Kasus HIV/AIDS di Maluku Menurun 50 Persen

Kasus HIV/AIDS di Maluku Menurun 50 Persen

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Maluku beberkan data, bahwa jumlah penderita HIV/AIDS di Maluku menurun 50 persen. [Foto: Ilustrasi/Canva]

Teraskabar.com - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Maluku beberkan data, bahwa jumlah penderita HIV/AIDS di Maluku menurun 50 persen. Hal itu kata Pengelola program, Chris Hutubessy, Selasa 4 Oktober 2022.

Chris Hutubessy mengatakan, jumlah tersebut bila membandingkan data tiga tahun lalu. Ia menuturkan penderita merupakan usia produktif 25-40 tahun

"Berdasarkan data angka kasus cukup banyak terpapar pada usia usia produktif. Di mana penderitanya kebanyakan tertular karena beberapa faktor, hubungan seks, narkoba dan penggunaan jarum suntik secara tidak bertanggunjawab," kata Chris Hutubessy.

Chris Hutubessy menerangkan, Perbandingan data pada 2019, kasus HIV/AIDS di Ambon berjumlah 309 penderita.

Namun berdasar catatan KPA, hingga Juni 2022 temuan kasus di Ambon berkisar 131 penderita. Adapun data di tingkat Provinsi Maluku di tahun yang sama berada d angka 565 kasus. Jumlah itu menurun jadi 156 kasus pada 2022.

"Kita bersyukur terjadi penurunan angka kasus karena adanya upaya penjangkauan yang dilakukan secara rutin," kata Chris Hutubessy.

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Maluku tidak hanya menjangkau populasi kunci. Mereka bekerja juga menjangkau masyarakat umum.

Berbagai cara KPA Maluku melakukan pencegahan dan pegobatan melalui tes HIV alias VCT (Voluntary Counseling and Testing).

Pola tersebut untuk mengetahui status HIV, dan melakukan sukarela serta melalui proses konseling terlebih dahulu.

Baca Juga: 23 Korban Meninggal Dunia Pascagempa 6,8 SR di Maluku

"Kita tidak hanya fokus di usia produktif tetapi menjangkau populasi umum," tutup Chris Hutubessy. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Menteri Sosial Tri Rismaharini juga menambah dapur umum yang berlokasi di Bekasi maupun di Jakarta. Dapur umum tersebut beroperasi mulai Sabtu ini, Sabtu (26/11/2022).
Menteri Sosial Tri Rismaharini Tambah Dapur Umum Buat Korban Gempa Cianjur
Mensos Tri Rismaharini Bantu Penjual Nasi Padang, Paketin Buat Korban Gempa Cianjur
Mensos Tri Rismaharini Bantu Penjual Nasi Padang, Paketin Buat Korban Gempa Cianjur
Sosok Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto belum terlalu familiar profilnya di tengah masyarakat. Ini data profil dan biodata Agus Andrianto penerus Listyo Sigit Prabowo.
Pengganti Listyo Sigit Prabowo: Komjen Agus Andrianto Terimbas Isu Aliran Dana Tambang Liar
Agus Harimurti Yudhoyono mendapat kritik dari loyalis pendukung Ganjar Pranowo. Bahkan menyebut AHY 'Miskin Literasi', rakyat hanya perlu makan.
Rakyat Hanya Butuh Makan: Loyalis Ganjar Sebut AHY Miskin Literasi
Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan jemput paksa dua bekas suruhan Ferdy Sambo. Kedua orang itu Radite Hernawa dan Agus Saripul, Kasus Hendra
Kasus Hendra dan Agus, Jaksa Ancam Jemput Paksa Eks Suruhan Ferdy Sambo
Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan jemput paksa dua bekas suruhan Ferdy Sambo. Kedua orang itu merupakan anggota Div Propam Polri, yakni Radite Hernawa dan Agus Saripul Hidayat.
Obstruction of Justice Hendra dan Agus Gagal, Ketua RT Ferdy Sambo Sakit