Pengganti Listyo Sigit Prabowo: Komjen Agus Andrianto Terimbas Isu Aliran Dana Tambang Liar

Sosok Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto belum terlalu familiar profilnya di tengah masyarakat. Ini data profil dan biodata Agus Andrianto penerus Listyo Sigit Prabowo.

Kabareskrim Komjen Agus Andrianto. [Foto: Dokumentasi Pribadi]

Teraskabar.com - Nama Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto kembali jadi sorotan, terimbas isu aliran dana tambang liar di Kalimantan Timur.

Penyambung Listyo Sigit Prabowo itu terseret seusai Hendra Kurniawan mengungkap perkara tersebut di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Hendra merupakan sosok yang juga terseret namanya dalam pembunuhan berencana Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat oleh Ferdy Sambo Dkk.

Ia membeberkan pernyataan, kalau Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto terima setoran uang koordinasi sekait tambang ilegal di Kalimantan Timur.

Bukan saja Hendra, saat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan(Jaksel), Ferdy Sambo mengurai, saat ia menjabat Kadiv Propam Polri, ia menandatangani surat laporan penyelidikan tersebut.

Baca Juga: Obstruction of Justice Hendra dan Agus Gagal, Ketua RT Ferdy Sambo Sakit

Pada laporan itu Agus dikatakan menerima uang koordinasi Ismail Bolong senilai Rp2 miliar setiap bulannya sebanyak 3 kali sehingga totalnya Rp 6 miliar.

Sepak Terjang Agus Andrianto dan Biodata Profil

Nama Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto kembali jadi sorotan, terimbas isu aliran dana tambang liar di Kalimantan Timur.Penyambung Listyo Sigit Prabowo itu terseret seusai Hendra Kurniawan mengungkap perkara tersebut di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, baru-baru ini.
Profil biodata Komjen Agus Andrianto, potret foto bersama istri tercinta. [Foto: Dokumentasi Pribadi]

Sosok Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto belum terlalu familiar profilnya di tengah masyarakat. Ini data profil dan biodata Agus Andrianto penerus Listyo Sigit Prabowo.

Lantas siapa sebenarnya Agus Andrianto? Simak profil Komjen Agus Andrianto berikut ini. Komjen Agus Andrianto merupakan pria kelahiran 16 Februari 1967 di Blora, Jawa Tengah (Jateng).

Ia merupakan lulusan Akpol (Akademi Kepolisian 1989. Dinas awal sebagai Perwira Samapta di Polre Dairi, Sumatera Utara pada tahun 1990.

Kemudian tahun 1992, Komjen Agus Andrianto terangkat sebagai Kapolsek Sumbul, Sumatera Utara (Sumut). Kemudian berpindah ke Polrestabes Medan, 1999 ketika itu Agus Andrianto menjabat sebagai Kasat Reserse, dan bergeser ke Polda Jawa Timur di tahun 2005, dan sebagai Kabag Reserse Mobile Biro Pembinaan Operasi Bareskrim 2011.

Perannya dalam kepolisian terutama reserse, membuat Agus berpindah jabat sebagai Direktur Psikotropika dan Prekursor Deputi Bidang Pemberantasan di Badan Narkotika Nasional (BNN), 2015.

Baca Juga: Kasus Hendra dan Agus, Jaksa Ancam Jemput Paksa Eks Suruhan Ferdy Sambo

Tahun 2019, Agus Andrianto jabat Kepala Bahan Pemeliharaan Keamanan Polri, yang kemudian tertanggal 24 Februari 2021 terangkat sebagai Kabareskrim Polri.

Posisi Kabareskrim Polri sebagai penyambung Listyo Sigit Prabowo, Kapolri yang Presiden Joko Widodo lantik pada 27 Januari 2021. [*]

Sumber Artikel : teraskabar.com

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Antusiasme Rakyat Sumbar Sambut Anies Baswedan Tinggi
Antusiasme Rakyat Sumbar Sambut Anies Baswedan Tinggi
WALHI Sumbar menyorot daerah kawasan bencana di dua kelurahan Bungus Teluk Kabung, Padang. Yoni Candra: Wali Kota Padang tidak aspiratif %
Dua Kelurahan Bungus Teluk Kabung Terancam Bencana, Yoni Candra: Walikota Padang Tidak Aspiratif
Jelang safari politik Anies Baswedan ke Sumatera Barat. Wasekjen Bidang Pemenangan Pemilu Jakfar Sidik meninjau sejumlah titik kunjungan calon presiden 2024, Jumat (2/12/2022). "Anies datang untuk masyarakat Sumatera Barat. Ini semacam Salam Pasambahan dari Partai NasDem untuk seluruh penduduk di ranah tacinto ini," ujar Jakfar.
Anies Baswedan untuk Rakyat Sumbar, Jakfar Sidik: NasDem Pastikan Meriah
- Anak-anak di pengungsian terdampak gempa bumi M 5.6 Cianjur di Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, kembali bersekolah, Jumat (2/12/2022).
Anak Anak Pengungsian Gempa Bumi M 5.6 Cianjur Bersekolah
Sambut kedatangan Anies Baswedan di Sumbar, sebanyak 35 ribu kupon untuk agenda seperti jalan sehat bersama Anies habis, kata Ka'bati selaku koordinator kehumasan acara penyambutan Anies Baswedan, Kamis (1/12/2022).
Puluhan Ribu Warga Siap Sambut Anies Baswedan di Sumbar, Ka'bati: 35 Ribu Kupon Habis
Teraskabar.com - Fadli Zon kritik sejumlah lembaga survei yang melakukan survei terhadap elektabilitas kandidat calon presiden, termasuk dalam hal ini Prabowo Subianto.
Eletakbilitas Prabowo Rendah, Fadli Zon Kritik Lembaga Survei Calon Presiden