Liga Mahasiswa NasDem Sumbar Kutuk Kasus Pelecehan Seksual di Unand, Budi: Tindak Secara Hukum

Liga Mahasiswa NasDem Sumbar mengutuk keras peristiwa pelecehan seksual terhadap mahasiswi yang terjadi di Universitas Andalas (Kampus Unand)

Ketua Liga Mahasiswa NasDem Sumbar, Budi Ramadhon. [Foto: LMN]

Teraskabar.com – Liga Mahasiswa NasDem Sumbar mengutuk keras peristiwa pelecehan seksual terhadap mahasiswi yang terjadi di Universitas Andalas (Kampus Unand), Padang, Sumatera Barat.

Dengan tegas, Ketua Komite Liga Mahasiswa NasDem Sumatera Barat, Budi Ramadhon menyampaikan, bukan angka yang tidak sedikit terkait pelecehan perempuan yang terjadi di perguruan tinggi itu.

“Yang jelas kami dari LMN mengutuk keras terkait pelecehan seksual kepada mahasiswi di Kampus Unand,” kata Budi kepada Teraskabar.com, Kamis (22/12/2022).

Budi Ramadhon menyarankan, agar para korban yang merupakan terduga korban pelecehan seksual membuat laporan ke kantor polisi.

Itu salah satu langkah dalam penegakan hukum, selain berjalannya proses penyelidikan Satgas PPKS Unand, yang telah bekerja sejak Oktober 2022.

Liga Mahasiswa NasDem Sumatera Barat memandang, ada dua sudut yang mencederai, pelanggaran hukum maupun pelanggaran kode etik sebagai dosen di lembaga pendidikan.

Baca Juga: Alhamdulillah, Dosen Peleceh Mahasiswi di Universitas Andalas Dinonaktifkan

“Artinya, bukan sanksi nonaktif sebagai dosen saja, akan tetapi perbuatan itu harus dipertanggungjawabkan di mata hukum,” ucap Budi Ramadhon, aktivis mahasiswa 2000-an di Padang.

Selain mengapresiasi kinerja tim Satgas PPKS Universitas Andalas, Liga Mahasiswa NasDem Sumbar meminta agar satgas benar-benar bekerja secara independen, dan mengusut tuntas kasus pelecehan seksual yang terjadi di perguruan tinggi tersebut hingga tuntas.

“Langkah Rektor Unand menonaktifkan oknum dosen tersebut sudah benar. Hanya saja kami juga meminta agar Satgas benar-benar independen, sebab dari kabar yang beredar banyak korban pelecehan,” terang Budi.

Liga Mahasiswa NasDem kata Budi, siap mengawal kasus tersebut, “Kami juga membuka ruang bagi kawan-kawan mahasiswa untuk bersama-sama mengawal kasus yang telah mencederai dunia pendidikan di Sumatera Barat,” ucap Budi Ramadhon.

Sebelumnya melansir dari Teraskabar, pihak Universitas Andalas menonaktifkan salah seorang oknum dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas (Unand), Rabu (21/12/2022).

Baca Juga: Nama Kampus Unand Terseret Kasus Pelecehan Seksual, Rektor Yuliandri Mengamuk

Hal itu berdasar ultimatum Rektor Unand Prof. Yuliandri, "Kami menonaktifkan oknum dosen tersebut sembari tim Satgas PPKS Unand melakukan penyelidikan, agar kasus ini terang benderang," ucap Yuliandri.

Selain itu Universitas Andalas atau Unand menggaransi mahasiswi korban pelecehan seksual tersebut, yakni dengan memastikan perkuliahan mahasiswa itu berjalan dengan baik.

Walau demikian, Yuliandri menekankan terhadap Satgas PPKS Unand dalam penyelidikan benar-benar teliti. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Muhammad David Mawardi terpilih sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Padang Pariaman
Muhammad David Mawardi Nakhodai KNPI Padang Pariaman
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Teraskabar.com - Aksi heroik sopir pick up dan polisi Satlantas Polres Padang Pariman gagalkan aksi jambret di Ampang, Kota Padang mendapat apresiasi dari netizen.
Aksi Heroik Sopir Pick Up Gagalkan Aksi Jambret di Ampang Padang Bareng Polisi Satlantas Padang Pariaman
Desak Tarif Angkot Naik, Mastilizal Aye: Pemilik Gabung Saja Sama Trans Padang Teraskabar.com - Ketua Organda Padang Mastilizal Aye memastikan harga tarif angkutan kota naik
Desak Tarif Angkot Naik, Mastilizal Aye: Pemilik Gabung Saja Sama Trans Padang
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota. Teraskabar.com - 14 pemotor trabas yang tersesat atau hilang saat ekspedisi di Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota.
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota