Kondisi Terkini Gempa M5,2 Guncang Wilayah Karangasem, BNPB: 8 Rumah Rusak

Gempa bumi dengan magnitudo (M)5,2 mengguncang Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, Selasa (13/12), pukul 18.38 waktu setempat atau Wita.

Delapan unit rumah dan 1 balai masyarakat alami kerusakan saat gempa bumi dengan magnitudo (M)5,2 mengguncang Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, Selasa (13/12), pukul 18.38 waktu setempat atau Wita

Teraskabar.com - Gempa bumi dengan magnitudo (M)5,2 mengguncang Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, Selasa (13/12), pukul 18.38 waktu setempat atau Wita. BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD di wilayah terdampak.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem menyebutkan warga di dua wilayah kecamatan merasakan guncangan gempa, yaitu Kecamatan Kubu dan Manggis. Intensitas sedang dirasakan warga setempat dengan durasi 1 sampai 3 detik.

Guncangan membuat panik warga masyarakat hingga keluar rumah. Kepanikan juga terpantau warga yang berada di RSUD Karangasem dan RS Balimed.

Di samping itu, laporan sementara yang diterima Pusat Pengendalian Operasi BNPB menginformasikan 8 unit rumah warga dan 1 balai masyarakat mengalami kerusakan.

Tim Reaksi Cepat BPBD Karangasem telah berada di lokasi untuk melakukan kaji cepat pascagempa. Pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak kecamatan untuk membantu pengecekan di lokasi terdampak.

Mengantisipasi adanya evakuasi warga, BPBD dan instansi terkait lain mendirikan 3 unit tenda pengungsian di RSUD Karangasem.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Karangasem memberikan informasi adanya hoaks atau berita palsu yang menyebutkan kerusakan RS Balimed.

Baca Juga: Bakal Putusin Clara Chía, Pemain Gerard Piqué Balik ke Pangkuan Shakira

Gempa yang berada di laut 23 km timur laut Karangasem dengan kedalaman 10 km dirasakan warga sejumlah wilayah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis intensitas kekuatan gempa dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) di wilayah Karangasem III – IV MMI, Mataram, Lombok Utara, Lombok Tengah dan Lombok Barat III MMI, Tabanan, Kuta, Buleleng dan Lombok Timur II MMI. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Sadis! Ponakan Sikat Paman Hingga Tewas, Bikin Satreskrim Polres Pesisir Selatan Berburu
Sadis! Ponakan Sikat Paman Hingga Tewas, Bikin Satreskrim Polres Pesisir Selatan Berburu
Heroik: Bikash Basyal Menangis Membawa Mayat Korban Pesawat Yeti Airline Jatuh di Nepal
Heroik: Bikash Basyal Menangis Membawa Mayat Korban Pesawat Yeti Airline Jatuh di Nepal
Guru SD Pesisir Selatan Hilang Cari Kerang, Ditemukan Dengan Kondisi . . . .
Guru SD Pesisir Selatan Hilang Cari Kerang, Ditemukan Dengan Kondisi . . . .
Gempa terkini mengguncang Kota Jayapura, Papua dengan kekuatan M 5,2. Gempa tersebut tak berpotensi Tsunami menurut data BMKG bukan Tsunami
Gempa Jayapura Air Surut Bikin Panik, BMKG: Bukan Tsunami
Sony berbagi tali asih 21.500 dolar AS (Amerika Serikat) buat korban gempa Cianjur, Jawa Barat di Indonesia. Emergency Disaster and Recovery Fund for Children, Teraskabar.com - Sony Group.
Sony Berbagi Tali Asih 21.500 Dolar AS Buat Pemulihan Korban Gempa Cianjur, Jawa Barat
Usai Berhubungan Seks di Kos, Wanita Ini Tewas Dibunuh, Diduga Pelanggan
Usai Berhubungan Seks di Kos, Wanita Ini Tewas Dibunuh, Diduga Pelanggan