Penerbangan Kuala Lumpur-Padang, Eka Putra: Tanah Datar Paling Siap Sambut Wisatawan Mancanegara

Eka Putra Tanah Datar Paling Siap Sambut Wisatawan Mancanegara (@teraskabarcom)

Bupati Tanah Datar, Eka Putra menyapa para bundo saat Festival Pesona Barulak, yang digela 24-26 September 2022. [Foto: Hijrah]

Teraskabar.com - Bukanya penerbangan internasional dari Kuala Lumpur ke Bandara Internasional Minangkabau (KUL-PDG) merupakan salah satu momentum bagi dunia pariwisata, khususnya Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Bupati Tanah Datar Eka Putra meminta seluruh pihak di Tanah Datar menangkap peluang ini untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dari pariwisata.

"Siapkan destinasi kita, ketika pelancong dari negara tetangga datang, siapkan suvenir dan produk UMKM kita agar siap terbeli dan di bawa pulang oleh pengunjung," pesan Eka Putra.

Menurut Eka, Tanah Datar adalah salah satu destinasi wajib yang biasanya di kunjungi wisatawan dari Malaysia. Sebab, ada ikatan emosional antara pengunjung asal Malaysia dengan Tanah Datar sebagai Luhak nan Tuo.

"Sebagian besar selalu ingin berkunjung ke Pagaruyung, ingin berkunjung ke Puncak Pato, ingin berkunjung ke Pariangan, dan destinasi lainnya. Karena mereka ingin tahu tentang budaya Minangkabau, dan kita siap untuk menyambut tamu yang datang," papar alumni Lemhanas PPRA ini.

Kemudian, menurut Eka dengan menetapkannya Istana Basa Pagaruyung sebagai destinasi rangking satu dalam kategori daya tarik wisata halal (DTWH) se- Sumatera Barat, otomatis akan menjadi nilai tambah, dan meyakinkan pengunjung untuk datang ke Pagaruyung.

Sementara kawasan Puncak Bukit Marapalam, yang berada di Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara adalah peraih ranking 2, pemenang apresiasi desa wisata tingkat Sumbar.

Lalu, Pariangan adalah 50 besar nasional untuk Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) oleh Kementerian Pariwisata.

Festival Pesona Barulak 2022 Sumarak di Tanah Datar, Kembalinya Sejarah Batu Balai Barundiang
Sambutan saat Pesona Barulak 2022 di Tanah Datar, Sumatera Barat, 24-26 September 2022 di Nagari Barulak. [Foto: Ladofadoredo]

"Tanah Datar juga memiliki program satu nagari satu event. Semua hal di atas semakin memperkuat alasan orang harus berkunjung ke Tanah Datar, " jelas Eka.

Meski begitu, Eka meminta Dinas Parpora Tanah Datar mengecek kesiapan destinasi agar siap menanti wisatawan mancanegara. "Siapkan juga desa wisata yang memang sudah siap menanti tamu. Cek kebersihan kawasan wisata, cek toilet, cek souvenir dan cek juga paket wisata yang tersedia," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Bandara Internasional Minangkabau di Sumatera Barat kembali melayani penerbangan internasional rute Padang-Kuala Lumpur mulai 1 Oktober 2022 setelah dua tahun terakhir ditutup akibat pandemi Covid-19.

"Penerbangan akan dilayani oleh maskapai AirAsia dengan frekuensi dua kali seminggu, setiap Selasa dan Sabtu," kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau Siswanto di Padang Pariaman, Sumatera Barat, Minggu (25/9/2022).

Menurut dia, pihak Air Asia telah menyampaikan jadwal resmi penerbangan BIM-Kuala Lumpur pada Oktober 2022.

Untuk penerbangan dari Kuala Lumpur, Air Asia terbang pukul 07.40-08.50 LT, sedangkan dari BIM ke Kuala Lumpur pukul 08.30-09.40 LT.

Baca Juga: Festival Pesona Barulak 2022 Sumarak di Tanah Datar, Kembalinya Sejarah Batu Balai Barundiang

Ia menyampaikan dengan kembali bukanya rute ini diharapkan akan mendorong gairah ekonomi dan pariwisata Sumatera Barat. "Sebelum pandemi Covid-19 rute Padang-Kuala Lumpur merupakan satu satunya pintu penerbangan Internasional ke BIM," ujarnya. [*/TK]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Sate salah satu makanan favorit, apalagi di suasana saat ini. Yuks, nikmati dan coba resep sate jamur tiram dengan bumbu kecap. Simak panduan lengkap dan simple di bawah ini, Minggu (27/11/2022).
Resep Sate Jamur Tiram Bumbu Kecap, Lengkap dan Simple
Puluhan anggota tim kemanusiaan Badan Intelijen Negara (BIN) jalan kaki, tebar bantuan logistik di Gunung Lanjung Cianjur, daerah terisolir
Puluhan Agen Intelijen Indonesia Jalan Kaki, Tebar Bantuan di Gunung Lanjung Cianjur
Tercatat 56 guru meninggal dunia saat gempa Cianjur, Jawa Barat, saat peristiwa gempa magnitudo 5,6, Senin (21/11/2022). Jumlah tersebut masuk dalam data jumlah korban gempa bumi Cianjur, dan ratusan luka-luka berdasar data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat, 26 November 2022.
Gempa Cianjur Jawa Barat : Puluhan Guru Meninggal Dunia
Hingga Jumat (25/11/2022) kemarin, tercatat 248 gempa susulan terjadi. Getaran gempa tersebut pasca gempa Cianjur magnitudo 5,6 skala richter mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, 21 November 2022.
BMKG: 248 Gempa Susulan Mengguncang Cianjur Jawa Barat, BNBP: 310 Warga Meninggal
Menteri Sosial Tri Rismaharini juga menambah dapur umum yang berlokasi di Bekasi maupun di Jakarta. Dapur umum tersebut beroperasi mulai Sabtu ini, Sabtu (26/11/2022).
Menteri Sosial Tri Rismaharini Tambah Dapur Umum Buat Korban Gempa Cianjur
Mensos Tri Rismaharini Bantu Penjual Nasi Padang, Paketin Buat Korban Gempa Cianjur
Mensos Tri Rismaharini Bantu Penjual Nasi Padang, Paketin Buat Korban Gempa Cianjur