Pedagang Pasar Kota Bukittinggi Minta Pemkot Akomodir

Beberapa waktu lalu pedagang pasar Kota Bukittinggi, desak pemkot setempat untuk bertindak terkait pengelolaan pasar rakyat.

Jam Gadang Kota Bukittinggi, Sumatera Barat [Foto Putra Aksara/Halbert]

Teraskabar.com - Beberapa waktu lalu pedagang pasar Kota Bukittinggi, desak pemkot setempat untuk bertindak terkait pengelolaan pasar rakyat.

Hanya saja menurut pedagang, pemerintah Kota Bukittinggi tidak mengakomodir aspirasi mereka.

Ini terungkap saat pedagang ikut dalam sosialisasi di kantor balai kota, Kamis 3 November 2022. Perwakilan pedagang, Dean menilai kalau sejumlah aturan dalam peraturan daerah (perda) banyak pasal tidak berpihak pada pedagang.

"Maka pedagang meminta untuk melakukan revisi," kata Dean.

Sayangnya sela salah satu pedagang lainnya, Young, usulan dari pedagang tidak terakomodir dalam peraturan daerah kota Bukittinggi.

Saat pembahasan antara Pemkot Bukittinggi dengan pedagang pasar, Martias Wanto selaku Sekdako mengawali terkait Perda Nomor 3 tahun 2022 tentang Pengelolaan Pasar Rakyat.

Katanya, Pasar Rakyat merupakan kelolaan dan fasilitas buat pedagang dalam pengelolaan pemerintah daerah, mulai dari toko, kios maupun lapak pedagang.

Penguasaan pengelolaan itu termaktub dalam Perda Kota Bukittinggi Nomor 22 tahun 2004 tentang pengelolaan dan retribusi pasar.

Baca Juga: WALHI Sumbar Desak Pemprov Tegas Tindak Tambak Udang

"Peraturan itu sebagaimana telah dua kali berubah, dan terakhir Perda Nomor 15 tahun 2013
2013 tentang retribusi pasar grosir dan atau pertokoan," cakap Martias Wanto i depan pedagang.

Perda Pasar Rakyat sambung Martias Wanto, sebagai payung hukum bagi pemerintah, sebagai pemilik fasilitas, termasuk pemakai atau penerima manfaat dari fasilitas.

Hanya saja sejak ada peraturan daerah tersebut di tahun 2019, masih ada tarik ulur soal poin dalam peraturan pasar rakyat tersebut.

Pemerintah Kota Bukittinggi tidak dapat mengakomodir kebutuhan pedagang pasar lantaran melanggar perundang-undangan.

Baca Juga: BPPW Sumbar Dorong Pembangunan Fase VII Pasar Raya Padang

"Beberapa poin itu terkait pemakaian toko maupun kios yang mendapat kartu kuning. Itu kan agunan," ucap Sekdako Bukittinggi, Martias Wanto.

Adapun isi dari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 tahun 2022 itu terdiri 46 pasal yang menyertai dan telah sah bersama legislator, 10 Oktober 2022. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Cadangan devisa Jepang di Oktober 2022 benar-benar anjlok setelah September di tahun ini juga mengalami hal yang sama.
Cadangan Devisa Jepang Anjlok di Tengah Intervensi Mata Uang Asing
Beberapa kampus di Amerika Serikat telah menaikkan uang kuliah, selama masa pandemi Covid-19. Bahkan kenaikan mempengaruhi biaya para mahasiswa internasional, yang belajar di sana. Ancaman resesi 2023 di Amerika Serikat berdampak terhadap para mahasiswa,
Pengaruh Resesi Amerika Serikat Bagi Pelajar Asia dan India
Bank Dunia mencairkan dana sebesar $500 juta atau setara Rp. 7,778,650,000,000.- (pasar mata uang-red) untuk menolong Ukraina, anjlok 35 %
Ekonomi Ukraina Anjlok, Bank Dunia Kucurkan Uang $500 Juta
Puluhan anggota tim kemanusiaan Badan Intelijen Negara (BIN) jalan kaki, tebar bantuan logistik di Gunung Lanjung Cianjur, daerah terisolir
Puluhan Agen Intelijen Indonesia Jalan Kaki, Tebar Bantuan di Gunung Lanjung Cianjur
Tercatat 56 guru meninggal dunia saat gempa Cianjur, Jawa Barat, saat peristiwa gempa magnitudo 5,6, Senin (21/11/2022). Jumlah tersebut masuk dalam data jumlah korban gempa bumi Cianjur, dan ratusan luka-luka berdasar data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat, 26 November 2022.
Gempa Cianjur Jawa Barat : Puluhan Guru Meninggal Dunia
Hingga Jumat (25/11/2022) kemarin, tercatat 248 gempa susulan terjadi. Getaran gempa tersebut pasca gempa Cianjur magnitudo 5,6 skala richter mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, 21 November 2022.
BMKG: 248 Gempa Susulan Mengguncang Cianjur Jawa Barat, BNBP: 310 Warga Meninggal