Mahar Nikah Kaesang Pangarep Dituding Picu Moneter Indonesia! BI Buka Suara

Mahar pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono tuai polemik di tengah publik, bahkan ada yang menuding kalau hal itu akan memicu moneter Indonesia.

Saat resepsi pagi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dengan memakai pakai Solo Putri di Pura Mangkunegaran. [Foto: Instagram/Kaesang Pangarep]

Teraskabar.com - Mahar pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono tuai polemik di tengah publik, bahkan ada yang menuding kalau hal itu akan memicu moneter Indonesia.

Walau Erina Gudono dan Kaesang Pangarep telah sah sebagai suami istri, akan tetapi masih ada pembahasan terkait putra bungsu Presiden Jokowi itu.

Salah satunya terkait mahar yang ia berikan hanya Rp 300 ribu. Itu mahar yang nominal paling kecil, dan kemudian viral. Apalagi Kaesang merupakan seorang putra bungsu dari kepala negara Indonesia.

Uang mahar pernikahan Kaesang memang Rp 300 ribu, dengan nomor seri unik dan memiliki arti. Tudingan soal moneter Indonesia terancam disampaikan Pengamat Ekonomi dan Politik, Anthony Budiawan.

Menurut Anthony Budiawan, secara kacamata awam memang kecil, akan tetapi ada dampak buruk dari mahar pernikahan adik Gibran Rakabuming Raka.

Mahar pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono tuai polemik di tengah publik, bahkan ada yang menuding kalau hal itu akan memicu moneter Indonesia.
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep sah atau resmi meminang Erina Gudono. [Foto: Instagram/Kaesangpangarep]

"Tapi inti persoalan dari kasus sangat mendasar, bisa membuat sistem moneter Indonesia terancam," katanya, melansri dari cuitan akun Twitter @AnthonyBudiawan, Sabtu 17 Desember 2022.

Baca Juga: Negara Beli Rumah Buat Jokowi, Ini Respon Putranya Gibran Rakabuming Raka

Anthony Budiawan mengindikasi Bank Indonesia (BI) tidak independen. Karena mencetak nomor seri khusus.

"Kebijakan BI cetak nomor seri khusus terindikasi tidak lagi murni, atau independen, dan di bawah eksekutif," tutur Anthony.

Bank Indonesia (BI) Buka Suara Nilai Mahar

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, mengatakan BI tidak secara khusus melakukan pencetakan uang yang menjadi mahar pernikahan Kaesang dan Erina.

Menurut Erwin, Bank Indonesia memang secara khusus mengeluarkan seri uang tersebut dari tempat penyimpanan atau khazanah untuk uang mahar pernikahan Kaesang demi promosi Rupiah desain baru.

Baca Juga: PayPal Kolaborasi Bareng MetaMask, Dompet Kripto

Mahar pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono tuai polemik di tengah publik, bahkan ada yang menuding kalau hal itu akan memicu moneter Indonesia.
Mahar Pernikahan Erina Gudono dan Kaesang Pangarep. [Foto: Dokumentasi Pribadi/Teraskabar]

Kata Erwin Haryono, bahwa tiap uang kertas keluaran Bank Indonesia miliki nomor seri khusus. Sehingga tidak ada yang nomor seri ganda, mengutip dari keterangan pers BI, Jumat (16/12/2022) kemarin.

Baca Juga: Rilis Novel Film Sword Art Online: Karakter dan Seni Pedang

Nomor seri khusus itu menerapkan pola kombinasi berurutan alias aritmetik mengikuti urutan huruf dan angka. BI mengklaim uang yang sudah dicetak kemudian disimpan di khazanah atau tempat penyimpanan uang kertas dan logam milik Bank Indonesia.

Artinya sewaktu-waktu uang Rupiah itu bisa keluar dari ruang penyimpanan untuk keperluan atau momen tertentu.

Jadi sambung Erwin, kalau uang seri khusus di pernikahan dan merupakan mahar Kaesang dan Erina sebenarnya sudah dicetak dan tersimpan di khazanah.

"Bukan pesan khusus lalu kami cetak baru, tetapi dari stok yang ada bisa kita carikan," beber Erwin, dan mengeluarkan itu tidak asal-asalan.

Bank Indonesia menilai seri khusus itu untuk sarana promosi Rupiah desain baru yang terbit 17 Agustus 2022. [*]

Sumber Artikel : Suara.com

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Muhammad David Mawardi terpilih sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Padang Pariaman
Muhammad David Mawardi Nakhodai KNPI Padang Pariaman
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Teraskabar.com - Aksi heroik sopir pick up dan polisi Satlantas Polres Padang Pariman gagalkan aksi jambret di Ampang, Kota Padang mendapat apresiasi dari netizen.
Aksi Heroik Sopir Pick Up Gagalkan Aksi Jambret di Ampang Padang Bareng Polisi Satlantas Padang Pariaman
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota. Teraskabar.com - 14 pemotor trabas yang tersesat atau hilang saat ekspedisi di Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota.
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota
NA Kabur ke Dharmasraya Usai Perkosa Dua Ponakan di Sijunjung. Teraskabar.com - NA paman dari kakak dan adik korban dugaan perkosaan itu sempat kabur Asam Jujuhan
NA Kabur ke Dharmasraya, Polisi Dorrr Paman Pemerkosa Dua Ponakan di Sijunjung