Moderasi Beragama Solusi Menangkal Ekstremisme di Indonesia

Kemenag Sumbar gelar penguatan moderasi beragama bagi ASN di Sumatera Barat, Sabtu (17/9/2022)

Kemenag Sumbar gelar penguatan moderasi beragama bagi ASN di Sumatera Barat, Sabtu (17/9/2022)

Teraskabar.com - Paham ekstremisme merupakan tantangan Indonesia dalam keberagaman dan kebangsaan, sehingga membutuhkan moderasi beragama.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nizar Ali, paham esktremisme salah satu bagian dari berkembangnya sikap, cara maupun perilaku beragama yang ekstrim.

Sering mengabaikan martabat manusia (menghilangkan nyawa-red). "Dalam Islam tidak tidak boleh terjadi," kata Nizar Ali, baru-baru ini.

Perilaku beragama ektrim (ekstrem) menurut Nizar Ali masih saja terjadi di Indonesia. Sementara bangsa dan negara Indonesia bukan berlandas agama. Melainkan atas moderasi beragama yakni beribadah sesuai dengan keyakinan agama masing-masing.

"Ini sifatnya mabdiyun alassukuum, dan tidak bisa diubah, bahkan itu jelas sebelum kemerdekaan RI," ungkap Nizar Ali, di Aula Amal Bhakti I, Kantor Kemenag Sumbar, Sabtu (17/9/2022).

Tantangan bangsa dan masyarakat dalam bernegara di Indonesia yakni, terkait penyebaran ektresmisme, berkembang kebenaran subjektif dari tafsir agama.

Menurut Sekjend Kemenag Nizar Ali, berkembang kebenaran subjektif dari tafsir agama merupakan perbedaan pendapat. "Memang ini perbedaan pendapat, namun ada yang menghendaki satu paham. Sementara fikiran manusia tidak sama. Sementara warna warni perbedaan ini menjadi sebuah kekayaan yang luar biasa," terangnya.

Baca Juga: Nasib Effendi Simbolon Sebut 'TNI Gerombolan' Berujung Begini

"Sebagian besar perbedaan itu hanya soal  furu'iyah bukan soal akidah. Kalau soal akiqah semuanya sama, percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tapi soal ibadah, ada yang berbeda pendapat, ada yang shalat pakai qunut, pakai tahlil dan lain sebagainya," ulas Nizar Ali.

Konseptual moderasi beragama merupakan solusi dalam menciptakan harmonisasi di tengah masyarakat, dalam menekan ekstremisme beragama. "Moderasi beragama merupakan tawaran yang tidak dapat ditawar," terangnya.

Sekjen Kemenag menegaskan, moderasi beragama pada dasarnya menghadirkan negara sebagai rumah bersama. Adil dan ramah bagi bangsa Indonesia.

Baca Juga: Presiden Komitmen Bangun Demokrasi di Indonesia

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, Helmi mengatakan ASN Kemenag Sumatera Barat hingga sejauh ini mengusung dan melakukan penguatan moderasi beragama.

Pasalnya, Kemenag Sumbar punya tugas memberi layanan, sejuk dan pelopor pembina dalam mewujudkan harmonisasi antar umat beragama. "Alhamdulillah, sebanyak 360 ASN, 340 tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat serta Bhabinkamtibmas hadir," ujar Helmi.

Penguatan moderasi beragama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam kegiatan ini sebagai ruang penularan kesejukan di Sumatera Barat.

"Sehingga masyarakat maupun kita di Sumbar hidup rukun damai dalam menjalankan roda kehidupan," pungkas Helmi, Kakanwil Kemenag Sumbar. [*/PT)]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Garda Pemuda NasDem (GPND) Sumbar mengapresiasi kerja Satreskrim Polresta Padang dalam mengungkap kasus eksploitasi seksual komersial anak di Padang. Hal itu kata Wakil Ketua Garda NasDem Sumbar, Aliyas Candra, Senin (7/11/2022).
DPW Garda Pemuda NasDem (GPND) Sumbar Bagikan 100 Bibit Tanaman Buah di Tiga Kecamatan Padang
Sumbar Bukan Provinsi Intoleran, Ketum PGI: ABS SBK Buka Ruang Bagi Berbeda Suku-Agama. Pdt. Gomar Gultom, M.Th terpukau falsafah Minangkabau
Sumbar Bukan Provinsi Intoleran, Ketum PGI: ABS SBK Buka Ruang Bagi Berbeda Suku-Agama
Ketua DPD Partai NasDem Kota Padang Osman Ayub bersama pengurus dan perwakilan DPW NasDem Sumbar meresmikan kantor DPC Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Minggu (27/11/2022).
Pengurus DPD NasDem Padang Resmikan kantor dan Pengurus DPC Kecamatan Lubuk Kilangan
Momentum HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem 2022 di Sumatera Barat. Ketua Liga Mahasiswa NasDem (LMN) Sumbar, Budi Ramadhon mengatakan, selalu berbenah dan melancarkan program kerja.
HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem di Sumbar, Budi Ramadhon: Menguatkan Perjuangan
Milad ke-99 Diniyyah Puteri di Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar). Gubernur Mahyeldi menilai selama ini Diniyyah Puteri sudah berkontribusi banyak terhadap bangsa.
Milad ke-99 Diniyyah Puteri Padang Panjang, Mahyeldi: Mengukir Sejarah
Lembaga Bantuan Hukum (LBH) GP Ansor Sumbar layangkan pengaduan ke Komnas HAM Perwakilan Sumatera Barat, Jumat (4/11/2022).
Mahasiswa Ini Kadukan Kasus Kekerasan Bareng LBH GP Ansor Sumbar ke Komnas HAM