Kemkominfo Tunjuk Telkomsel Pemenang Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz

Telkomsel sebagai pemenang seleksi pengguna Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz, berdasarkan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, 2022

Pemenang Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz [Foto: Telkomsel]

Teraskabar.com Telkomsel pemenang seleksi pengguna Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz, berdasarkan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI, Jumat (4/11/2022).

Penetapan Telkomsel frequency band sebagai keperluan penyelenggaraan jaringan bergerak seluler 2022. Tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 479 Tahun 2022 No. 498/HM/KOMINFO/11/2022.

Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, selalu komitmen dan konsisten mengoptimalkan penggunaan spektrum tambahan. Sesuai amanat dari pemerintah untuk meningkatkan pengalaman gaya hidup digital masyarakat.

Sekaligus mengakselerasi transformasi digital di sektor industri melalui penguatan dan pengembangan layanan broadband terdepan 4G/LTE maupun 5G. Dengan memaksimalkan kapasitas dan kualitas jaringan broadband yang andal dan prima serta merata dan setara hingga pelosok Indonesia.

Telkomsel sebagai pemenang seleksi pengguna Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz, berdasarkan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI, Jumat (4/11/2022).
Pemenang Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz [Foto: Telkomsel]

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih atas kepercayaan tersebut dari pemerintah untuk menghadirkan konektivitas digital ke seluruh wilayah nusantara. Melalui penetapan pemenang Seleksi Pengguna Pita Frekuensi 2,1 GHz," ujar Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, Jumat 4 November 2022.

Segala aspek seperti strategi pengembangan investasi dan bisnis yang matang, serta roadmap perusahaan sebagai digital connectivity enabler.

Yang terus membuka lebih banyak peluang untuk kemajuan bangsa dengan memperkuat trifecta digital bisnis, yang meliputi digital connectivity, digital service, dan digital platform.

Dalam mengoptimalkan pita frekuensi 2,1 GHz tersebut, pihaknya akan mengoptimalkan penambahan spektrum dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan bergerak seluler. Mendorong akselerasi penggelaran infrastruktur 4G/LTE di wilayah 3T, serta memperluas cakupan teknologi jaringan 5G.

Selain itu, investasi ini juga akan memperkuat kapabilitas Telkomsel sebagai dasar dalam menghadirkan inovasi teknologi konektivitas digital terdepan secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

Berikut Komposisi Alokasi Frekuensi Telkomsel

Tambahan spektrum akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan bergerak seluler guna menghadirkan pengalaman gaya hidup digital terdepan, sekaligus mengakselerasi transformasi digital di sektor industri melalui pemerataan akses broadband yang andal, cepat, merata dan setara hingga pelosok negeri.

Sebagai pemenang Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz pada Rentang 1975–1980 MHz. Inilah komposisi frekuensi 2,3 GHz dengan lebar pita 50 MHz (30 MHz dengan alokasi penggunaan nasional dan 20 MHz dengan alokasi penggunaan berdasarkan zona/tidak nasional).

Frekuensi 2,1 GHz dengan lebar pita 20 MHz, frekuensi 1,8 GHz dengan lebar pita 22,5 MHz, dan frekuensi 800/900 MHz dengan lebar pita 15 MHz.

Baca Juga: Mudahkan Jemaah, Hadirkan Paket Data Umroh Telkomsel

Adapun pita 2,1 GHz, 1,8 GHz dan 800/900 MHz untuk alokasi penggunaan nasional.

“Penambahan spektrum frekuensi ini akan menjadi penguat bagi landasan pengembangan inovasi produk, layanan, dan bisnis digital yang terus terbangun selama ini," kata Hendri Mulya Syam.

Amanat ini sekaligus menjadi bekal agar terus mengakselerasi pengembangan infrastruktur jaringan seluler berteknologi terdepan seperti 4G/LTE dan 5G di Tanah Air. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Garda Pemuda NasDem (GPND) Sumbar mengapresiasi kerja Satreskrim Polresta Padang dalam mengungkap kasus eksploitasi seksual komersial anak di Padang. Hal itu kata Wakil Ketua Garda NasDem Sumbar, Aliyas Candra, Senin (7/11/2022).
DPW Garda Pemuda NasDem (GPND) Sumbar Bagikan 100 Bibit Tanaman Buah di Tiga Kecamatan Padang
Data terbaru (update) jumlah korban meninggal dunia gempa bumi Cianjur, Jawa Barat, Selasa (29/11/2022) bertambah. BNPB mencatat 327 jiwa orang, setelah empat jenazah kembali di temukan di lokasi pencarian.
[UPDATE] 327 Jiwa Orang Meninggal Dunia Pasca Gempa Cianjur
DPW Partai NasDem Sumbar (Sumatera Barat) bersama pengurus DPD, sayap maupun badan bersiap sambut capres Anies Baswedan di Sumbar
DPW Partai NasDem Sumbar Siap Sambut Capres Anies Baswedan
Seorang pria di Padang, Sumatera Barat jadi korban kecelakaan hingga motor hilang, Jumat 25 November 2022. Ia pun baru sadar motornya raib setelah warga menyelamatkan nyawanya ke rumah sakit.
Tawuran Padang: Cowok Ini Jadi Korban Sampai Motor Tercuri
Empat (4) polisi menumpang helikopter NBO Polri tipe 105 dengan nomor registrasi P-1103 hilang sebelum ditemukan di Bangka Belitung Timur
Kronologis Helikopter NBO Polri Tipe 105 Hilang di Belitung Timur
Jenazah seorang NBO 105 yang diduga merupakan awak helikopter Polri ditemukan di dekat Pantai Bird Mandi di Bangka Belitung.
Jenazah Diduga ABK Helikopter Polri Ditemukan di Pantai Bangka Belitung Timur