Pakai Model Bisnis Moneter, Bank Indonesia Mulai 'Garap' Uang Rupiah Digital

Teraskabar.com - Bank Indonesia miliki tiga tujuan pengembangan rupiah sebagai mata uang digital kedepan. BI meyakini mampu melakukan hal itu dengan memakai model bisnis moneter dan pasar uang.

Ilustrasi uang rupiah digital Indonesia [Foto: Canva Premium/Teraskabar]

Teraskabar.com - Bank Indonesia miliki tiga tujuan pengembangan rupiah sebagai mata uang digital kedepan. BI meyakini mampu melakukan hal itu dengan memakai model bisnis moneter dan pasar uang.

Proyek dengan sebutan Garuda itu bakal Bank Indonesia 'garap' dengan memamerkan rumusan rupiah digital Indonesia, dan tentunya kata Gubernur BI Perry Warjiyo dengan mempertimbangkan asas manfaat atau risiko.

"Ya, kami (BI-red) mulai mempersiapkan penerbitan rupiah digital," kata Gubernur BI Perry Warjiyo, melansir dari keterangan resminya dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, Rabu (30/11/2022).

Perry Warjiyo menerangkan, akan memulai secara bertahap dan berawal dari wholesale Central Bank Digital Currency (CBDC) untuk penerbitan, pemusnahan dan transfer antar bank.

Tiga tujuan utama Bank Indonesia dalam penerbitan rupiah digital, pertama sebagai BI sebagai otoritas tunggal dalam menerbitkan mata uang termasuk mata uang digital.

Baca Juga: Mahar Nikah Kaesang Pangarep Dituding Picu Moneter Indonesia! BI Buka Suara

Kedua memperkuat peran Bank Indonesia di kancah internasional, dan ketiga mengakselerasi integrasi EKD secara nasional.

Mungkinkah Bitcoin BULL Bisa Naik, Atau BTC Masih Mempertahankan Harga
Bitcoin {BTC). [Foto: Canva Premium/Teraskabar.com]

"Penggunaan rupiah digital juga akan diperluas dengan model bisnis operasi moneter dan pasar uang, dan akhirnya pada integrasi wholesale digital rupiah dengan ritel digital rupiah secara end to end," imbuh dia.

Penerbitan WP ini diharapkan menjadi katalisator pengembangan desain CBDC ke depan, agar penerapan dapat sesuai konteks dan karakteristik kebijakan.

Menurut Bank Indonesia atau BI dengan memanfaatkan CBDC, dapat menjaga kedaulatan Rupiah di era digital. Mendobrak integrasi ekonomi dan keuangan digital, dan bukan itu saja akan memberi peluang inklusi keuangan yang merata dan berkelanjutan.

Baca Juga: Negara Beli Rumah Buat Jokowi, Ini Respon Putranya Gibran Rakabuming Raka

Hingga saat ini Rupiah digital sebagai mata uang pasar digital masih dalam tahap pengembangan, dan Bank sentral Indonesia itu sedang melakukan eksplorasi serta membaca peta terkait pengembangan mata uang uang digital rupiah di masa depan. [*]

Sumber Artikel : Suara

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Muhammad David Mawardi terpilih sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Padang Pariaman
Muhammad David Mawardi Nakhodai KNPI Padang Pariaman
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Teraskabar.com - Aksi heroik sopir pick up dan polisi Satlantas Polres Padang Pariman gagalkan aksi jambret di Ampang, Kota Padang mendapat apresiasi dari netizen.
Aksi Heroik Sopir Pick Up Gagalkan Aksi Jambret di Ampang Padang Bareng Polisi Satlantas Padang Pariaman
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota. Teraskabar.com - 14 pemotor trabas yang tersesat atau hilang saat ekspedisi di Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota.
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota
NA Kabur ke Dharmasraya Usai Perkosa Dua Ponakan di Sijunjung. Teraskabar.com - NA paman dari kakak dan adik korban dugaan perkosaan itu sempat kabur Asam Jujuhan
NA Kabur ke Dharmasraya, Polisi Dorrr Paman Pemerkosa Dua Ponakan di Sijunjung