Motor Sering Hilang, Mahasiswa Prihatin Keamanan Kampus Unand

Universitas Andalas (Unand) mendapat sorotan mengenai keamanan kampus, motor sering hilang di Unand seperti di parkiran TI TL Fakultas Teknik

Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Unand gelar aksi terkait keamanan kampus. [Foto: Daffa Benny]

Teraskabar.com - Universitas Andalas (Unand) mendapat sorotan mengenai keamanan kampus, menyusul kasus-kasus hilangnya sepeda motor milik mahasiswa. Oleh karena itu, para mahasiswa mengadakan unjuk rasa, Jumat (14/10/2022).

Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Unand Padang mengkoordinir massa aksi itu. Menurut Menteri Kebijakan Kampus Muhamad Ramzy, setidaknya mahasiswa membawa 3 tuntutan.

Pertama, digitalisasi sistem keamanan kampus. Kedua, penambahan personil satpam dan pembuatan HTCK dan SOP hubungan kerja antara satpam dengan penjaga keamanan di fakultas. Ketiga, penambahan CCTV di titik-titik sentral.

"Faktor kami mengadakan aksi karena banyaknya kasus kehilangan motor yang dialami oleh mahasiswa yang lalai maupun tidak," ucapnya, Jumat (14/10/2022).

Ia juga menyorot CCTV yang tidak memadai serta kurangnya pos dan personel satpam.

Dalam aksi itu, mahasiswa mendorong motor dari Masjid Nurul Ilmi ke Rektorat sebagai simbol ketidak amanan kampus atas kendaraan bermotor.

Sebelumnya BEM KM Unand telah menyuarakan isu 'kampus tidak aman' melalui akun media sosial Instagram.

Pada Senin (10/10/2022), akun BEM KM telah nenyampaikan kasus-kasus kehilangan motor di Unand pada 2022.

Kasus pertama antara lain terjadi pada 2 April 2022 silam. Sebuah motor hilang di parkiran Fakultas Farmasi sekitar pukul 15.00.

Baca Juga: Satgas PPKS Ajak Mahasiswa Unand Awasi Kekerasan Seksual

Lalu, kasus hilangnya sepeda motor di parkiran samping perpustakaan Unand pada 17 Juni 2022.

Terkini, sebuah sepeda motor hilang di parkiran TI TL Fakultas Teknik, 28 September 2022 lalu. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Kondisi cuaca di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) hingga 23 November 2022, hujan disertai angin kencang. Beberapa titik bencana alam terjadi seperti longsor di kawasan Kecamatan Padang Selatan.
Longsor Bukit Peti Peti Padang Halangi Akses Masyarakat dan Kendaraan
Teraskabar.com - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menargetkan pembangunan jalan tembus dari Bayang-Alahan Panjang selesai sebelum 2024. "Proses pinjam pakai hutan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah rampung. Tinggal pembangunan fisik. Kita targetkan rampung di 2023," kata Mahyeldi di Bayang, Rabu (19/10/22).
Jalan Kampung Kamu Rusak Lapor di Padang Kiniko
Korban kebakaran di Padang, Jalan Sutan Syahrir mencapai Rp 300 juta, setelah petugas pemadam kebakaran Kota Padang melakukan pemadaman
Kerugian Korban Kebakaran di Padang Tertaksir Rp 300 Juta
- Baru-baru ini Semen Padang FC mengumumkan telah menarik kiper Timnas Indonesia U-17, Ikram Algiffari untuk memperkuat tim berjuluk Kabau Sirah itu. Selain kiper Timnas U-17 Ikram Algiffari, Semen Padang FC (SPFC) juga bakal mengontrak rekannya Nabil Asyura, top skor Garuda Asia.
Semen Padang FC Tarik Kiper Timnas U-17 ke Kabau Sirah
Garda Pemuda NasDem (GPND) Sumbar mengapresiasi kerja Satreskrim Polresta Padang dalam mengungkap kasus eksploitasi seksual komersial anak di Padang. Hal itu kata Wakil Ketua Garda NasDem Sumbar, Aliyas Candra, Senin (7/11/2022).
Ungkap Eksploitasi Seksual Komersial Anak, Garda Pemuda NasDem Aliyas Candra: Kita Perlu Apresiasi
Polisi membekuk pelaku eksploitasi seksual komersial anak di Padang, Sumatera Barat (Sumbar).
Polisi Bekuk Eksploitasi Seksual Komersial Anak Padang