Kabar Tol Padang Pekanbaru Terkini, Seksi Bangkinang-Pangkalan Tuntas

Teraskabar.com - Terdapat 2 seksi untuk pembangunan Jalan Tol Padang Pekanbaru terkini, Pekanbaru-Bangkinang dengan ruas 40 Km telah tuntas, info jalan tol...

Jalur tol Padang-Pekanbaru, sekarang sedang pembebasan lahan tol Padang-Sicincin

Teraskabar.com - Terdapat 2 seksi untuk pembangunan Jalan Tol Padang Pekanbaru terkini, adapun seksi 6 yakni Pekanbaru-Bangkinang dengan ruas 40 Km telah tuntas, bahkan telah uji laik fungsi sebelum jalan tol siap.

Adapun tol padang pekanbaru lainnya untuk segera tuntas pembangunannya, terdapat di seksi 1, jalur Padang-Sicincin dengan ruas panjang 36,15 km. Sementara seksi 5 menghubungkan Bangkinang Pangkalan dengan ruas panjang 25 km.

"Jalan tol Padang-Pekanbaru terkhusus seksi enam tinggal menunggu peresmian dari Presiden Joko Widodo," melansir laman info PT. Wijaya Karya Tbk (Persero), Kamis (15/9/2022).

Tol Padang Pekanbaru terkini (Bangkinang-Pangkalan) telah mencapai 58 persen (%) menurut data infohits PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau Wika melalui situs resmi miliknya.

PT Wijaya Karya menerima mandat sebagai mandor untuk mengerjakan Jalan Tol Padang Pekanbaru.

"Sudah memasuki proses rigid dan cleaning," info tertulis Wika dalam laman resminya.

Tol Padang Pekanbaru merupakan jaringan Tol Trans Sumatera (Sumatra), pemerintah memberikan mandat pengerjaan jalan tol kepada perusahaan BUMN yakni PT Hutama Karya melalui anak perusahaannya PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) dan PT Wijaya Karya (Wika).

Baca Juga: Naik 10 Persen, Utang Luar Negeri Indonesia Rp 5.534 Triliun

Apa Itu Rigid Pavement

Tol Padang Pekanbaru (Bangkinang-Pangkalan) saat ini benar memasuki proses rigid dan cleaning, lalu apa itu rigid.

Rigid merupakan proses pengecoran atau konstruksi perkerasan kaku pada jalan yang memiliki beban lintas tinggi. Menggunakan rigid pavement pada jalan akan lebih bagus selain dari ketahanan juga biaya perawatan lebih rendah.

Sekadar informasi bahwa jalan Tol Padang-Pekanbaru memiliki enam seksi, terdiri dari tiga seksi prioritas tuntas pengerjaan, mulai dari seksi 6 yakni ruas Pekanbaru-Bangkinang sejauh 40 Km (telah rampung).

Kemudian seksi 5 Bangkinang-Pangkalan sejauh 25 Km, dan seksi 1 merupakan ruas Padang-Sicincin dengan panjang 36 Km. Adapun seksi 2 ialah Sincincin-Bukittinggi sejauh 38 Km, seksi 3 menghubungkan Bukitinggi-Payakumbuh dengan ruas panjang 34 Km.

Sementara seksi 4 menghubungkan Payakumbuh-Pangkalan dengan panjang ruas jalan 58 Km yang akan mulai pekerjaan jalan tol itu setelah tahun 2024.

Kendati demikian, info jalan Tol Padang-Pekanbaru terbaru yakni Seksi 1 menghubungkan Padang-Sicincin sebelumnya terkendala sejak Desember 2020, bakal kembali dilanjutkan pengerjaan September 2022 ini oleh PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI).

Baca Juga: Ria Ricis naik Pesawat Semarang-Jakarta Cuma 8 Menit

Sejauh ini telah mengalami proses konstruksi dengan persentase 45 persen (%), adapun proses pembebasan lahan sudah 70 persen (%). [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Motor Hilang Saat Tawuran, Tim Klewang Polresta Padang Ciduk IRT di Pesisir Selatan
Motor Hilang Saat Tawuran, Tim Klewang Polresta Padang Ciduk IRT di Pesisir Selatan
Seorang pria di Padang, Sumatera Barat jadi korban kecelakaan hingga motor hilang, Jumat 25 November 2022. Ia pun baru sadar motornya raib setelah warga menyelamatkan nyawanya ke rumah sakit.
Tawuran Padang: Cowok Ini Jadi Korban Sampai Motor Tercuri
Ketua DPD Partai NasDem Kota Padang Osman Ayub bersama pengurus dan perwakilan DPW NasDem Sumbar meresmikan kantor DPC Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Minggu (27/11/2022).
Pengurus DPD NasDem Padang Resmikan kantor dan Pengurus DPC Kecamatan Lubuk Kilangan
Gempa magnitudo 4,6 guncang Muko-Muko Bengkulu, bahkan getarannya terasa di Pesisir Selatan dan Padang, Sumatera Barat, Minggu (27/11/2022).
Gempa Guncang Muko-Muko Magnitudo 4,6: Terasa di Pesisir Selatan dan Padang
Kondisi cuaca di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) hingga 23 November 2022, hujan disertai angin kencang. Beberapa titik bencana alam terjadi seperti longsor di kawasan Kecamatan Padang Selatan.
Longsor Bukit Peti Peti Padang Halangi Akses Masyarakat dan Kendaraan
Teraskabar.com - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menargetkan pembangunan jalan tembus dari Bayang-Alahan Panjang selesai sebelum 2024. "Proses pinjam pakai hutan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah rampung. Tinggal pembangunan fisik. Kita targetkan rampung di 2023," kata Mahyeldi di Bayang, Rabu (19/10/22).
Jalan Kampung Kamu Rusak Lapor di Padang Kiniko