Kubu Gadang dan Gantiang Masuk 50 Desa Wisata Agro Sumatera Barat

Kubu Gadang dan Gantiang Masuk 50 Desa Wisata Agro Sumatera Barat

Kubu Gadang dan Gantiang Masuk 50 Desa Wisata Agro Sumatera Barat

Teraskabar.com - Kubu Gadang dan Gantiang masuk dalam 50 Desa Wisata Agro Sumatera Barat (Sumbar). 50 Desa Agro Sumbar merupakan program tingkat provinsi yang secara resmi pegelarannya di Desa Wisata Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT).

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc, M.M, IPM, ASEAN.Eng Datuak Rajo Pasisia Alam mengatakan, Kubu Gadang dan Desa Wisata Gantiang merupakan daerah yang telah siap.

"Kami mengapresiasi atas persiapannya," kata Wagub Sumbar, Audy Joinaldy, Selasa (13/9/2022).

Menurut Audy, memang perlu inovasi dalam pengelolaan wisata pascapandemi COVID-19. Apalagi di 2021 telah kehilangan 3,23 juta wisatawan. Baik turis mancanegara maupun domestik.

"Pascapandemi COVID-19 dan tahun ini pula sekitar 3 jutaan yang baru datang dari total 8 juta wisatawan," terang Audy Joinaldy, saat peluncuran Desa Wisata Agro di Sumatera Barat.

Visit Beautiful West Sumatera 2023 salah satu brand dan Desa Wisata Agro merupakan bagian dari program tersebut dalam mengelola ekonomi daerah, sekaligus mendatangkan pelancong ke Sumatera Barat.

Wakil Gubernur Audy Joinaldy mengklaim, Sumatera Barat merupakan provinsi pertama di Indonesia yang menyelenggarakan Program Agro Wisata. Semoga kedepan ada akselerasi bersama pemerintah, swasta, akademisi, mendia untuk mengusung program desa wisata agro.

"Semoga Desa Wisata Agro dapat berkembang dan menjadi contoh bagi provinsi lain di Indonesia," ungkap Audy.

Saat peluncuran 50 Desa Wisata Agro di Sumbar, Kubu Gadang dan Desa Wisata Gantiang menerima bantuan sarana, prasarana kepada pengelola desa wisata. Sekaligus penandatanganan kerja sama Dinas Pariwisata Sumbar bersama Persatuan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Sumbar dan Bank Nagari Barat.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Drs. Luhur Budianda SY menyamapaikan, pariwisata merupakan salah satu program unggulan Pemprov Sumbar.

Luhur Budianda menyampaikan, jika Oktober mendatang bakal ada pendampingan terhadap 20 Desa Wisata Agro oleh Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TP2D) Sumbar. Beberapa pendampingan terdapat empat kategori yaknin rintisan, berkembang, maju dan mandiri.

Baca Juga: Mungkinkah Ancaman Gempabumi di Sumatera Barat Bukan Hanya Megathrust

"Mudah-mudahan akan berdampak ekonomi, bagi masyarakat dan desa itu sendiri," ringkasnya.

Pada peluncuran program 50 Desa Wisata Agro Sumatera Barat berbarengan dengan pengenalan maskot Kerbau Sakti Binuang. Serta yel-yel dan tagline termausk logo. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Viral! kronologi tewasnya tiga pemotor di Padang, yang merupakan remaja. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat viral, lantaran rekaman cctv beredar.
Tuai Pro Kontra Netizen, Polisi Urai Kronologi Tewasnya Tiga Pemotor di Padang
Ratusan Pemuda Ikut Kaderisasi Raya GP Ansor Sumbar di Padang. Teraskabar.com - Seratusan pemuda mengikuti kaderisasi raya di Padang, Sumatera Barat, 20 sampai 22 Januari 2023 yang digelar Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Sumbar di Asrama Haji.
Ratusan Pemuda Ikut Kaderisasi Raya GP Ansor Sumbar di Padang
NA Perkaos Kakak dan Adik di Sijunjung Sumbar, AR Tidak Tahan. Teraskabar.com - Kakak dan Adik, paman perkaos sejak April 2022 sampai Januari 2023.
NA Perkaos Kakak dan Adik di Sijunjung Sumbar, AR Tidak Tahan
Imbas Tahanan Kabur dari Polsek: Polres dan Polsek di Sumbar Siap-Siap. Teraskabar.com - Imbas tahanan Polsek Lubuk Begalung kabur dari sel penjara, beberapa hari lalu, siap-siap Polres dan Polsek bakal jadi sorotan.
Imbas Tahanan Kabur dari Polsek Lubeg: Polres dan Polsek di Sumbar Siap-Siap
Ayah Aniaya 2 Anak Kandung di Pasaman, Satu Meninggal Dunia Teraskabar.com - Ayah diduga aniaya anak kandung terjadi di Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar).
Ayah Aniaya 2 Anak Kandung di Pasaman, Satu Meninggal Dunia