Kronologi Musibah Bus Rombongan Mahasiswa Kampus Unri Kecelakaan di Sumatera Barat

Inilah kronologi kecelakaan bus rombongan mahasiswa kampus Unri di Silaiang Bawah, Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), luka-luka, hendak ke Semen Padang.

Anggota Satlantas Polres Padang Panjang melakukan olah TKP bus rombongan mahasiswa kampus Unri kecelakaan di Sumatera Barat, tepatnya di Silaiang Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Senin 19 Desember, 2022. [Foto: Pujud]

Teraskabar.com - Musibah kecelakaan bus menimpa rombongan mahasiswa Kampus UNRI di Silaiang Bawah, Kota Padang Panjang, Sumbar, Senin (19/12/2022) pagi.

Bus rombongan terbalik hingga penumpang keluar dari jendela demi menyelamatkan diri saat bus terbalik di tengah jalan Silaiang Bawah.

Rombongan tersebut kata Kasat Lantas Polres Padang Panjang, Iptu Aldy Lazzuardy merupakan mahasiswa kampus dari Universitas Riau, Pekanbaru.

"Mereka berombongan, kami mencatat lebih kurang 140 mahasiswa, akan tetapi bus yang kecelakaan merupakan rombongan bus lainnya yang terdiri 46 mahasiswa termasuk para pegawai kampus," kata Iptu Aldy Lazzuardy, Senin (19/12/2022).

Peristiwa bus rombongan mahasiswa Universitas Riau terbalik di Silaiang Bawah tersebut terjadi Senin pagi. Bus mereka melintang lalu pihak Satlantas Polres Padang Panjang mengevakuasi, setelah para mahasiswa keluar dari dalam bus.

Baca Juga: Tekan Angka Stunting, Kecamatan Payakumbuh Timur Gelar Sosialisasi

"Sebagian dari para penumpang bus terbalik itu mengalami luka ringan," katanya.

Masih kata Aldy Lazzuardy, sebanyak 25 mahasiswa mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Yarsi. "Tujuh di RSUD Padang Panjang, dan satu lagi di Puskesmas Kayu Tanam," ungkap Aldy Lazzuardy.

Usai melakukan penyelidikan bus terbalik di Silaiang Bawah, kawasan Kota Padang Panjang, Sumbar, yang membawa rombongan mahasiswa Unri, akibat rem.

" Bus rombongan mahasiswa itu terbalik karena rem blong, dan kami sudah memeriksa supir bus dan mencatat keterangan dari beberapa penumpang," ucapnya.

Mahasiswa Rombongan Kunjungan Semen Padang

Inilah kronologi kecelakaan bus rombongan mahasiswa kampus Unri di Silaiang Bawah, Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), luka-luka, hendak ke Semen Padang.
Kondisi bus rombongan mahasiswa Universitas Riau (Unri) saat kecelakaan terbalik di Silaiang Bawah, kawasan Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), Senin 19 Desember 2022. [Foto: Rama]

Menurut info di lapangan, rombongan mahasiswa dari kampus Unri merupakan rombongan yang hendak kunjungan ke PT. Semen Padang, Kota Padang.

Jumlah mereka sekitar 140 mahasiswa, adapun rombongan mahasiswa yang tergabung dalam kunjungan ke kawasan industri tersebut terbagi dua. Sebagian rombongan mahasiswa telah tiba di kawasan industri Semen Padang, Indarung, Padang.

Insiden kecelakaan tersebut membuat Koordinator Program Studi D3 FEB UNRI Restu Agusti, memutuskan untuk memberangkatkan mahasiswa korban bus terguling di jalan aspal ke Pekanbaru.

"Kami sedang mencari bus lain untuk mengantar mahasiswa kami ke Pekanbaru," ungkap Restu Agusti, Senin (19/12/2022).

Baca Juga: Dua Kecelakaan Jalan Lintas Sumatera Renggut Nyawa Pesepeda Motor

Sebelum musibah terjadi, bus rombongan mahasiswa kata Restu Agusti, berangkat dari Pekanbaru sekira pukul 19.00 WIB, dan tiba di Padang Panjang pagi, yang kemudian terjadi kecelakaan sekira pukul 08.00 WIB.

Sementara lokasi kejadian saat ini sudah ramai lancar, ungkap Iptu Aldy Lazzuardy. "Bus rombongan mahasiswa telah kami evakuasi. Peristiwa kecelakaan ada tiga, salah satunya truk CPO yang terbalik dan kami juga tengah melakukan evakuasi," ungkap Aldy Lazzuardy. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Muhammad David Mawardi terpilih sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Padang Pariaman
Muhammad David Mawardi Nakhodai KNPI Padang Pariaman
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Sadis! Ponakan Sikat Paman Hingga Tewas, Bikin Satreskrim Polres Pesisir Selatan Berburu
Sadis! Ponakan Sikat Paman Hingga Tewas, Bikin Satreskrim Polres Pesisir Selatan Berburu
Teraskabar.com - Aksi heroik sopir pick up dan polisi Satlantas Polres Padang Pariman gagalkan aksi jambret di Ampang, Kota Padang mendapat apresiasi dari netizen.
Aksi Heroik Sopir Pick Up Gagalkan Aksi Jambret di Ampang Padang Bareng Polisi Satlantas Padang Pariaman
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota. Teraskabar.com - 14 pemotor trabas yang tersesat atau hilang saat ekspedisi di Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota.
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota