KHUP Baru Ganggu Pariwisata, Menparekraf Sandiaga Uno: Ajang Pemanfaatan Oknum

Pindah ke PPP "Saya patuh dan tegak lurus dengan keputusan partai dan ketua umum Pak Prabowo," kata Sandiaga Uno, karena kecium Gerindra.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf, Sandiaga Uno saat bicara investasi di era resesi 2023. [Foto: Instagram/Dokumentasi Pribadi]

Teraskabar.com - Menparekraf Sandiaga Uno khawatir terkait poin pasal dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) baru. Menurutnya, akan ada ajang pemanfaatan oleh oknum tertentu untuk menangkap terpidana.

Apalagi terkait dengan pasal yang menyangkut bisnis perhotelan, serta destinasi wisata yang termaktub dalam Pasal 424 KHUHP baru.

Pasal 424 KUHP baru berbunyi demikian:
(1) setiap orang yang menjual atau memberi minuman atau bahan yang memabukkan kepada orang yang sedang dalam keadaan mabuk, dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau pidana denda paling banyak kategori II.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf, Sandiaga Uno akan koordinasikan hal itu ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, pasca pengesahan DPR RI terkait RKUHP jadi KUHP baru.

Pasal dalam KUHP terkait minuman alkohol (minol) atau minuman keras (miras) kemungkinan berdampak pada sektor perhotelan, kafe dan restoran.

Kami pastikan bahwa pasal 424, kita akan berkoordinasi dengan aparat hukum khususnya pak Kapolri," katanya di Jakarta Sabtu (10/12/2022).

Justru itu kata Sandiaga, perlu koordinasi, apalagi terkait tingkat kunjungan wisatawan ke Indonesia sangat menunjang pendapatan negara.

"Kita adalah bangsa yang menghargai tamu, layaknya raja, karpet merah kita sudah tergelar untuk wisatawan," ungkap Sandi. Artinya sebagai antisipasi maupun kegiatan pariwisata di daerah tidak terganggu.

Baca Juga: Kampung Buya Hamka Jadi Pariwisata Halal

Sementara investasi saat ini telah di buka oleh Presiden Joko Widodo, dan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif salah satu investasi yang mendobrak agar ekonomi tidak terpuruk. Terlebih lagi ketidapastian ekonomi yang menjadi tantangan dari sekarang maupun di 2023.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah berulang kali bertandang dan membicarakan hal itu dengan American Chamber of Commerce in Indonesia. Berulang kali bahasa bersama investor dengan sejumlah pasal dalam KUHP.

Apalagi dengan larangan tinggal bersama tanpa ikatan pernikahan. Sehingga sangat mengkhawatirkan bagi wisatawan asin di Indonesia. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Batang Hidung Sandiaga Tidak Kelihatan di Peresmian Badan Pemenangan Presiden Gerindra, Pindah Partai? Teraskabar - Rahasia Prabowo dan Jokowi
Batang Hidung Sandiaga Tidak Kelihatan, Prabowo Resmikan Kantor Badan Pemenangan Pemilu
Pindah ke PPP "Saya patuh dan tegak lurus dengan keputusan partai dan ketua umum Pak Prabowo," kata Sandiaga Uno, karena kecium Gerindra.
Kecium Gerindra, Sandiaga Uno Buru-Buru Keluarkan Bantahan
Teraskabar.com - Nagari Sungai Batang yang merupakan tanah kelahiran dan kampung halaman Buya Hamka menjadi lokus pengembangan pariwisata halal di Kabupaten Agam.
Kampung Buya Hamka Jadi Pariwisata Halal
Eka Putra Tanah Datar Paling Siap Sambut Wisatawan Mancanegara (@teraskabarcom)
Penerbangan Kuala Lumpur-Padang, Eka Putra: Tanah Datar Paling Siap Sambut Wisatawan Mancanegara
Festival Pesona Barulak 2022 Sumarak di Tanah Datar, Kembalinya Sejarah Batu Balai Barundiang
Festival Pesona Barulak 2022 Sumarak di Tanah Datar, Kembalinya Sejarah Batu Balai Barundiang
Muhammad David Mawardi terpilih sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Padang Pariaman
Muhammad David Mawardi Nakhodai KNPI Padang Pariaman