Sistem Kekebalan Tubuh Melemah, Kenali Tanda-Tandanya

Sistem Kekebalan Tubuh Melemah, Kenali Tanda-Tandanya

Olahraga salah satu pola sistem mencegah turunnya daya tahan tubuh yang lemah [Foto: Canva]

Teraskabar.com – Kekebalan tubuh melemah dan mudah sakit karena beberapa faktor, dan tidak jarang bagi kita rentan terhadap infeksi. Kenali tanda-tanda berikut penyebab daya tahan tubuh, yang berasal dari berbagai sumber, Rabu (21/9/2022).

Sebelum mengenali tanda-tandan sistem kekebalan tubuh, sobat paling utama perlu menjaga imunitas atau daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, dan tidak tertular virus.

Orang dengan sistem kekebalan tubuh rentan infeksi, dan pengobatan bisa memakan waktu lama.

Untuk mengetahui apakah sistem kekebalan kamu melemah, perlu konsultasi secara cepat. Dokter menyarankan tes darah hingga tes medis lainnya untuk memudahkan dan menentukan kesehatan kamu atau orang lain.

Apa tanda bila kekebalan tubuh melemah?

Tangan dan Kaki Dingin

Tangan dan kaki yang dingin serta perubahan warna menjadi pucat dan biru, merupakan salah satu tanda melemahnya sistem imun tubuh. Tanda-tandanya akan muncul saat sedang cuaca tidak dalam keadaan dingin.

Jadi sobat harus berhati-hati, biasanya tanda seperti ini para medis menyebutnya penyakit Raynaud, itu adalah suatu kondisi di mana suhu dingin menyebabkan darah mengalir ke tangan dan kaki menyebabkan kulit terasa dingin dan berubah warna.

Baca Juga: Terdampak Asap Karhutla, Pemprov Riau Dirikan Posko Kesehatan

Depresi

Depresi juga menjadi tanda masalah sistem kekebalan tubuh lemah, artinya terdapat gangguan sehingga tidak dapat mengirimkan sel-sel inflamasi (sitokin) ke otak sobat.

Dengan demikian, dapat menurunkan kadar bahan kimia yang ada dalam tubuh sobat, seperti serotonin, yang meningkatkan suasana hati sobat. Untuk itu, sobat bisa menyiasatinya dengan berolahraga. Ini meningkatkan serotonin, mengurangi peradangan, dan membantu meringankan depresi sobat Teraskabar.

Sakit Perut dan Usus

Gejala perut dan usus adalah tanda masalah dengan gejala kekebalan. Misalnya, diare, sakit perut, kembung, dan penurunan berat badan adalah gejala penyakit Crohn, kolitis ulserativa, atau penyakit celiac.

Gejala yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh rendah. Jika sobat merasakan tanda-tanda ini, terutama masalah perut. Perhatikan makanan yang sobat makan. Jika sobat khawatir, sobat dapat berkonsultasi dengan dokter.

Ruam

Ruam gatal akibat eksim adalah reaksi alergi, yang berarti sistem kekebalan tubuh melamah, terlalu aktif dan dapat menyebabkan kelemahan. Psoriasis dan psoriatic arthritis adalah penyakit yang berhubungan dengan sistem kekebalan yang terganggu.

Sistem kekebalan sobat bisa menyerang sel-sel kulit sendiri melalui peradangan. Serangan ini menghasilkan bercak merah, bersisik, dan menyakitkan yang disebut plak. Ruam adalah penyakit autoimun. Tangan dan kaki yang dingin dapat berarti tiroid kamu menjadi tidak aktif,  karena sistem kekebalan yang tidak berfungsi atau melemah.

Mata Kering

Baca Juga: Kenapa Keringat Terasa Asin? Apakah Gangguan Kesehatan? ini Jawabannya

Mata yang terasa sangat kering, bisa menjadi pertanda adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh. Pada sindrom Sjogren. Ini kemudian akan menyebabkan air mata mengering.

Mata kamu kering, merah, dan sobat mungkin merasa seperti berpasir atau berpasir di mata kamu. Bisa juga  berakibat fatal bagi kornea mata, karena daya tahan tubuh yang melemah.

Rambut Rontok

Ketika sistem kekebalan tubuh kamu down bisa menyerang rambut hingga akarnya, dan kerusakan parah seperti rontok. Rontok terjadi akan mulai dari beberapa area kecil di bagian kepala.

Rambut rontok salah satu pemicunya psoriaris plak di bagian kulit kepala, dan kerontokan terparah pada rambut akan terjadi walau tidak merata.

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Gagal Ginjal Akut: 12 Anak di Sumatera Barat Meninggal Dunia
Gangguan Ginjal Akut: 12 Anak di Sumatera Barat Meninggal Dunia
Teraskabar.com - Kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal/Acute Kidney Injury (AKI) meningkat tajam pada anak usia 5 tahun. Hal itu menurut catatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam laporan sejak akhir Agustus 2022.
Gagal Ginjal Akut Sebanyak 206 Kasus di 20 Provinsi Indonesia
rembuk stunting di Aulia Desa Simpang Padang. Rembuk tersebut kata Kades Simpang Padang Asrizal, Senin (17/10/2022) bagian program nasional yang berjenjang.
Perbaiki Gizi Anak, 60 Warga Simpang Padang Rembuk Stunting
Menekan angka stunting di Kepulauan Riau, Dompet Duafa Kepulauan Riau, Majelis Taklim Telkomsel menyalurkan 12 paket gizi di Belakang Padang
Tekan Stunting, Dompet Duafa Salurkan Paket Gizi di Belakang Padang
Teraskabar.com - Fita memperkenalkan teknologi artificial intelligence (AI) guna memenuhi tren gaya hidup sehat masyarakat Indonesia.
Fita Kenalkan Fitur Olahraga dengan Teknologi Artificial Intelligence (AI)
Kasus HIV/AIDS di Maluku Menurun 50 Persen
Kasus HIV/AIDS di Maluku Menurun 50 Persen