Masjid Raya Sumbar Jadi Pusat Pendidikan Islam dan Tradisional Wirid

Masjid Raya Sumbar atau Sumatera Barat di Padang jadi pusat pengembangan belajar agama (pendidikan Islam) dan wirid bagi pelajar.

AKSI BERSIH RUMAH IBADAH oleh SMK Negeri 6 Padang dalam rangka Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2019-2020.

Teraskabar.com - Masjid Raya Sumbar Sumatera Barat di Padang menjadi sentra wirid adat bagi pelajar, hal itu terungkap usai peresmian kegiatan oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, Rabu (28/11/2022) di masjid tersebut.

Menurut Gubernur Sumbar Mahyeldi, mengembangkan budaya adat Minangkabau berbarengan dengan ilmu agama akan saling terintegrasi. Sehingga generasi muda maupun masyarakat dan wisatawan akan berpadu.

"Integrasi budaya adat alam Minangkabau dengan ilmu agama berdampak baik, dan realisasi ABS SBK semakin kuat, dan salah satunya melalui wirid adat bagi pelajar," ungkap Mahyeldi.

Efek domini dari perpaduan pengembangan budaya adat dan agama bakal menjadi pembelajaran yang mengakar, sekaligus memberi penguatan untuk masyarakat daerah maupun perantau. Tidak tertutup kemungkinan juga menjangkau wisatawan (#visitwestsumatra).

Sekait dengan kegiatan itu, turut menambahkan Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Syaifullah, yang katanya kegiatan wirid adat ini berjadwal yakni sekali dalam satu bulan.

Baca Juga: Harapan Baru, PDAM Padang Bareng UPTD KPHL Bukit Barisan Tanam Durian Musang King

Kegiatan ini akan berpusat di Masjid Raya Sumbar, Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara. Sambung Syaifullah, bahwa tahun depan bakal melaksanakan kegiatan cerdas cermat.

"Agar generasi muda maupun pelajar dapat mempelajari tentang adat budaya Minangkabau," ungkapnya.

Pemprov Sumatera Barat meniatkan hal itu agar daerah jadi pusat pembelajaran ilmu agama dan budaya adat, yang mengacu Undang-Undang nomor 17 tahun 2022 tentang Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga: Perluas Tempat Salat Masjid Raya Sumbar, 2 Orang Ini Malah Korupsi Miliaran

Terpilihnya Masjid Raya Sumbar sebagai pusat wirid adat dan agama, karena berdampingan dengan gedung Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), kemudian gedung Bundo Kanduang dan kedepan akan berdiri tegak kantor Masjid Raya Sumbar. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Teraskabar.com - Aksi heroik sopir pick up dan polisi Satlantas Polres Padang Pariman gagalkan aksi jambret di Ampang, Kota Padang mendapat apresiasi dari netizen.
Aksi Heroik Sopir Pick Up Gagalkan Aksi Jambret di Ampang Padang Bareng Polisi Satlantas Padang Pariaman
Desak Tarif Angkot Naik, Mastilizal Aye: Pemilik Gabung Saja Sama Trans Padang Teraskabar.com - Ketua Organda Padang Mastilizal Aye memastikan harga tarif angkutan kota naik
Desak Tarif Angkot Naik, Mastilizal Aye: Pemilik Gabung Saja Sama Trans Padang
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Viral! kronologi tewasnya tiga pemotor di Padang, yang merupakan remaja. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat viral, lantaran rekaman cctv beredar.
Tuai Pro Kontra Netizen, Polisi Urai Kronologi Tewasnya Tiga Pemotor di Padang
Tiga Pemotor di Padang Tewas: Polisi Sebut Kecelakaan, Satpol PP Tawuran. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat memicu ragam asumsi netizen. Peristiwa tewasnya tiga pemotor terjadi Minggu (22/1/2023) malam viral
Tiga Pemotor di Padang Tewas: Polisi Sebut Kecelakaan, Satpol PP Amankan Tawuran