Lima Desain Motif Batik Terbaik Terpilih di PKD Sumbar 2022, Butuh Pengembangan

Lima Desain Motif Batik Terbaik Terpilih di PKD Sumbar 2022, Butuh Pengembangan

Potret para peserta dan pemenang lomba desain pengembangan motif batik di PKD Sumbar 2022. [Foto: Tim Publikasi PKD 2022]

Teraskabar.com - Motif Itiak Pulang Patang, Bada Mudiak, Pucuak Rabuang, Siriah Gadang, dan Limpapeh, terpilih sebagai desain pengembangan motif batik di Sumatera Barat. Lima desain bakal jadi batik, ujar Hendra Afriwan, di Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Sumbar 2022.

Hendra Afriwan merupakan salah satu juri desain pengembangan motif tradisional. Ia menuturkan, dewan juri memilih lima terbaik karya terbaik dari para peserta, yang berasal dari berbagai latar dan profesi yang berbeda-beda.

"Kami sudah dapat lima desain terbaik, dan akan mengaplikasikan pada batik," tutur Hendra Afriwan, di Padang, Selasa (4/10/2022).

Lomba desain tersebut termasuk pengembangan pengayaan motif dasar.

Daftar Nama Desainer Pemenang Motif di PKD Sumbar 2022

Juara IKupu-kupu Singgahkarya Genta Kurniawan
Juara IIBungo Sirih Gadangkarya Wildan Muflikhurrah
Juara IIINaradaminaKarya Azeskya Alkeyza Erzeth
Juara IVSiriah Gadang Tigo Sapilinkarya Rian Afdhol
Juara VRaso Nan Tatanamkarya Surya Selfika

Keterpilihan mereka setelah lolos dari empat kriteria, yakni orisinalitas. Karya harus benar-benar asli, bukan hasil manipulasi atau ciplakan.

Lalu, kesesuain dengan tema. Ini berkaitan dengan unsur-unsur yang bisa difungsikan pada batik. "Teknik dasar batik, berupa titik dan garis," kata Hendra.

Selain itu konsep visualisasi, berkait dengan keselarasan, dan terakhir filosofi dari desain. Terkait motif sendiri, sebut Hendra, lomba ini dapat menjadi sarana untuk pengembangan desain sesuai dengan perkembangan zaman.

"Saya berharap, misalnya kebaya. Selama ini dikaitkan dipakai oleh orang-orang tua. Nantinya bisa dipakai oleh remaja," ujarnya.

Baca Juga: HUT ke-77 Sumatera Barat, Ketua DPRD Supardi: Sumbar Bangkit

Rencananya hasil desain motif pengembangan batik dasar bisa untuk UMKM Sumatera Barat.

"Berharap ada kerjasama antara desainer dan pelaku usaha batik tentunya," kata Hendra. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Motor Hilang Saat Tawuran, Tim Klewang Polresta Padang Ciduk IRT di Pesisir Selatan
Motor Hilang Saat Tawuran, Tim Klewang Polresta Padang Ciduk IRT di Pesisir Selatan
Seorang pria di Padang, Sumatera Barat jadi korban kecelakaan hingga motor hilang, Jumat 25 November 2022. Ia pun baru sadar motornya raib setelah warga menyelamatkan nyawanya ke rumah sakit.
Tawuran Padang: Cowok Ini Jadi Korban Sampai Motor Tercuri
Ketua DPD Partai NasDem Kota Padang Osman Ayub bersama pengurus dan perwakilan DPW NasDem Sumbar meresmikan kantor DPC Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Minggu (27/11/2022).
Pengurus DPD NasDem Padang Resmikan kantor dan Pengurus DPC Kecamatan Lubuk Kilangan
Gempa magnitudo 4,6 guncang Muko-Muko Bengkulu, bahkan getarannya terasa di Pesisir Selatan dan Padang, Sumatera Barat, Minggu (27/11/2022).
Gempa Guncang Muko-Muko Magnitudo 4,6: Terasa di Pesisir Selatan dan Padang
Kondisi cuaca di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) hingga 23 November 2022, hujan disertai angin kencang. Beberapa titik bencana alam terjadi seperti longsor di kawasan Kecamatan Padang Selatan.
Longsor Bukit Peti Peti Padang Halangi Akses Masyarakat dan Kendaraan
Teraskabar.com - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menargetkan pembangunan jalan tembus dari Bayang-Alahan Panjang selesai sebelum 2024. "Proses pinjam pakai hutan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah rampung. Tinggal pembangunan fisik. Kita targetkan rampung di 2023," kata Mahyeldi di Bayang, Rabu (19/10/22).
Jalan Kampung Kamu Rusak Lapor di Padang Kiniko