tengah melengkapi berkas perkara untuk segera ke tahap satu, dua terkait tersangka kasus peredaran narkoba.

"Jika sudah tuntas pemberkasan perkara tersangka, maka akan segera kirim ke kejaksaan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan di Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Hingga saat ini Teddy yang batal jadi Kapolda Jawa Timur atas surat telegram mabes Polri karena kasusnya. Masih menginap di sel tahanan narkoba Polda Metro Jaya.

"Ia menjalani masa tahanan 20 hari di Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, masa tahanan akan maksimal oleh penyidik selama pemberkasan perkara kasus narkoba Irjen Teddy Minahasa," ucap Kombes Endra Zulpan.

Baca Juga: Indeks Mutasi Polri, 4 Jenderal Dimutasi Termasuk Kapolda Sumbar Teddy Minahasa

Teddy Minahasa Putra hingga saat ini telah delapan hari berada dalam kurungan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya. Proses penahanan terhadap jenderal bintang 2 emas di pundak itu terhitung, Senin 24 Oktober 2022.

Polda Metro Jaya menetapkan Irjen Teddy Minahasa sebagai tersangka dalam kasus peredaran narkotika jenis sabu-sabu, Jumat 14 Oktober 2022.

Dalam perkara kasusnya itu, Teddy diduga memerintahkan anggotanya sesama Polri, AKBP Dody Prawiranegara mantan Kapolres Bukittinggi untuk menyisihkan barang bukti narkoba, seusai pengungkapan kasus penangkapan 41,4 kilogram sabu.

Saat pemusnahan barang bukti sabu tertanggal 15 Juni 2022, dari pemusnahan itu sebagian sabu seberat lima kilogram menggantinya dengan tawas.

Terendusnya kasus narkoba tersebut berawal dari sederet pengungkapan kasus peredaran narkotika Polres Metro Jakarta bersama Polda Metro Jaya.

Menurut data kepolisian, 1,7 kilogram sabu telah beredar, adapun sisanya 3,3 kilogram berhasil disita polisi narkoba.

Baca Juga: Amankan 38 Kg Sabu, Polisi Tangkap Pengedar Narkoba Lintas Negara

Pada kasus ini Irjen Teddy Minahasa Putra tersandung hukum karena melanggar Pasal 114 Ayat 3 sub Pasal 112 Ayat 2 Jo Pasal 132 Ayat 1 Jo Pasal 55 UU Nomor 35 Tahun 2009. Ancaman maksimal hukuman mati dan minimal 20 tahun penjara. [*]

Sumber Artikel : Suara

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Puluhan anggota tim kemanusiaan Badan Intelijen Negara (BIN) jalan kaki, tebar bantuan logistik di Gunung Lanjung Cianjur, daerah terisolir
Puluhan Agen Intelijen Indonesia Jalan Kaki, Tebar Bantuan di Gunung Lanjung Cianjur
Mensos Tri Rismaharini Bantu Penjual Nasi Padang, Paketin Buat Korban Gempa Cianjur
Mensos Tri Rismaharini Bantu Penjual Nasi Padang, Paketin Buat Korban Gempa Cianjur
Sosok Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto belum terlalu familiar profilnya di tengah masyarakat. Ini data profil dan biodata Agus Andrianto penerus Listyo Sigit Prabowo.
Pengganti Listyo Sigit Prabowo: Komjen Agus Andrianto Terimbas Isu Aliran Dana Tambang Liar
Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan jemput paksa dua bekas suruhan Ferdy Sambo. Kedua orang itu merupakan anggota Div Propam Polri, yakni Radite Hernawa dan Agus Saripul Hidayat.
Obstruction of Justice Hendra dan Agus Gagal, Ketua RT Ferdy Sambo Sakit
Muhammad Kadafi dan Bupati Lampung Tengah Diperiksa KPK: Suap Rektor Unila
Muhammad Kadafi dan Bupati Lampung Tengah Diperiksa KPK: Suap Rektor Unila
Bintang OnlyFans Alaw Haf open harga dan berikan diskon bagi pengguna situs dewasa, andai kata Timnas Wales jebol babak grup Piala Dunia
Bintang Panas OnlyFans Alaw Haf Banting Harga, Kalau Wales Lolos Piala Dunia 2022 Qatar