Jakarta Selatan dan Jakarta Timur Berpotensi Banjir Hingga Jumat

Wilayah DKI Jakarta terutama di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berpotensi banjir, mulai Kamis (13/10/2022) hingga Jumat besok, 14 Oktober

Kondisi di Garut, Jawa Tengah usai di terjang banjir bandang sejak Kamis (22/9/2022). [Foto: BPBD Garut]

Teraskabar.com - Wilayah DKI Jakarta terutama di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berpotensi banjir, Kamis (13/10/2022). Ini berdasarkan analisa data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan Impact Based Forecast (IBF) serta BNPB dengan InaRisk.

Selain Jakarta Selatan maupun Jakarta Timur, BNPB mencatat ada delapan wilayah berpontensi banjir dan longsor, seperti Bogor, Cirebon, Ciamis. Selanjutnya wilayah Cilacap, Banyumas, Kota Semarang, Kendal, Pekalongan, Tegal, dan Sidoarjo.

Kembali Badan Penanggulangan Risiko Bencana (BNPB) mengimbau pemangku jabatan dan lembaga mengantisipasi kesiapsiagaan bencana banjir. Memantau kondisi di lapangan dan memberikan informasi akurat.

Baik itu curah hujan, tinggi muka air dan potensi risiko, seperti tertuang dalam keterangan tertulis di situs resmi BNPB, sebagaimana lansiran teraskabar Kamis (13/10.2022).

Tidak hanya itu juga melakukan mobilisasi tim siaga bencana dan sumber daya, menyiapkan tempat pengungsian termasuk infrastruktur pengungsian sesuai protokol kesehatan. Menyiapkan kebutuhan logistik dan peralatan; dan membantu evakuasi kelompok rentan.

Adapun kepada masyarakat untuk siaga dalam menyelamatkan barang penting ke tempat aman, membatasi aktivitas di luar rumah, menyiapkan tas siaga (makanan, minuman, obat, uang, pakaian, dokumen berharga, dan lainnya).

BMKG Status Siaga dan Waspada

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan daerah status siaga antara lain, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Jakarta Timur, Bekasi, dan Jakarta Selatan.

Adapun wilayah status waspada adalah Kabupaten Bekasi, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Tangerang, Kabupaten Tangerang, Depok, dan Tangerang Selatan.

"Potensi dampak dari hujan lebat di wilayah Jabodetabek itu di antaranya terjadi longsor hingga volume aliran sungai meningkat atau banjir," ucap BMKH dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: BNPB dan BMKG Minta Daerah Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem

BMKG memprediksi hujan deras akan mengguyur wilayah Jabodetabek mulai Kamis (13/10/2022) sampai Jumat (14/10/2022). [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

BLACKPINK bakal kembali ke Indonesia dan akan konser di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Para penggemar sudah dapat memesan tiket dengan harga tiket BLACKPINK berikut ini.
Berikut Harga Tiket BLACKPINK Konser di GBK
Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Surabaya menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kalau berharap dari biaya APBN tidak kuat. Sehingga membutuhkan dana alternatif agar proyek angkutan massal alias transportasi itu terwujud.
APBN Tak Kuat Bangun Kereta Cepat Jakarta Surabaya
Simulasi Tsunami fun drill berlangsung lancar bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat, kolaborasi Pemkot Padang termasuk BPBD Padang, Sabtu (5/11/2022).
Tsunami Fun Drill: Wadah Info dan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Padang
Berita terkini penyanyi Dewi Perssik akan memolisikan fans Leslar. Pelaporan itu buntut dari hinaan fans Leslar terhadapnya, yang menyebutnya "Lonte".
Sebut Dirinya "LONTE", Dewi Perssik Polisikan Fans Leslar
Kasus pembunuhan Brigadir J membuat hakim murka saat sidang. Persidangan terhadap saksi asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo, Susi, Senin
Jawaban ART Ferdy Sambo Bikin Hakim Murka di Persidangan
Jumlah korban meninggal dunia akibat banjir dan tanah longsor di Filipina menjadi 48 jiwa. Badan nasional penanggulangan bencana di negara tersebut melaporkan, 22 orang hilang setelah badai tropis Nalgae melanda daerah kepulauan negara tetangga Indonesia tersebut.
Korban Jiwa Badai Nalgae Filipina Bertambah, Ribuan Warga Mengungsi