Muhammad Kadafi dan Bupati Lampung Tengah Diperiksa KPK: Suap Rektor Unila

Teraskabar.com - Kasus suap Rektor Unila, Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK memanggil Muhammad Kadafi dan Musa Ahmad, Bupati Lampung Tengah sebagai saksi.

Anggota DPR Fraksi PKB itu bersama Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad diminta memberi keterangan terkait kasus suap Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani.

Kasus suap itu tentang penerimaan calon mahasiswa baru, Muhammad Kadafi dan Musa Ahmad, Rabu ini (23/11/2022) KPK memeriksa mereka.

"Ya, hari ini (23/11) pemeriksaan saksi tindak pidana suap oleh penyelenggara negara atau yang mewakilinya terkait penerimaan calon mahasiswa baru pada Universitas Lampung 2022," ucap Kepala Bagian Pemberitaan Ali Fikri kepada jurnalis, Rabu 23 November 2022.

"Pemeriksaan keduanya untuk tersangka Karomani dkk," sambungnya.

Selain Muhammad Kadafi dan Musa, Bupati Lampung Timur M Dawam serta Alzier Dhianis Thabrani dan Thomas Azis Riska dari pihak swasta juga turut dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Yang sudah hadir Musa Ahmad, Thomas Azis dan Alzier Thabrani" ungkap Ali.

Sebelumnya lima saksi terdiri dari dosen hingga PNS di Universitas Lampung (Unila) telah mendapat giliran, KPK memeriksa mereka terkait kasus yang menyeret rektor unila atas dugaan suap penerimaan mahasiswa baru.

Pemeriksaan terhadap mereka, Selasa (22/11/2022). "Ada empat dosen dan satu PNS di kampus tersebut," beber Ali.

Masing masing dari saksi terdiri dari dosen itu adalah Radityo Prasetianto Wibowo, Dosen Departemen Sistem Informasi di ITS, dan Jaka Adiwiguna seorang PNS.

Sementara tiga saksi lainnya merupakan wiraswasta, yaitu Asep Sukohar, Mahfud Santoso dan Sihono.

Karomani tertangkap oleh KPK saat gelar operasi tangkap tangan atau OTT. Penangkapan terhadapnya karena terlibat kasus suap penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

"Karomani sekarang di Rutan KPK Gedung Merah Putih Jakarta," cakap Ali Fikri.

Baca Juga: KPK dan Polda Papua Datangi Lukas Enembe di Rumahnya

Selain Karomi sambung Kepala Bagian Pemberitaan Ali Fikri kepada jurnalis, Rabu 23 November 2022, Heryandi, Muhammad Basri, dan Andi mendekam di Rutan Pomdam Jaya Guntur, Jakarta.

"Soal kasus Rektor Unila Karomani dkk, KPK telah menggeledah ruang rektor termasuk rumahnya dan gedung fakultas," beber Ali Fikri. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Antusiasme Rakyat Sumbar Sambut Anies Baswedan Tinggi
Antusiasme Rakyat Sumbar Sambut Anies Baswedan Tinggi
WALHI Sumbar menyorot daerah kawasan bencana di dua kelurahan Bungus Teluk Kabung, Padang. Yoni Candra: Wali Kota Padang tidak aspiratif %
Dua Kelurahan Bungus Teluk Kabung Terancam Bencana, Yoni Candra: Walikota Padang Tidak Aspiratif
Jelang safari politik Anies Baswedan ke Sumatera Barat. Wasekjen Bidang Pemenangan Pemilu Jakfar Sidik meninjau sejumlah titik kunjungan calon presiden 2024, Jumat (2/12/2022). "Anies datang untuk masyarakat Sumatera Barat. Ini semacam Salam Pasambahan dari Partai NasDem untuk seluruh penduduk di ranah tacinto ini," ujar Jakfar.
Anies Baswedan untuk Rakyat Sumbar, Jakfar Sidik: NasDem Pastikan Meriah
- Anak-anak di pengungsian terdampak gempa bumi M 5.6 Cianjur di Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, kembali bersekolah, Jumat (2/12/2022).
Anak Anak Pengungsian Gempa Bumi M 5.6 Cianjur Bersekolah
Sambut kedatangan Anies Baswedan di Sumbar, sebanyak 35 ribu kupon untuk agenda seperti jalan sehat bersama Anies habis, kata Ka'bati selaku koordinator kehumasan acara penyambutan Anies Baswedan, Kamis (1/12/2022).
Puluhan Ribu Warga Siap Sambut Anies Baswedan di Sumbar, Ka'bati: 35 Ribu Kupon Habis
Teraskabar.com - Fadli Zon kritik sejumlah lembaga survei yang melakukan survei terhadap elektabilitas kandidat calon presiden, termasuk dalam hal ini Prabowo Subianto.
Eletakbilitas Prabowo Rendah, Fadli Zon Kritik Lembaga Survei Calon Presiden