Permudah Izin Usaha: Agam Sukses Optimalkan Layanan Digital

Permudah Izin Usaha: Agam Sukses Optimalkan Layanan Digital

Aplikasi OSS-RBA [Foto: Teraskabar/Canva]

Teraskabar.com - Layanan digital pemerintah Kabupaten Agam memudahkan masyarakat mengurus izin usaha. Bahkan tercatat sebanyak 8.288 izin usaha terbit di tahun 2022.

Jumlah tersebut meningkat bila membandingkan angka tahun 2021, yang tercatat 4.844 di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan Agam, Sumatera Barat.

Dengan adanya layanan digital besutan Pemkab Agam, seperti Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) maupun aplikasi Cerdas layanan Perizinan Terpadu untuk Publik (Sicantik). Masyarakat daerah dapat mengurus segala macam izin usaha mereka dengan gampang.

"Hadirnya Aplikasi OSS-RBA memudahkan warga mengurus usaha mikro kecil dan usaha lainnya. Termasuk Aplikasi Sicantik, yang berfungsi sebagai layanan izin praktik seperti kesehatan, dan izin personal praktik misalnya bidan, perawat maupun dokter," kata Kadis DPMTSP-Naker Agam, Muhammad Luthfi AR, Kamis (22/12/2022).

Cara Mengurus Izin Usaha di Agam

Baca Juga: Mencari Ikan, Nelayan Tenggelam di Pantai Tiku Agam

Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat memudahkan masyarakat buat mengurus izin usaha, cukup melalui aplikasi dengan mengisi formulir dengan memenuhi syarat. Seperti KTP, email, dokumen usaha dan berkas sesuai kategori bidang usaha.

"Melalui aplikasi tersebut, Pemkab Agam menjadi sumber big data. Ini memudahkan kita dalam pengelolaan dan kebutuhan lainnya, serta melakukan pengawasan," ucap Muhammad Luthfi AR. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Viral! kronologi tewasnya tiga pemotor di Padang, yang merupakan remaja. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat viral, lantaran rekaman cctv beredar.
Tuai Pro Kontra Netizen, Polisi Urai Kronologi Tewasnya Tiga Pemotor di Padang
Ratusan Pemuda Ikut Kaderisasi Raya GP Ansor Sumbar di Padang. Teraskabar.com - Seratusan pemuda mengikuti kaderisasi raya di Padang, Sumatera Barat, 20 sampai 22 Januari 2023 yang digelar Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Sumbar di Asrama Haji.
Ratusan Pemuda Ikut Kaderisasi Raya GP Ansor Sumbar di Padang
NA Perkaos Kakak dan Adik di Sijunjung Sumbar, AR Tidak Tahan. Teraskabar.com - Kakak dan Adik, paman perkaos sejak April 2022 sampai Januari 2023.
NA Perkaos Kakak dan Adik di Sijunjung Sumbar, AR Tidak Tahan
Imbas Tahanan Kabur dari Polsek: Polres dan Polsek di Sumbar Siap-Siap. Teraskabar.com - Imbas tahanan Polsek Lubuk Begalung kabur dari sel penjara, beberapa hari lalu, siap-siap Polres dan Polsek bakal jadi sorotan.
Imbas Tahanan Kabur dari Polsek Lubeg: Polres dan Polsek di Sumbar Siap-Siap
Ayah Aniaya 2 Anak Kandung di Pasaman, Satu Meninggal Dunia Teraskabar.com - Ayah diduga aniaya anak kandung terjadi di Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar).
Ayah Aniaya 2 Anak Kandung di Pasaman, Satu Meninggal Dunia