Mahyeldi Targetkan Jalan Tembus Bayang-Alahan Panjang Selesai 2023

Teraskabar.com - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menargetkan pembangunan jalan tembus dari Bayang-Alahan Panjang selesai sebelum 2024. "Proses pinjam pakai hutan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah rampung. Tinggal pembangunan fisik. Kita targetkan rampung di 2023," kata Mahyeldi di Bayang, Rabu (19/10/22).

Gubernur Sumbar Mahyeldi gunakain trail lewati jalan tembus Bayang-Alahan Panjang yang berlumpur dan dalam proses pengerjaan pembangunan. [Foto: Biro Adpim Setda Sumbar]

Teraskabar.com - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menargetkan pembangunan jalan tembus Bayang-Alahan Panjang selesai sebelum 2024.

"Proses pinjam pakai hutan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah rampung. Tinggal pembangunan fisik. Kita targetkan rampung di 2023," kata Mahyeldi di Bayang, Rabu (19/10/22).

Menurut Gubernur Mahyeldi, masyarakat sudah dapat melalui jalur jalan antara Kabupaten Pesisir Selatan dengan Alahan Panjang Kabupaten Solok sebelum tahun 2024.

Ia mengakui kendala awal dalam proses pembangunan jalan tembus Bayang-Alahan Panjang memang rumit, apalagi jalur tersebut masuk kawasan hutan lindung.

Walau demikian Pemprov Sumatera Barat berusaha mengupayakan ke kementerian untuk proses pinjam pakai. "Alhamdulillah, sekarang sudah ada izin walau sempat di awal kita terkendala," ujar Mahyeldi, Wali Kota Padang dua periode hasil pemilihan umum 2013 dan 2018.

Jalan tembus Bayang-Alahan Panjang merupakan jalur alternatif, bilamana jalur utama Padang via Bungus Teluk Kabung terputus. Kemudian jalur itu memang satu-satunya jalan yang hanya dapat truk BBM lewati dari Depo.

"Jalan ini (jalan tembus-red) bisa jadi alternatif untuk distribusi BBM jika jalan di Bungus terputus," ujar Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Unggan-Lintau Tanah Datar Terkendala Kawasan Hutan Nasional

Sekretaris Daerah Pesisir Selatan Mawardi Roska mengatakan, jalan tembus itu merupakan salah satu mimpi masyarakat Pesisir Selatan. Berharap perdagangan antara dua daerah akan memberikan efek langsung secara ekonomi pada masyarakat.

Selain sektor ekonomi, lanjut Mawardi Roska, jalur ini dapat mendorong sektor pariwisata di Pesisir Selatan. "Adanya jalan tembus, jarak tempuh makin singkat menuju wisata ke Pesisir Selatan," imbuhnya. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Menteri Sosial Tri Rismaharini juga menambah dapur umum yang berlokasi di Bekasi maupun di Jakarta. Dapur umum tersebut beroperasi mulai Sabtu ini, Sabtu (26/11/2022).
Menteri Sosial Tri Rismaharini Tambah Dapur Umum Buat Korban Gempa Cianjur
Mensos Tri Rismaharini Bantu Penjual Nasi Padang, Paketin Buat Korban Gempa Cianjur
Mensos Tri Rismaharini Bantu Penjual Nasi Padang, Paketin Buat Korban Gempa Cianjur
Sosok Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto belum terlalu familiar profilnya di tengah masyarakat. Ini data profil dan biodata Agus Andrianto penerus Listyo Sigit Prabowo.
Pengganti Listyo Sigit Prabowo: Komjen Agus Andrianto Terimbas Isu Aliran Dana Tambang Liar
Agus Harimurti Yudhoyono mendapat kritik dari loyalis pendukung Ganjar Pranowo. Bahkan menyebut AHY 'Miskin Literasi', rakyat hanya perlu makan.
Rakyat Hanya Butuh Makan: Loyalis Ganjar Sebut AHY Miskin Literasi
Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan jemput paksa dua bekas suruhan Ferdy Sambo. Kedua orang itu Radite Hernawa dan Agus Saripul, Kasus Hendra
Kasus Hendra dan Agus, Jaksa Ancam Jemput Paksa Eks Suruhan Ferdy Sambo
Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan jemput paksa dua bekas suruhan Ferdy Sambo. Kedua orang itu merupakan anggota Div Propam Polri, yakni Radite Hernawa dan Agus Saripul Hidayat.
Obstruction of Justice Hendra dan Agus Gagal, Ketua RT Ferdy Sambo Sakit