Nama Kampus Unand Terseret Kasus Pelecehan Seksual, Rektor Yuliandri Mengamuk

Kampus Unand atau Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat terseret namanya akan kasus pelecehan seksual terhadap seorang mahasiswi di salah satu fakultas oleh oknum dosen.

Oknum dosen terduga pelaku pelecehan seksual terhadap mahasiswi di Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat. [Foto: Dokumentasi/FB]

Teraskabar.com - Kampus Unand atau Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat terseret namanya akan kasus pelecehan seksual terhadap seorang mahasiswi di salah satu fakultas oleh oknum dosen.

Kasus ini pun jadi santapan publik, apalagi Unand merupakan kampus terbesar di Indonesia dan 10 besar sebagai perguruan tinggi terbaik di Nusantara. Kasus dugaan pelecehan seksual terhadap mahasiswi oleh oknum dosen berinsial 'KC' membuat Rektor Unand Prof. Yuliandri naik darah.

Yuliandri dengan tegas mengatakan akan mengusut tuntas kasus pelecehan seksual di kampus yang sedang ia pimpin saat ini. Sebagai upaya dalam menuntaskan kasus itu, Yuliandri mengemukakan, bahwa pihak universitas telah membentuk Satgas PPKS Unand, Oktober 2022 hingga Desember masih melakukan penyelidikan internal.

"Sebab, telah menjadi preseden buruk bagi civitas akademika internal termasuk lembaga pendidikan," ungkap Yuliandri, Kamis (22/11/2022).

Menurut laporan Satgas PPKS Unand yang berkoordinasi dengan Rektor Unand Prof. Yuliandri, bahwa status oknum dosen Fakultas Ilmu Budaya telah nonaktif.

Baca Juga: Ungkap Eksploitasi Seksual Komersial Anak, Garda Pemuda NasDem Aliyas Candra: Kita Perlu Apresiasi

"Kami menonaktifkan oknum dosen tersebut sembari tim Satgas PPKS Unand melakukan penyelidikan, agar kasus ini terang benderang," ucap Yuliandri.

Selain itu Universitas Andalas atau Unand menggaransi mahasiswi korban pelecehan seksual tersebut, yakni dengan memastikan perkuliahan mahasiswa itu berjalan dengan baik.

Walau demikian, Yuliandri menekankan terhadap Satgas PPKS Unand dalam penyelidikan benar-benar teliti.

"Mengedepankan prinsip kerahasiaan, kehati-hatian dalam upaya penanganan kasus itu. Mereka sekarang sedang mengumpulkan bukti-bukti," mengutip dari rektor, yang kemudian dibenarkan Humas Ernita.

Baca Juga: Alhamdulillah, Dosen Peleceh Mahasiswi di Universitas Andalas Dinonaktifkan

"Jadi, agar kasus ini berjalan baik, pihak universitas menonaktifkan terlapor selama proses investigasi atau pemeriksaan. Sebagai langkah penanganan dengan mengutamakan keberpihakan terhadap korban sekaligus memberikan pendampingan," tukuknya.

Adapun Satgas PPKS Unand melakukan penyelidikan kasus dugaan pelecehan seksual di dalam kampus negeri tersebut, merujuk Persekjen Nomor 17 tahun 2022. Persekjen tersebut tentang pedoman Pelaksanaan Permendikbud No 30 tahun 2021, terkait pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Teraskabar.com - Aksi heroik sopir pick up dan polisi Satlantas Polres Padang Pariman gagalkan aksi jambret di Ampang, Kota Padang mendapat apresiasi dari netizen.
Aksi Heroik Sopir Pick Up Gagalkan Aksi Jambret di Ampang Padang Bareng Polisi Satlantas Padang Pariaman
Desak Tarif Angkot Naik, Mastilizal Aye: Pemilik Gabung Saja Sama Trans Padang Teraskabar.com - Ketua Organda Padang Mastilizal Aye memastikan harga tarif angkutan kota naik
Desak Tarif Angkot Naik, Mastilizal Aye: Pemilik Gabung Saja Sama Trans Padang
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Viral! kronologi tewasnya tiga pemotor di Padang, yang merupakan remaja. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat viral, lantaran rekaman cctv beredar.
Tuai Pro Kontra Netizen, Polisi Urai Kronologi Tewasnya Tiga Pemotor di Padang
Tiga Pemotor di Padang Tewas: Polisi Sebut Kecelakaan, Satpol PP Tawuran. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat memicu ragam asumsi netizen. Peristiwa tewasnya tiga pemotor terjadi Minggu (22/1/2023) malam viral
Tiga Pemotor di Padang Tewas: Polisi Sebut Kecelakaan, Satpol PP Amankan Tawuran