Pemilu 2024, Bawaslu Dharmasraya Tidak Perpanjang Pendaftaran Panwascam

Teraskabar.com - Sebanyak 485 pendaftar calon anggota Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan) Pemilu 2024 mendaftar di Bawaslu Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Ilustrasi kantor Bawaslu [Foto: Canva]

Teraskabar.com — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dharmasraya menyebutkan, pihaknya berkemungkinan tidak akan memperpanjang jadwal pendaftaran pengawas pemilu kecamatan (Panwascam). Pasalnya, kuota dua kali kebutuhan dan keterwakilan perempuan telah terpenuhi.

“Karena sudah terpenuhi maka berkemungkinan tidak ada perpanjangan,” kata Koordinator Divisi Pengawasan Humas, dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Dharmasraya, Laila Husni, Rabu (28/9/2022).

Secara jumlah pendaftaran kuota dua kali kebutuhan dan keterwakilan perempuan 30 persen telah terpenuhi. Selanjutnya bawaslu akan melakukan penelitan administrasi terhadap bahan yang tidak memenuhi (TMS) syarat dan memenuhi syarat (MS).

"Penelitian dua hari, 28-30 September, selama proses itu kami menetapkan dalam rapat pleno, apakah kemungkinan ada perpanjangan atau tidak," ujar Laila Husni

Sejauhh ini daftar pendaftar calon Panwascam sebanyak 212 pelamar, terdiri 142 laki-laki dan perempuan 70 pelamar.

"Terbanyak itu di Kecamatan Pulau Punjung sebanyak 37, dan sebanyak 11 pelamar di Kecamatan Tiumang," ungkapnya.

Bawaslu Dharmasraya akan melakukan tes tertulis calon Panwascam Pemilu 2024, dengan metode Computer Assisted Test (CAT), 14 sampai 16 Oktober 2022.

"Tes menggunakan komputer dapat menjaga objektivitas dan integritas bawaslu sebagai pelaksana rekrutmen," kata Laila.

Adapun hasil tes tertulis calon anggota Panwascam, 17 Oktober 2022. Kemudian tes wawancara 18 sampai 22 Oktober, pengumuman hasil tes wawancara 25 Oktober 2022.

Baca Juga: Dua Kecelakaan Jalan Lintas Sumatera Renggut Nyawa Pesepeda Motor

"Pelantikan berlangsung 26-28 Oktober 2022 bagi anggota Panwascam yang terpilih," tutupnya. [*'TK]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Fadli Zon pasca nyinyir, minta terima kasih kepada Presiden Jokowi terkait hubungan kedekatan dengan Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto
Sering Nyinyir Kerja Jokowi, Fadli Zon Malah Minta Terima Kasih
Survei capres 2024 terbaru saat ini Prabowo Subianto dan Anies Baswedan tersalip oleh Ganjar Pranowo, adapun Prabowo dan Anies saling bersaing di peringkat posisi kedua.
Survei Capres: Prabowo dan Anies Baswedan Kena Salip Ganjar Pranowo
Agus Harimurti Yudhoyono mendapat kritik dari loyalis pendukung Ganjar Pranowo. Bahkan menyebut AHY 'Miskin Literasi', rakyat hanya perlu makan.
Rakyat Hanya Butuh Makan: Loyalis Ganjar Sebut AHY Miskin Literasi
Presiden Jokowi Minta Pemda Redam Kenaikan Harga, Ganjar Pranowo: Pakai Skenario
Prabowo Subianto Terima Restu Jokowi, Presiden: Sejak Awal Saya Dukung Beliau
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan kalau dirinya selalu memberikan restu kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.
Pengamat Ini Bedah Soal Isu Jokowi Ketum PDI Perjuangan, Tony: Disharmonisasi
Katanya: Doakan Jokowi Ketum PDIP 2024, Ganjar Pranowo Bilang Ini
Jokowi Ketum PDI Perjuangan, Gibran Menjawab