Lawan Titah Presiden Jokowi, 3.000 Tamu Hadiri Pernikahan Kaesang Pangarep - Erina Gudono

Lebih kurang 3.000 undangan bakal hadir saat pesta pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (11/12/2022).

Kaesang Pangarep - Erina Gudono resmi menjadi suami istri, dan Mingg (11/12/2022) agenda ngunduh mantu. [Foto: Dokumentasi Pribadi/Instagram]

Teraskabar.com - Lebih kurang 3.000 undangan bakal hadir saat pesta pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (11/12/2022).

Keduanya menikah resmi Sabtu kemarin (10/11/2022), dan Kaesang mengatakan, kalau ia mengundang lebih kurang tiga ribu tamu undangan dalam acara "ngunduh mantu" itu.

Perihal jumlah undangan itu, putra bungsu Presiden Jokowi sampaikan lewat akun resmi Twitternya, beberapa waktu lalu, berbunyi begini:

"Capek woi, walaupun cuma 150 undangan. Besok 3.000 undangan jadi harus istirahat," tulis Kaesang Pangarep, adik dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu, istri dari Muhammad Bobby Afif Nasution.

Cuitan dari putra bungsu Iriana Joko Widodo itu jadi perdebatan publik, lantaran Presiden Joko Widodo telah menerbitkan aturan berbentuk surat edaran, melalui Surat Edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Nomor 13 Tahun 2014.

Baca Juga: Tamu Nginap di Hotel Tanpa Akta Nikah di Padang Diamankan

Dalam aturan tersebut, Presiden Joko Widodo termaktub bagi para pejabat yang menyelenggarakan acara seperti pernikahan, hanya memperbolehkan 400 tamu undangan dan tidak boleh melampui dari 1.000 tamu undangan.

Kemudian tidak memperbolehkan pejabat mengirim karangan papan bunga, walau demikian di agenda acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono masih saja ada, bahkan tamu undangan melampaui dari anjuran surat edaran yang terbit tahun 2014 itu.

Ini Isi Surat Edaran Gerakan Gaya Hidup Sederhana

  1. Membatasi jumlah undangan resepsi penyelenggaraan acara seperti pernikahan, tasyakuran, dan acara sejenis lainnya maksimal 400 undangan dan membatasi jumlah peserta yang hadir tidak lebih dari 1000 orang.
  2. Tidak memperlihatkan kemewahan dan/atau sikap hidup yang berlebihan serta memperhatikan prinsip-prinsip kepatutan dan kepantasan sebagai rasa empati kepada masyarakat.
  3. Tidak memberikan karangan bunga kepada atasan atau sesama pejabat pemerintah.
  4. Membatasi publikasi advertorial yang menggunakan biaya tinggi.
  5. Meneruskan Surat Edaran ini kepada seluruh jajaran internal di bawahnya sampai dengan unit organisasi terkecil untuk melaksanakan dan mematuhi ketentuan dalam Surat Edaran ini secara konsisten dan sungguh-sungguh.

Surat edaran tersebut sebagai tindak lanjut sidang kabinet 3 November 2022. Sebagai dorongan kesederhanaan hidup bagi seluruh penyelenggara negara.

Kemudian sebagai alat dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Demikian isi surat edaran terkait Gerakan Hidup Sederhana. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Muhammad David Mawardi terpilih sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Padang Pariaman
Muhammad David Mawardi Nakhodai KNPI Padang Pariaman
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Teraskabar.com - Aksi heroik sopir pick up dan polisi Satlantas Polres Padang Pariman gagalkan aksi jambret di Ampang, Kota Padang mendapat apresiasi dari netizen.
Aksi Heroik Sopir Pick Up Gagalkan Aksi Jambret di Ampang Padang Bareng Polisi Satlantas Padang Pariaman
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota. Teraskabar.com - 14 pemotor trabas yang tersesat atau hilang saat ekspedisi di Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota.
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota
Viral! kronologi tewasnya tiga pemotor di Padang, yang merupakan remaja. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat viral, lantaran rekaman cctv beredar.
Tuai Pro Kontra Netizen, Polisi Urai Kronologi Tewasnya Tiga Pemotor di Padang