Lolos Verifikasi KPU, Partai Buruh Sumatera Barat Jabarkan 13 Platform Perjuangan

Partai Buruh lolos verifikasi administrasi dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, ada 13 platform Perjuangan Partai Buruh, Exco Sumatera Barat

Rustam Efendi Sekretaris Partai Buruh Exco Sumatera Barat saat menandatangani berita acara verifikasi pertama oleh KPU Sumbar di Kota Padang, Sumatera Barat, 16 Oktober 2022.

Teraskabar.com - Partai Buruh lolos verifikasi administrasi dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan partai politik atau parpol tersebut sebagai peserta Pemilu 2024 dengan nomor Urut 6.

Penetapan tersebut bersamaan dengan partai politik lainnya,14 Desember 2022. Pasca penetapan sebagai peserta pemilihan umum, pengurus Partai Buruh Sumatera Barat maupun di kabupaten dan kota di Sumbar mengucap syukur.

Partai Buruh besutan Said Iqbal tersebut kini terus bergerak dengan kekuatan kelas pekerja di bawah panji Partai Buruh sebagai parpol baru.

Kecapaian itu, saat bincang dengan Doni Alferi, Ketua Partai Buruh Exco Sumatera Barat mengatakan, atas dasar kesepakatan 11 organisasi massa yang menyatu dalam satu bendera perjuangan. Lahirnya Partai Buruh atas gerakan rakyat yang sadar akan negara yang berdaulat atas kemerdekaan, sambungnya.

"Mayoritas anggota 11 organisasi massa pendiri, telah merasakan bagaimana pahit getir-nya perjuangan sosio budaya dan sosio ekonomi, dalam mempertahankan hidup di bawah ancaman Neokolim," ungkap Doni Alferi.

Ia menuturkan, Partai Buruh mendeklamasikan diri sebagai Partai Alternatif dalam pergerakan rakyat untuk melindungi hak seluruh lapisan masyarakat. Organisasi sebagai pemilik sah negara yang berasal dari ribuan masyarakat adat di seluruh nusantara.

Baca Juga: Hari Ini KPU Beritahu Nomor Urut Partai Politik Ikut Pemilu 2024

Sederet pengisi Partai Buruh di Indonesia berasal dari berbagai latar belakang profesi, seperti petani, nelayan, buruh dan kaum miskin kota, ada juga dari pedagang kecil, asisten rumah tangga dan lainnya.

"Sebab itu kami tuangkan nilai juang dalam bentuk 13 platform perjuangan, guna mewujudkan negara sejahtera," ungkapnya.

13 Platform Perjuangan Partai Buruh

Jauh sebelum pengesahan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, Partai Buruh telah merancang 13 platform perjuangan rakyat untuk mewujudkan negara sejahtera.

Inilah ketiga belas dari platform perjuangan Partai Buruh yang resmi jadi peserta Pemilu 2024.

  1. Kedaulatan Rakyat.
  2. Lapangan Kerja.
  3. Pemberantasan Korupsi.
  4. Jaminan Sosial.
  5. Kedaulatan pangan dan Reforma Agraria.
  6. Upah Layak.
  7. Pajak yang berkeadilan untuk kesejahteraan rakyat.
  8. Hubungan Industrial.
  9. Lingkungan Hidup, HAM dan masyarakat adat.
  10. Perlindungan perempuan, anak-anak, PRT, buruh migran, miskin kota dan buruh informal.
  11. Pemberdayaan disabilitas.
  12. Perlindungan dan pengangkatan status PNS untuk seluruh tenaga pendidik honorer & tenaga honorer, serta peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik swasta dalam bentuk bergaji minimal upah minimum per bulan.
  13. Memperkuat koperasi dan BUMN bersama swasta sebagai pilar utama perkenomian.

Baca Juga: 8 Partai Politik Padang Sidempuan Verifikasi Faktual Pemilu 2024, Termasuk PSI

Sekretaris Rustam Efendi menambahkan, ketiga belas platform perjuangan itu menganut tiga prinsip.

"Ketiganya merupakan kesetaraan kesempatan; distribusi kekayaan yang adil dan merata: ketiga tangungjawab publik (negara atas rakyatnya-red)," ungkap Rustam, Sabtu (17/12/2022).

Katanya, Sumatera Barat bukanlah provinsi industri, maka Partai Buruh membulatkan tekad Perjuangan Reforma Agraria sebagai solusi. Kemudian di kawasan bagian kota meningkatkan kapasitas dan kapablitas para buruh agar memiliki organisasi yang kuat. Baik untuk mengelola internal maupun posisi tawar dengan berbagai pihak.

"Kita adalah produsen di negara Sendiri, tanpa ada kelas pekerja maka akan terancam stabilitas keamanan nasional," ungkapnya. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Viral! kronologi tewasnya tiga pemotor di Padang, yang merupakan remaja. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat viral, lantaran rekaman cctv beredar.
Tuai Pro Kontra Netizen, Polisi Urai Kronologi Tewasnya Tiga Pemotor di Padang
Ratusan Pemuda Ikut Kaderisasi Raya GP Ansor Sumbar di Padang. Teraskabar.com - Seratusan pemuda mengikuti kaderisasi raya di Padang, Sumatera Barat, 20 sampai 22 Januari 2023 yang digelar Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Sumbar di Asrama Haji.
Ratusan Pemuda Ikut Kaderisasi Raya GP Ansor Sumbar di Padang
NA Perkaos Kakak dan Adik di Sijunjung Sumbar, AR Tidak Tahan. Teraskabar.com - Kakak dan Adik, paman perkaos sejak April 2022 sampai Januari 2023.
NA Perkaos Kakak dan Adik di Sijunjung Sumbar, AR Tidak Tahan
Imbas Tahanan Kabur dari Polsek: Polres dan Polsek di Sumbar Siap-Siap. Teraskabar.com - Imbas tahanan Polsek Lubuk Begalung kabur dari sel penjara, beberapa hari lalu, siap-siap Polres dan Polsek bakal jadi sorotan.
Imbas Tahanan Kabur dari Polsek Lubeg: Polres dan Polsek di Sumbar Siap-Siap
Ayah Aniaya 2 Anak Kandung di Pasaman, Satu Meninggal Dunia Teraskabar.com - Ayah diduga aniaya anak kandung terjadi di Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar).
Ayah Aniaya 2 Anak Kandung di Pasaman, Satu Meninggal Dunia