Korban Jiwa Badai Nalgae Filipina Bertambah, Ribuan Warga Mengungsi

Jumlah korban meninggal dunia akibat banjir dan tanah longsor di Filipina menjadi 48 jiwa. Badan nasional penanggulangan bencana di negara tersebut melaporkan, 22 orang hilang setelah badai tropis Nalgae melanda daerah kepulauan negara tetangga Indonesia tersebut.

Badai tropis Nalgae di Filipina. [Foto: Meteorologi]

Teraskabar.com - Jumlah korban meninggal dunia akibat bencana alam banjir dan tanah longsor di Filipina menjadi 48 jiwa. Badan nasional penanggulangan bencana di negara tersebut melaporkan, 22 orang hilang setelah badai tropis Nalgae melanda daerah kepulauan negara tetangga Indonesia tersebut.

Sekitar 40 jiwa terluka, sementara hampir 170.000 mengungsi di tenda darurat. Badai tropis Nalgae melanda sejumlah wilayah daratan dalam pekan terakhir di ibu kota Manila.

"Sebagian besar korban tercatat di wilayah otonomi selatan Bangsamoro, sekurangnya 40 meninggal karena tanah longsor, kemudian 10 orang hilang," ujar kepala badan penanggulangan bencana di negara itu.

Presiden Ferdinand Marcos Jr, Sabtu kemarin telah menginstruksikan agar pemerintah dan lembaga terkait mengirim bantuan ke sejumlah daerah terdampak bencana.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-16 Bantai Filipina 4-0

Badai Nalgae merupakan angin topan yang mematikan selama dua tahun terakhi melanda Filipina. Sudah lima kali menyerang sejumlah daerah di negara tersebut dengan perkiraan 20 peristiwa bencana terjadi akibat badai tropis itu setiap tahun.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Filipina melaporkan, badai Nalgae mengarah ke arah barat, dan bisa terjadi di kawasan Laut Chian Selatan. [*]

Sumber Artikel : Reuters

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Kondisi cuaca di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) hingga 23 November 2022, hujan disertai angin kencang. Beberapa titik bencana alam terjadi seperti longsor di kawasan Kecamatan Padang Selatan.
Longsor Bukit Peti Peti Padang Halangi Akses Masyarakat dan Kendaraan
Simulasi Tsunami fun drill berlangsung lancar bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat, kolaborasi Pemkot Padang termasuk BPBD Padang, Sabtu (5/11/2022).
Tsunami Fun Drill: Wadah Info dan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Padang
Banjir bandang menerjang kampung Iboi, malam kemarin. Tim reaksi cepat melakukan evakuasi terhadap warga setempat di Kampung Padang Empang.
Banjir Bandang Kembali Landa Kampung Padang
Korban kebakaran di Padang, Jalan Sutan Syahrir mencapai Rp 300 juta, setelah petugas pemadam kebakaran Kota Padang melakukan pemadaman
8 Korban Kebakaran Kampung Jao Terima Bantuan Kemanusiaan
Warga korban terdampak angin puting beliung di Desa Candibinangun, Kecamatan Sukorejo kembali ke rumah, setelah Selasa (25/10/2022) angin puyuh itu menerjang permukiman mereka.
Korban Angin Puting Beliung Sukorejo Kembali ke Rumah
Puting beliung di Padang merusak rumah warga dan kebun di Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Bencana alam itu menerpa masyarakat baru-baru ini, Kamis (27/10/2022).
Angin Puting Beliung di Padang Terjang Rumah Warga