Jalan Tembus Bayang-Alahan Panjang Telan 31 Miliar, Mahyeldi: Untuk Menekan Inflasi

Jalan Tembus Bayang-Alahan Panjang Telan 31 Miliar, Mahyeldi: Untuk Menekan Inflasi-"Juga akan berefek menurunkan angka inflasi dari komponen bahan pokok".

Proses pembangunan jalan tembus Bayang-Alahan Panjang di Sumatera Barat sepanjang 52 kilometer, dengan biaya dana Rp 31 miliar. Jalur yang menghubungkan Pesisir Selatan-Kabupaten Solok. [Foto: Biro Adpim Setda Sumbar]

Teraskabar.com - Pembangunan jalan tembus Bayang-Alahan Panjang menelan dana sebesar Rp31 miliar. Untuk menyelesaikan fisik jalan tembus yang masih tersisa delapan kilometer lagi, kata Gubernur Sumatera Barat, Rabu (19/10/2022).

Gubernur Sumbar Mahyeldi menuturkan, bahwa total dari jalan hubung antara Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Solok mencapai 52 kilometer.

"Jika jalan tembus ini rampung, akan memperpendek jarak antara dua kabupaten dari awalnya sekitar 139 kilometer dengan waktu tempuh 3,5 jam menjadi 52 kilometer dengan waktu tempuh hanya sekitar 30 menit," katanya.

Mahyeldi melanjutkan, jalan tersebut memiliki nilai strategis untuk perekonomian daerah. Ikan laut segar dari Pesisir Selatan bisa lebih cepat sampai di Kabupaten Solok dan daerah sekitar.

Sementara cabai dan sayuran dari Solok juga lebih cepat sampai di Pesisir Selatan. "Perekonomian dua daerah akan semakin menggeliat dan harga juga bisa tertekan, karena biaya transportasi telah terpangkas," ujarnya.

"Juga akan berefek menurunkan angka inflasi dari komponen bahan pokok".

Baca Juga: Mahyeldi Targetkan Jalan Tembus Bayang-Alahan Panjang Selesai 2023

Kepala Bappeda Sumbar, Medi Iswandi mengatakan dalam pembangunan jalan itu juga harus mempertimbangkan akses lewat jalur hewan yang dilindungi.

"Ini adalah rekomendasi dari BKSDA agar tidak mengganggu habitat hewan," ujarnya. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Garda Pemuda NasDem (GPND) Sumbar mengapresiasi kerja Satreskrim Polresta Padang dalam mengungkap kasus eksploitasi seksual komersial anak di Padang. Hal itu kata Wakil Ketua Garda NasDem Sumbar, Aliyas Candra, Senin (7/11/2022).
DPW Garda Pemuda NasDem (GPND) Sumbar Bagikan 100 Bibit Tanaman Buah di Tiga Kecamatan Padang
Sumbar Bukan Provinsi Intoleran, Ketum PGI: ABS SBK Buka Ruang Bagi Berbeda Suku-Agama. Pdt. Gomar Gultom, M.Th terpukau falsafah Minangkabau
Sumbar Bukan Provinsi Intoleran, Ketum PGI: ABS SBK Buka Ruang Bagi Berbeda Suku-Agama
Ketua DPD Partai NasDem Kota Padang Osman Ayub bersama pengurus dan perwakilan DPW NasDem Sumbar meresmikan kantor DPC Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Minggu (27/11/2022).
Pengurus DPD NasDem Padang Resmikan kantor dan Pengurus DPC Kecamatan Lubuk Kilangan
Gempa magnitudo 4,6 guncang Muko-Muko Bengkulu, bahkan getarannya terasa di Pesisir Selatan dan Padang, Sumatera Barat, Minggu (27/11/2022).
Gempa Guncang Muko-Muko Magnitudo 4,6: Terasa di Pesisir Selatan dan Padang
Momentum HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem 2022 di Sumatera Barat. Ketua Liga Mahasiswa NasDem (LMN) Sumbar, Budi Ramadhon mengatakan, selalu berbenah dan melancarkan program kerja.
HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem di Sumbar, Budi Ramadhon: Menguatkan Perjuangan
Milad ke-99 Diniyyah Puteri di Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar). Gubernur Mahyeldi menilai selama ini Diniyyah Puteri sudah berkontribusi banyak terhadap bangsa.
Milad ke-99 Diniyyah Puteri Padang Panjang, Mahyeldi: Mengukir Sejarah