Marker: Robot Militer Rusia, Teknologi Baru dan Masa Depan

Sebelum Marker (robot militer Rusia) viral baru-baru ini. Ternyata sejak 2018, Foundation for Advanced Research berhasil uji coba robot itu

Robot militer Rusia terbaru saat uji coba di Region Training Center di Kosmodrom Vostochny [Foto: fpi.gov.ru]

Teraskabar.com - Sebelum Marker (robot militer Rusia) viral baru-baru ini. Ternyata sejak 2018, Foundation for Advanced Research (Pusat Nasional Pengembangan Teknologi dan Elemen Dasar Robotika kolaborasi NPO Androidnaya Tekhnika) berhasil menciptakan Marker (platform robot multiguna-red).

Marker telah berulang kali turun ke berbagai tempat untuk uji coba, peneliti maupun militer memastikan robot militer berteknologi baru itu apakah presisi atau tidak.

Robot Militer

Kemudian pada 7 Oktober di tahun 2021 Marker melakukan tahapan uji coba di Region Training Center (RTC), di Kosmodrom Vostochny, bahkan orang Pusat Sains dan Teknologi Okhrana dari Roscosmos State Corporation pun datang di RTC.

Saat pengujian di Region Training Center terlihat Marker versi beroda terlihat kokoh dengan model optoelektronik universal.

Robot militer tersebut melakukan patroli di sepanjang rute, dengan fungsi mendeteksi, indetifikasi serta mengintersepsi penyusup, dan berperang melawan musuh lewat pesawat tanpa awak.

Pengujian terhadap robot militer milik Rusia itu berlangsung 8-14 Oktober waktu setempat. Saat di RTC Marker berhasil mengkonfirmasi kemampuannya untuk mengemudi secara mandiri di sepanjang rute tertentu menggunakan sistem penglihatan.

Baca Juga: Meta Bongkar Jaringan Rusia Terbesar Sejak Perang Ukraina

Selama pengujian tiga hari itu, robot bisa menghindari rintangan, dan memiliki kemampuan mengintai, hebatnya lagi dapat mengirim laporan dengan ringkas lewat kekuatan baterai.

Manajer proyek Pusat Nasional untuk Pengembangan Teknologi dan Elemen Dasar Robotika, Arkady Petrosov mendapat penghargaan. Membuktikan teknologi untuk masa depan.

Hebatnya lagi robot Marker tersebut bisa mengindentifikasi peta wilayah yang belum ia jelajahi sebelumnya. "Market miliki kemampuan pengenalan objek secara baik, termasuk pergerakan mencurigakan di sekitarnya," ungkap Arkady Petrosov.

Teknologi Baru

Tujuan dari proyek pembuatan Marker adalah untuk menguji teknologi dan komponen baru di bidang sistem robotik berbasis darat.

Baca Juga: robot beroda Marke robot militer Rusia

Proyek ini berfokus terhadap visi teknis, komunikasi dan navigasi yang stabil. Mendeteksi gerakan mencurigakan di wilayah hukum keamanan negara. [*]

Sumber Artikel : topwar

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Telkomsel Gelar Internet BAIK Series 7 2023: Ajak Generasi Ciptakan Konten Digital Kreatif Sehat
Telkomsel Gelar Internet BAIK Series 7 2023: Ajak Generasi Ciptakan Konten Digital Kreatif Sehat
Harga HP ZBook Fury 17 G8 dan 7 Laptop Terbaik Untuk Desain Grafis 2023
Harga HP ZBook Fury 17 G8 dan 7 Laptop Terbaik Untuk Desain Grafis 2023
Teraskabar.com - Jam tangan Apple (Watch) kini dapat berfungsi sebagai kunci Tesla kamu. Walau tanpa internet, kamu dapat membuka mobil kamu yang bermerek Tesla.
Tanpa Internet, Apple Watch Bisa Buka Mobil Tesla Kamu
WhatsApp meluncurkan server proxy terbaru, dengan pembaruan terkini itu memungkinkan Aplikasi WhatsApp bisa terus menyala meskipun tanpa sinyal internet.
WhatsApp Luncurkan Server Proxy Terbaru, Ini Fungsi dan Cara Kerja WA
Begini cara jualan token non-fungible (NFT) di Apple App Store. Apple Inc memang dalam pekan terakhir melakukan pembaruan, agar para pengguna dapat terlindung dan menjaga data konsumen.
Gegara Ini Apple Kena Denda 132,6 Miliar
Harga laptop Chromebook 516 GE, review Acer lengkap desain dan tampilan, performa baterai dan cocok buat gamer, spesifikasi Acer Chromebook
Harga Laptop Acer Chromebook 516 GE, Lengkap Review Desain dan Tampilan, Performa Baterai