Kampung Buya Hamka Jadi Pariwisata Halal

Teraskabar.com - Nagari Sungai Batang yang merupakan tanah kelahiran dan kampung halaman Buya Hamka menjadi lokus pengembangan pariwisata halal di Kabupaten Agam.

Kampung Buya Hamka lokus pengembangan Pariwisata Halal. [Foto: Jelajah Sumbar]

Teraskabar.com - Nagari Sungai Batang yang merupakan tanah kelahiran dan kampung halaman Buya Hamka menjadi lokus pengembangan pariwisata halal di Kabupaten Agam.

Hal itu menjadi pembahasan dalam Konferensi Pariwisata Ramah Muslim (PRM) pada Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-9, Jumat (7/10/2022). Kegiatan yang berlangsung di Ballroom 1-2 Hotel Fairmont, Jakarta tersebut menetapkan nagari tersebut sebagai salah satu lokus pengembangan PRM.

Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan stakeholder terkait menyelenggarakan kegiatan tersebut sebagai upaya mengembangkan potensi ekonomi di sektor PRM.

Sebagai informasi, PRM atau pariwisata halal merujuk kepada destinasi wisata yang memiliki fasilitas untuk mendukung turis muslim tetap menjalankan ibadah.

Dalam kesempatan itu, Bupati Agam mengapresiasi terpilihnya Nagari Sungai Batang sebagai lokus pengembangan PRM. "Kabupaten Agam merupakan daerah yang kompleks untuk pengembangan pariwisata," ungkap Andri Warman.

Menurutnya, selain memiliki potensi alam, Kabupaten Agam juga memiliki budaya lokal dan nilai keislaman yang mengakar sejak lama. Dengan demikian, ia menilai Agam layak mengembangkan pariwisata halal.

Dalam konferensi itu, Bupati Agam menandatangani resolusi penguatan pengembangan pariwisata ramah muslim Indonesia.

Sebelumnya, Nagari Sungai Batang sendiri telah meraih Juara V untuk Kategori Daya Tarik Wisata di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Baca Juga: Penerbangan Kuala Lumpur-Padang, Eka Putra: Tanah Datar Paling Siap Sambut Wisatawan Mancanegara

Sementara, Museum Buya Hamka di nagari tersebut meraih peringkat kedua Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021 untuk kategori situs sejarah. Rumah kelahiran tokoh nasional tersebut terletak tidak jauh dari destinasi wisata alam Danau Maninjau. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

38 Nagari di Agam Bakal Pilwana e-Voting Serentak 2023
38 Nagari di Agam Bakal Pilwana e-Voting Serentak 2023
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat menerima laporan dugaan harimau masuk kampung. Oleh karena itu, BKSDA
BKSDA Selidiki Dugaan Harimau Terkam Anjing di Agam
Teraskabar.com - Sembilan datuak niniak mamak kepala kaum dari empat pasukuan di Nagari Padang Magek, Kecamatan Rambatan dilewakan di Balai Adat Nagari Padang Magek, Minggu (9/10/2022). Kesembilan Datuak Niniak Mamak tersebut dari tiga kepala kaum Suku Melayu, yakni Datuak Rangkayo Mulie, Datuak Jo Nan Sati dan Datuak Mangkuto Jo Lelo.
9 Datuak Niniak Mamak Dilewakan di Nagari Padang Magek
Eka Putra Tanah Datar Paling Siap Sambut Wisatawan Mancanegara (@teraskabarcom)
Penerbangan Kuala Lumpur-Padang, Eka Putra: Tanah Datar Paling Siap Sambut Wisatawan Mancanegara
Festival Pesona Barulak 2022 Sumarak di Tanah Datar, Kembalinya Sejarah Batu Balai Barundiang
Festival Pesona Barulak 2022 Sumarak di Tanah Datar, Kembalinya Sejarah Batu Balai Barundiang
selamat danau maninjau dari pencemaran lingkungan Agam, Sumatera Barat
Save Danau Maninjau, Pemerintah Hingga WALHI Turun Tangan