Kue Inti di Bukittinggi Pecahkan Rekor MURI, KNPI Bukittinggi: Eksistensi Budaya Lokal

Kue Inti, jajanan khas Kota Bukittinggi sukses meraih Rekor MURI, berkat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bukittinggi dan Pemkot

Pengurus KNPI Kota Bukittinggi, Sumtera Barat meninjau lokasi pameran Kue Inti di pedestrian Jam Gadang, Minggu (18/12/2022).

Teraskabar.com - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bukittinggi bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi sukses meraih rekor MURI melalui pembuatan kue tradisional terbanyak di Indonesia, Minggu (18/12/2022).

Kue Inti merupakan masakan penganan khas Kota Bukittinggi, Sumatera Barat yang berhasil memetik Rekor MURI. Setelah para bundo kanduang yang mewakili kelurahan di Bukittinggi memasak sebanyak 6.000 butir telur untuk proses Kue Inti.

Jajanan tradisional itu kemudian tampil di pedestrian Jam Gadang saat kegiatan Pesta Budaya Seni Pemeran Dagang dan Industri (PEDATI).

Ketua DPD KNPI Kota Bukittinggi, Firdaus menyampaikan, esensi capaian terkait pembuatan Kue Inti terbanyak adalah mengembalikan eksistensi jajanan tradisional khas Kurai Kota Bukittinggi. Sehingga, keberadaannya tetap ada.

KNPI Bukittinggi hadir untuk mewujudkan kembali eksistensi dari kuliner khas Kota Bukittinggi Koto Rang Agam. Sebab, kue inti bukan sekadar jajanan melainkan mengandung makna filosofi, selalu hadir dalam agenda adat alam Minangkabau.

Lampiran Gambar

Baca Juga: Pria Ini Jaring Ikan di Laut, Basarnas Padang Mengangkutnya

"Kue Inti juga salah satu bagian dalam tradisi Minangkabau, yakni saat nagari menggelar upacara adat Kurai. Justru dengan gelaran ini hingga memecahkan rekor menandakan bahwa pemuda tetap merawat akan tradisi adat alam Minangkabau agar tetap eksis dan terjaga di Kota Bukittinggi Koto Rang Agam ini," kata Firdaus, dalam kesempatannya.

Tidak luput KNPI Kota Bukittinggi menyampaikan apresiasi terhadap Pemkot Bukittinggi yang telah memberikan ruang dalam menggalakkan serta mengingatkan kembali akan makanan khas tradisional daerah yang nyaris hilang seiring pembaruan zaman.

Bukan hanya itu sambung Sekretaris KNPI Kota Bukittinggi, Dendri Habibti. Pemkot Bukittinggi merangkainya dalam Festival PEDATI 2022, sehingga Kue Inti tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia.

Masih kata Dendri Habibti, selain meraih rekor MURI, Pemkot Bukittinggi sukses menggerakkan kembali roda perekonomian masyarakat Bukittinggi.

Baca Juga: Revolusi Pancasila, Yudi Latief: Kesadaran Jadi Sebuah Bangsa

"Semoga dengan capaian ini, Pemkot Bukittinggi terus melangkah bersama rakyat untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, maupun pelaku UMKM," tutup tokoh pemuda asal Banda Ujuang Garegeh. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Muhammad David Mawardi terpilih sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Padang Pariaman
Muhammad David Mawardi Nakhodai KNPI Padang Pariaman
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Teraskabar.com - Aksi heroik sopir pick up dan polisi Satlantas Polres Padang Pariman gagalkan aksi jambret di Ampang, Kota Padang mendapat apresiasi dari netizen.
Aksi Heroik Sopir Pick Up Gagalkan Aksi Jambret di Ampang Padang Bareng Polisi Satlantas Padang Pariaman
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota. Teraskabar.com - 14 pemotor trabas yang tersesat atau hilang saat ekspedisi di Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota.
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota
Viral! kronologi tewasnya tiga pemotor di Padang, yang merupakan remaja. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat viral, lantaran rekaman cctv beredar.
Tuai Pro Kontra Netizen, Polisi Urai Kronologi Tewasnya Tiga Pemotor di Padang