Kelola Sampah, Tiga Kelurahan di Padang Jadi Riset IGES-CCET Jepang

Tiga kelurahan di Padang bakal jadi lokasi riset IGES-CCET Jepang. Hal itu kata Wali Kota Hendri Septa. Miho Hayashi sebagai tim penelitian

Walikota Padang Hendri Septa saat menerima kunjungan dari peneliti IGES-CCET Jepang Miho Hayashi. 3 November 2022. [Foto: Humas Pemkot Padang]

Teraskabar.com - Tiga kelurahan di Padang bakal jadi lokasi riset IGES-CCET Jepang. Hal itu kata Wali Kota Hendri Septa, saat menerima peneliti di rumah dinas Jalan A Yani Padang, Sumatera Barat tempo hari.

Peneliti Institute for Global Environmental Strategies and Centre Collaborating with UNEP on Environmental Technologies tersebut akan meneliti dan mengedukasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di Padang.

Hendri Septa menerangkan, tiga kelurahan itu antara lain kelurahan Parupuk Tabing, Pasa Gadang dan Batu Gadang.

"Ini merupakan tindak lanjut hubungan kerja sama antara Jepang dan Kota Padang," katanya.

Ia menuturkan peneliti IGES-CCET Jepang tersebut Kamis 3 November, 2022 telah memaparkan teknik dan mekanisme dalam penelitian tersebut.

"Selain meneliti lingkungan termasuk dampak dari sampah yang timbul akibat sampah. Peneliti akan membantu masyarakat untuk mengelola serta memberi pengetahuan kepada masyarakat di Padang," kata Hendri.

Miho Hayashi Peneliti IGES-CCET Jepang

Tiga kelurahan di Padang bakal jadi lokasi riset IGES-CCET Jepang. Hal itu kata Wali Kota Hendri Septa. Miho Hayashi sebagai tim penelitian
Miho Hayashi mewakili IGES-CCET saat pertemuan dewan walikota IMT-GT di Kota Medan, 1 November 2022. [Dokumentasi Pribadi]

Salah satu dari tim peneliti IGES-CCET Jepang, Miho Hayashi menerangkan tentang rencana riset di tiga kelurahan terkait pengelolaan sampah yang merupakan bekas limbah masyarakat, yang berdampak terhadap lingkungan.

Miho Hayashi sebagai tim dari project penelitian tersebut, ia juga manajer program produksi dan konsumsi berkelanjutan.

Pada project riset tersebut turut mendampingi Sudarmanto Budi Nugroho sebagai manajer riset bidang satuan tuga kota.

Miho Hayashi cukup berpengalaman, ia merupakan pemerhati lingkungan. Sebelumnya 1 November 2022, peneliti dari IGES-CCET Jepang telah bertandang ke Kota Medan, Sumatera Utara.

Baca Juga: Bank DBS Sukses Uji Jualan Aset Digital di Blockchain Publik, JP Morgan Ikutan

Ia mewakili IGES-CCET saat pertemuan dewan pimpinan IMT-GT Medan. Setelah mereka melakukan progres terhadap sejumlah wilayah di Medan dalam upaya penghijauan kota.

IGES-CCET Jepang juga telah menjalin hubungan kerja sama dengan Universitas Andalas dan LSM Walhi Sumbar termasuk Kementerian Lingkungan Hidup serta kolaborasi kerja sama antara Jepang dan UNEP-IETC. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Antusiasme Rakyat Sumbar Sambut Anies Baswedan Tinggi
Antusiasme Rakyat Sumbar Sambut Anies Baswedan Tinggi
WALHI Sumbar menyorot daerah kawasan bencana di dua kelurahan Bungus Teluk Kabung, Padang. Yoni Candra: Wali Kota Padang tidak aspiratif %
Dua Kelurahan Bungus Teluk Kabung Terancam Bencana, Yoni Candra: Walikota Padang Tidak Aspiratif
Jelang safari politik Anies Baswedan ke Sumatera Barat. Wasekjen Bidang Pemenangan Pemilu Jakfar Sidik meninjau sejumlah titik kunjungan calon presiden 2024, Jumat (2/12/2022). "Anies datang untuk masyarakat Sumatera Barat. Ini semacam Salam Pasambahan dari Partai NasDem untuk seluruh penduduk di ranah tacinto ini," ujar Jakfar.
Anies Baswedan untuk Rakyat Sumbar, Jakfar Sidik: NasDem Pastikan Meriah
- Anak-anak di pengungsian terdampak gempa bumi M 5.6 Cianjur di Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, kembali bersekolah, Jumat (2/12/2022).
Anak Anak Pengungsian Gempa Bumi M 5.6 Cianjur Bersekolah
Sambut kedatangan Anies Baswedan di Sumbar, sebanyak 35 ribu kupon untuk agenda seperti jalan sehat bersama Anies habis, kata Ka'bati selaku koordinator kehumasan acara penyambutan Anies Baswedan, Kamis (1/12/2022).
Puluhan Ribu Warga Siap Sambut Anies Baswedan di Sumbar, Ka'bati: 35 Ribu Kupon Habis
Teraskabar.com - Fadli Zon kritik sejumlah lembaga survei yang melakukan survei terhadap elektabilitas kandidat calon presiden, termasuk dalam hal ini Prabowo Subianto.
Eletakbilitas Prabowo Rendah, Fadli Zon Kritik Lembaga Survei Calon Presiden